Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Ingin Punya Rumah Sendiri

Ingin punya rumah sendiri.
Waktu baca: 2 menit

Semua orang pasti ingin punya rumah sendiri. Sebab, rumah adalah tempat ternyaman untuk berteduh dan berlindung dari berbagai hal yang berada di luar. Atau mungkin bahkan bisa menjadi tempatmu beristirahat setelah menjalani rutinitas sehari-hari.

Umumnya, orang-orang ingin memiliki rumah pribadi setelah menikah. Meski kebutuhan terus meningkat, tapi keinginan untuk memiliki rumah pribadi tentu tetap ada.

Namun saat memiliki rumah, kamu harus mempertimbangkan banyak hal. Beberapa hal itu perlu diketahui agar kamu bisa mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum punya rumah sendiri. Berikut 5 hal yang perlu dipertimbangkan.

1. Paham dengan risiko yang dihadapi

Dengan punya rumah pribadi pasti kamu akan merasa bangga dan senang. Namun, kamu juga akan menghadapi beberapa macam risiko. Contohnya saja, seperti membayar cicilan rumah, biaya perawatan rumah, pajak properti, dan juga biaya yang lain. Risiko seperti itu harus siap kamu atasi agar bisa dengan mantap memiliki rumah pribadi.

2. Perhatikan kondisi keuangan

Memang memiliki ambisi untuk punya sesuatu tentu tidak dilarang. Namun, jika memaksakan keadaan yang memang belum saatnya tentu bisa menimbulkan sesuatu hal yang buruk. Sama seperti halnya saat kamu ingin memiliki rumah, kamu juga harus tahu kondisi keuanganmu. Usahakan untuk menstabilkan terlebih dahulu kondisi keuanganmu dan menabunglah sedikit demi sedikit agar kondisi finansial tidak terganggu.

Jangan memaksakan keadaan yang memang belum saatnya dikarenakan gengsi semata. Cuman dirimu yang tahu kondisi keuanganmu!

Adapun saat kamu membeli rumah secara KPR dan ingin membayar cicilan KPR dengan biaya yang ringan, kamu bisa membayar uang muka dengan biaya yang cukup tinggi. Maka dari itu, kamu harus bisa menabung dengan nominal uang muka yang sudah sesuai agar bisa membayar cicilan dengan murah.

3. Lebih teliti dengan biaya tambahan

Punya rumah tidak lantas kamu bisa bersenang-senang. Apalagi jika kamu membeli rumah dengan KPR. Kamu harus mulai memikirkan biaya DP dan cicilan perbulannya. Selain itu, pertimbangkan pula biaya-biaya tambahan setelah kamu punya rumah. Biaya tambahan yang dimaksud ialah biaya renovasi, biaya pajak rumah, asuransi dan sebagainya.

4. Diskusikan masalah keuangan dengan pemberi pinjaman

Saat memutuskan membeli rumah dengan cara KPR, kamu harus membicarakan secara baik-baik terlebih dahulu terkait masalah keuanganmu dengan pemberi pinjaman. Biasanya, pemberi pinjaman ini ialah bank. Kamu bisa dengan jelas memberi tahu keadaan keuanganmu sehingga nanti pihak bank bisa memberikan pertimbangan untuk memberi pinjaman dengan jangka yang lebih panjang.

5. Pilih rumah yang tepat

Setelah punya dana yang bisa digunakan untuk membeli rumah, cobalah untuk membeli rumah yang tepat dan sesuai dengan kondisimu. Misalnya, saat kamu masih lajang, kamu bisa membeli rumah minimalis yang setidaknya memiliki satu kamar tidur, satu ruang tamu, satu kamar mandi, dan dapur.

Baca juga: Rumah atau Apartemen: Mana yang Harus Dipilih sebagai Hunian Pertama Kamu?

Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat ingin punya rumah sendiri. Yang terpenting ialah, kamu harus mempersiapkan segalanya terlebih dahulu sejak dini. Hal itu dilakukan agar kedepannya nanti kamu tidak kesulitan dan bisa hidup dengan bahagia dan tentram.

You may also like...

Leave a Reply