Begini Cara Meningkatkan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi
Begini Cara Meningkatkan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi. Photo by @name_gravity
Waktu baca: 3 menit

Sudah menjadi rahasia umum jika pertumbuhan dan pembangunan ekonomi merupakan komponen penting yang bisa menentukan berkembang atau tidaknya sebuah negara. Namun, hal itu tidak bisa terjadi tanpa adanya kerja sama antar warga negara.

Terlebih, di era revolusi industri 4.0, di mana peran warga negara sangat penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia saat ini. Munculnya berbagai jenis teknologi baru pastinya menuntut masyarakat untuk terus beradaptasi demi kemajuan ekonomi.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi dan Perkembangan Ekonomi

Sebelum mengetahui bagaimana cara dan strategi untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa pengertian dari kedua istilah tersebut. Meskipun saling berkaitan, keduanya memiliki definisi yang berbeda.

Pertumbuhan ekonomi adalah naiknya PDB atau Produk Domestik Bruto. Itu adalah satu-satunya indikator yang bisa menentukan apakah ekonomi di dalam suatu negara mengalami pertumbuhan. Jika PDB naik, maka artinya ada pertumbuhan ekonomi.

Hal ini pastinya berbeda dengan apa yang dimaksud pembangunan ekonomi. Secara garis besar, perhitungan tentang ada atau tidak adanya pembangunan ekonomi lebih rumit. Karena, poin utamanya adalah pendapatan per kapita dan juga pendapatan total.

Jadi, untuk meningkatkan pendapatan per kapita dan pendapatan total, kapasitas produksi pun harus berkembang. Pada akhirnya, jika pembangunan ekonomi berjalan dengan baik, maka pertumbuhan ekonomi pun akan berhasil.

Maka dari itu, perbedaan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi ada pada cara perhitungannya. Jika perhitungan pada pertumbuhan ekonomi bersifat kualitatif, maka perhitungan perkembangan ekonomi bersifat kuantitatif. 

Baca juga: Apa Saja Perbedaan Manajemen dan Kepemimpinan?

6 Hal yang Bisa Membantu Meningkatkan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Setelah mengetahui apa pengertian pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, sebagai warga negara yang baik kamu pun perlu tahu cara membantu meningkatkan keduanya. Secara garis besar, ada beberapa upaya pembangunan ekonomi yang bisa dilakukan.

Setelah pembangunan ekonomi membaik, maka secara langsung PDB pun akan meningkat dan membuat perkembangan ekonomi Indonesia lebih meningkat lagi. Lalu, apa kunci utama meningkatkan ekonomi Indonesia? Berikut adalah enam di antaranya!

1. Mengetahui Perkembangan Teknologi 

Salah satu strategi pembangunan ekonomi agar meningkat dengan lebih baik adalah dengan cara mengetahui bagaimana perkembangan teknologi di Indonesia. Seperti saat ini, di mana banyak platform digital yang bermunculan di berbagai jenis industri.

Agar perkembangan dan pembangunan ekonomi Indonesia semakin baik, setiap warga negara pun harus melek akan adanya teknologi. Saat ada teknologi terbaru, masyarakat pun perlu beradaptasi dengan segera agar kapasitas produksi bisa lebih berkembang.

Sebaliknya, jika tidak melek teknologi, maka kapasitas produksi pun akan stagnan dan jalan di tempat. Bahkan, tidak sedikit industri yang tutup karena tidak bisa beradaptasi dengan teknologi.

2. Meningkatkan Skill dan Keterampilan

Untuk menjadi seorang pekerja maupun pengusaha yang baik, seseorang pastinya perlu memiliki skill dan keterampilan yang memadai. Itu kenapa setiap masyarakat perlu terus belajar agar skill dan juga keterampilan mereka semakin bertambah.

Karena, salah satu contoh pertumbuhan dan pembangunan ekonomi adalah munculnya berbagai industri baru yang sebelumnya tidak ada. Selain itu, di industri yang sudah ada, keterampilan yang diperlukan pun harus semakin baik dan juga terasah.

3. Mendukung UMKM

Kemudian, salah satu ciri-ciri pertumbuhan dan pembangunan ekonomi adalah dengan munculnya banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Dengan adanya UMKM, maka kapasitas produksi pun akan semakin luas.

Hal ini pastinya akan membuat ekonomi tumbuh dengan lebih cepat. Namun, kapasitas produksi yang banyak tentunya harus dibarengi oleh kapasitas konsumsi yang juga banyak. 

Itu kenapa selain membuat usaha sendiri, masyarakat juga perlu mendukung usaha UMKM di sekitar mereka. Caranya adalah dengan melakukan pembelian pada produk lokal untuk meningkatkan pembangunan ekonomi di Indonesia.

4. Memelihara Sarana dan Prasarana di Tempat Umum

Lalu, cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang lain adalah dengan menjaga dan memelihara sarana prasarana di tempat umum. Dengan begitu, sarana dan prasarana tersebut akan lebih awet dan tidak memerlukan terlalu banyak rekonstruksi.

Jadi, tidak ada dana yang perlu pemerintah keluarkan untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak. Apabila sudah begitu, PDB Indonesia pun akan secara otomatis bertambah sehingga akan ada poin positif pada perkembangan ekonomi di Indonesia.

5. Menjaga Lingkungan agar Sumber Daya Alam Sustainable

Berikutnya, masyarakat juga perlu untuk bekerja sama untuk menjaga lingkungan agar sumber daya alam bisa lebih awet atau sustainable. Karena faktanya, sumber daya alam juga sangat berpengaruh terhadap bagaimana kondisi ekonomi di sebuah negara.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar keberlangsungan sumber daya alam tetap terjaga. Misalnya dengan cara melakukan daur ulang dan dengan memakai berbagai jenis produk yang lebih ramah lingkungan. 

Selain itu, masyarakat juga harus saling mengingatkan untuk tidak merusak alam. Salah satu langkah simpelnya adalah dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

6. Ikut Serta untuk Berinvestasi di Pasar Modal

Kemudian, agar roda perekonomian terus berjalan, masyarakat pun perlu ikut serta untuk berinvestasi di pasar modal. Terlebih saat ini, ketika semua lapisan masyarakat bisa melakukan investasi dengan mudah, cukup melalui ponsel saja.

Dengan begitu, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi pun akan lebih lancar sehingga kondisi ekonomi di negara Indonesia akan semakin meningkat. 

Itulah beberapa alasan kenapa masyarakat perlu ikut serta untuk meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Karena, tanpa masyarakat, hal itu akan stagnan dan jalan di tempat. Bahkan, ekonomi Indonesia bisa sangat mengalami kemunduran.

Mungkin Anda juga menyukai