Rumah atau Apartemen: Mana yang Harus Dipilih sebagai Hunian Pertama Kamu?

Pilih Rumah atau Apartemen via grantcardone.com
Waktu baca: 2 menit

Bagi kamu yang dalam waktu dekat ini memiliki rencana untuk membeli hunian baru, kamu mungkin akan mempertimbangkan jenis hunian yang akan kamu pilih. Saat ini, jenis hunian apartemen sedang menjadi idola karena harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan rumah. Namun, apakah benar demikian? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui mana yang lebih baik dipilih sebagai hunian pertama, rumah atau apartemen?

Dari segi luas

Secara sekilas, memang apartemen akan terlihat lebih sempit jika dibandingkan dengan rumah. Namun, seharusnya hal ini tidak akan menjadi masalah jika ruangan yang ada di apartemen telah memenuhi kebutuhanmu. Dengan penataan ruang yang tepat, kamu bisa meletakkan segala kebutuhan dan peralatanmu di dalam apartemen.

Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa rumah memang menghadirkan space yang lebih luas jika dibandingkan dengan apartemen. Terlebih, kamu bisa terus menambah ruang yang ada pada rumah karena panjang dan lebar membatasi, kamu masih bisa membuat tingkat pada rumah. Hal ini tidak dapat kamu lakukan pada apartemen.

Jadi, apabila kamu single dan berencana membeli hunian untuk pertama kali, apartemen mungkin akan tepat buatmu. Luas apartemen tentu sudah bisa mengakomodir segala kebutuhan dan peralatanmu karena tidak ada terlalu banyak orang yang tinggal.

Dari segi lingkungan

Telah menjadi stereotip sedari lama bahwa penghuni apartemen akan cenderung lebih tertutup jika dibandingkan dengan penghuni perumahan. Hal ini akan menyebabkan lingkungan di sekitar apartemen menjadi terasa lebih “dingin” jika dibandingkan dengan lingkungan rumah.

Jika kamu merupakan tipe orang yang menyenangi ketenangan dan suasana yang hening, apartemen dapat kamu jadikan pilihan. Di apartemen, kamu tidak akan menjumpai kebisingan yang mungkin ditimbulkan oleh tetangga sebelah rumahmu atau desing mesin kendaraan yang lewat di depan rumah.

Namun, jika dalam hunian impianmu ini kamu berencana untuk tidak tinggal sendiri, tinggal di sebuah apartemen akan membatasi ruang gerak mereka. Terutama jika kamu tinggal dengan anak-anak. Ruang bermain mereka akan menjadi terbatas jika tinggal di apartemen. Selain itu, anak-anak juga dapat bersosialisasi dengan lebih baik jika tinggal di rumah karena mereka bisa bermain dengan para tetangga.

Dari segi keamanan

Untuk segi keamanan, mungkin apartemen lebih unggul jika dibandingkan dengan rumah. Bayangkan saja, untuk mendapatkan akses masuk ke bangunan apartemen, biasanya kamu harus meminta izin pada security yang ada. Belum lagi untuk dapat masuk ke unit yang kamu tuju, kamu butuh akses yang hanya dimiliki oleh orang yang tinggal di dalam apartemen.

Pastikan Tempat Tinggal Anda Aman via informedmag.com

Pastikan Tempat Tinggal Anda Aman via informedmag.com

Tetapi saat ini, banyak perumahan yang telah menawarkan sistem one-gate sehingga akses untuk masuk ke perumahan menjadi terbatas. Kamu harus melapor pada keamanan untuk dapat masuk ke dalam perumahan jenis ini. Jadi, baik itu rumah atau apartemen, tinggal bagaimana kamu menjaga keamanan propertimu sendiri.

Dari segi harga

Bagi kamu yang sedang mencari hunian untuk pertama kalinya, harga pasti menjadi prioritasmu. Untuk kamu yang memiliki budget terbatas, apartemen bisa menjadi solusi. Harga satu unit apartemen beserta biaya perawatannya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga sebuah rumah. Meski demikian, rumah tetap memiliki keunggulan tersendiri. Dengan membeli sebuah rumah, kamu juga membeli tanahnya. Hal ini bisa menjadi investasimu di masa mendatang.

 

Membeli hunian membutuhkan jumlah uang yang banyak. Supaya uangmu tidak terbuang sia-sia, kamu tidak boleh gegabah dalam memilih jenis hunian yang tepat. Jadi, di antara rumah atau apartemen, mana yang akan kamu pilih sebagai hunian pertama kamu?

Leave a Reply