Cara Mendapatkan Pinjaman Usaha Tanpa Jaminan

Ilustrasi pinjaman usaha gratis tanpa jaminan
Cara Mendapatkan Pinjaman Usaha Tanpa Jaminan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Kamu sedang memulai merintis usaha? Ingin usaha berjalan lancar namun modal usaha masih menjadi hambatan? Yuk jangan putus asa! Saat ini banyak sekali layanan-layanan jasa peminjaman uang untuk modal usaha.

Sebelum kamu memutuskan untuk meminjam dana untuk modal usaha, kenali terlebih dahulu jenis-jenisnya!

Baca Juga: Pahami Jenis-Jenis Pinjaman agar Tidak Salah Pilih

Jenis-jenis Pinjaman Uang untuk Usaha

Ilustrasi pinjaman dana untuk usaha.
Pinjam dana untuk usaha. Photo by Pixabay

Sebagai pelaku usaha, kamu sudah tidak perlu kesulitan lagi untuk mencari pinjaman. Mulai dari pemerintah, bank hingga perusahaan financial technology sudah banyak menyediakan jasa pinjaman untuk usaha. Yuk kenali jenis-jenis pinjaman apa saja yang bisa kamu ikuti.

  • Pinjaman dari Pemerintah

Demi mendukung pelaku usaha, pemerintah memberikan kemudahan dengan memberikan program pinjaman modal usaha. Program tersebut adalah Kredit Usaha Rakyat (UKR).

Program ini ditujukan untuk pelaku usaha kecil hingga menengah. Syarat untuk mendapatkan pinjaman UKR adalah bisnisnya harus sedang berjalan. Untuk dapat mengajukan pinjaman, pelaku usaha harus memiliki kekayaan bersih sebesar Rp50 juta hingga Rp500 juta untuk usaha kecil dan Rp500 juta hingga 10 miliar untuk usaha menengah.

  • Pinjaman KTA di Bank

Bank merupakan tempat pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang aman. Pihak bank memiliki program Kredit Tanpa Agunan (KTA). Program ini memiliki syarat yang tidak rumit. Pinjaman dana yang dapat kamu ajukan biasanya sesuai dengan kemampuan peminjam dan ditetapkan oleh bank. Bunga yang ditawarkan juga sangat rendah.

Syarat untuk mengajukan program KTA adalah dokumen kependudukan, bukti penghasilan dan juga surat keterangan usaha.

  • Koperasi

Koperasi menjadi tempat untuk meminjam uang dengan syarat yang tidak terlalu rumit juga. Sebelum kamu mengajukan pinjaman di koperasi, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu terdaftar menjadi salah satu angota koperasi. Selain proses peminjaman yang mudah, suku bunga pinjamannya juga sangat rendah.

  • Pinjaman di Perusahaan Fintech

Dengan kemajuan teknologi, kini banyak perusahaan yang bergerak di bidang financial technology atau fintech. Perusahaan fintech kini banyak menawarkan program pinjaman modal usaha dengan syarat yang tidak rumit. Karena berbasis teknologi, biasanya pinjaman dari fintech berbasis online.

Program yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan fintech adalah Peer-to-Peer Lending (P2PL). Metode ini menghubungkan langsung individu yang membutuhkan pinjaman dengan orang yang bersedia untuk memberikan pinjaman. Oleh karena itu, tidak ada peran institusi keuangan konvensional. Semua proses dilakukan melalui aplikasi ataupun website.

Surat Perjanjian Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Secarik kertas dengan tulisan
Surat perjanjian. Photo by Pexels

Hal penting yang harus kamu perhatikan saat melakukan pinjaman tanpa jaminan adalah surat perjanjian. Surat perjanjian ini menjadi bentuk persetujuan antara kedua belah pihak yang wajib di patuhi bersama. Dalam surat perjanjian juga tercantum hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Surat perjanjian pinjaman uang memiliki fungsi untuk menghindari permasalahan ataupun risiko yang mungkin terjadi dikemudian hari. Apabila terjadinya kesalahpahaman dikemudian hari, surat perjanjian ini akan menjadi rujukan untuk menyelesaikan permasalahan.

Ada beberapa aspek yang harus kamu perhatikan saat membuat surat perjanjian pinjaman uang, antara lain;

  • Judul
  • Pembuka
  • Isi Perjanjian
  • Penutup

Waspada, Pinjaman Ilegal!

Waspada pinjaman ilegal. Photo by Pixabay

Banyaknya layanan yang memberikan jasa pinjaman modal usaha, menyebabkan peningkatan kriminalitas yang terjadi. Saat ini banyak sekali oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memberikan pinjaman-pinjaman bodong. Apalagi dengan majunya teknologi saat ini, semakin banyak jasa pinjaman online ilegal.

Berikut ini tips agar dapat terhindar dari pinjaman online illegal;

  • Sebelum melakukan pinjaman, pastikan fintech yang menyediakan program peer-to-peer lending sudah terdaftar di OJK. Kamu dapat melihat daftar perusahaan fintech yang terdaftar di OJK di situs ojk.go.id.
  • Mengecek legalitas perusahaan tersebut
  • Memahami cara kerja pinjaman, bunga, denda dan juga risikonya
  • Mencari tahu rekam jejak digital perusahaan tersebut

Jadi, tidak ada kata bahwa kamu tidak bisa menjalankan usaha karena kekurangan modal ya! Banyak layanan yang bisa kamu coba untuk membantumu. Tapi pastikan tempat kamu meminjam legal dan sudah terdaftar di OJK.  

Artikel Lainnya