Kenali Jenis-jenis Asuransi dan Manfaatnya

Ilustrasi perjanjian asuransi
Kenali Jenis-jenis Asuransi dan Manfaatnya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Tidak dapat diprediksinya masa depan membuat asuransi memiliki peran yang penting bagi setiap orang. Memiliki asuransi berarti kamu sudah menyiapkan hal terburuk yang dapat terjadi di masa depan. Tidak bisa dipungkiri bahwa segala sesuatu yang terjadi akan ada dampaknya pada finansial. Disinilah letak pentingnya asuransi, yaitu menjaga kestabilitasan keuangan disaat terburuk.

Tapi apakah kamu tahu bahwa asuransi itu banyak ragamnya? Program yang ditawarkan perusahaan asuransi kepada nasabahnya benar-benar spesifik sesuai kebutuhan. Berikut ini jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia dan juga manfaatnya.

Baca juga: Peraturan OJK Tentang Asuransi yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Asuransi dan Manfaatnya

asuransi jiwa di Indonesia.
Asuransi jiwa. Photo by Kiplinger
  • Asuransi Jiwa

Asuransi jenis ini paling sering ditawarkan oleh pihak perusahaan asuransi. Asuransi jiwa memberikan keuntungan finansial  kepada nasabahnya saat terjadinya suatu kejadian yang menyebabkan kematian pemilik polis.

Namun ada baiknya kamu mengetahui lebih lanjut mengenai proses asuransi jiwa yang ditawarkan. Beberapa program asuransi jiwa memberlakukan sistem pembayaran setelah kematian. Ada juga program asuransi jiwa yang mengizinkan pemegang polis untuk mengklaim dananya sebelum kematian.

  • Asuransi Kesehatan

Tingginya biaya kesehatan membuat asuransi kesehatan banyak dicari. Seperti namanya, asuransi ini menangani masalah finansial dalam pembiayaan kesehatan. Asuransi kesehatan akan menanggung biaya perawatan nasabahnya hingga sembuh.

Untuk biaya program asuransi kesehatan juga sangat beragam. Kamu dapat memilih program asuransi kesehatan yang mencakup rawat inap atau hanya rawat jalan saja. Program yang kamu pilih juga dapat kamu sesuaikan dengan kemampuan finansialmu.

  • Asuransi Pendidikan

Sebagai orang tua tentunya ingin sekali menyekolahkan anaknya setinggi mungkin. Namun, masa depan tidak dapat di tebak. Inilah keuntungan dari memiliki asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan akan memastikan proteksi finansial untuk pendidikan kedepannya.

Asuransi pendidikan memiliki dua jenis, yaitu asuransi pendidikan dwiguna dan asuransi pendidikan unit link. Asuransi pendidikan dwiguna merupakan gabungan antara proteksi jiwa dan deposito. Asuransi pendidikan dwiguna akan melindungi biaya pendidikan anak bila orang tuanya meninggal atau cacat dan tidak mampu mencari nafkah lagi

Sedangkan asuransi pendidikan unit link merupakan kombinasi antara asuransi jiwa dan investasi. Keuntungan dari investasi ini dapat dibagikan sesuai dengan jenjang pendidikan anak.

  • Asuransi Investasi

Sesuai dengan namanya, asuransi investasi merupakan asuransi sekaligus investasi. Asuransi investasi memiliki manfaat yaitu proteksi dan nilai tunai. Nilai tunai ini berasal dari pengembangan dana investasi. Proses ini diperoleh dari total premi yang di setorkan oleh pemegang polis. Sebagian dana dialokasikan untuk biaya proteksi dan sebagiannya dialokasikan untuk investasi.

  • Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan menjadi program yang banyak diikuti. Program asuransi ini memberikan perlindungan finansial disaat terjadinya kerusakaan pada kendaraanmu.

  • Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan bisa menjadi opsi tepat bagi kamu yang berkerja atau memiliki aktivitas yang memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Asuransi ini akan memberikan kamu perlindungan finansial atas kecelakaan yang kamu alami.

  • Asuransi Korporasi

Asuransi korporasi merupakan asuransi yang memberikan perlindungan finansial kepada karyawan suatu korporasi. Karyawan dalam korporasi merupakan aset berharga dalam keberlangsungan mobilitas perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan memberikan asuransi korporasi kepada karyawannya. Asuransi korporasi biasanya berupa asuransi jiwa atau asuransi kesehatan.

  • Asuransi Hari Tua

Saat masa pensiun kamu tiba, kamu tidak akan produktif untuk menghasilkan uang lagi. Maka asuransi hari tua memberikan perlindungan finansial kepada pemegang polis ketika masa pensiun. Asuransi hari tua juga dapat merancang hari tua kamu. Premi dari asuransi hari tua dapat disesuaikan dengan kemapuan finansial kamu ya.

  • Asuransi Syariah

Asuransi Syariah merupakan asuransi yang berdasarkan syariat islam. Dalam program ini, pemegang polis dapat mengalokasikan sebagian dari kontribusinya untuk ibadah pribadinya. Dana tersebut dapat disalurkan kapan saja atau secara kumulatif ke rekening lembaga wakaf disaat pemegang polis mengambil wakaf manfaat investasi.

Setelah mengenal berbagai macam program asuransi dan manfaatnya, kini kamu dapat menentukan program asuransi seperti apa yang kamu butuhkan.

Artikel Lainnya