6 Cara Memilih Travel Haji dan Umroh yang Aman dan Terpercaya

Ibadah haji di Mekkah
6 Cara Memilih Travel Haji dan Umroh yang Aman dan Terpercaya. Photo by Pixabay
Waktu baca: 2 menit

Berangkat umroh atau naik haji menjadi impian yang diinginkan oleh banyak umat muslim. Sebab, keduanya merupakan ibadah yang sangat penting.

Guna menjalankan ibadah tersebut, kamu perlu menyiapkan berbagai hal salah satunya ialah cara memilih travel haji dan umroh. Pemilihan ini menjadi kunci dalam menjalankan ibadah dengan nyaman dan tenang.

Maka dari itu, calon jamaah harus tahu cara memilih travel haji dan umroh agar tidak kena tipu. Sebab kasus penipuan yang mengatasnamakan agen travel haji dan umroh sering terjadi.

Baca juga: Estimasi Rincian Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi yang Perlu Diketahui

Cara Memilih Travel Haji dan Umroh yang Aman dan Terpercaya

Agar tidak terjebak penipuan tersebut, yuk ketahui cara memilih travel haji dan umroh yang aman dan terpercaya di bawah ini:

Jangan mudah tergoda iming-iming harga murah

Cara paling utama yang perlu diperhatikan calon jamaah ialah jangan tergoda dengan iming-iming harga murah. Perlu diingat, bahwa hotel-hotel di Mekkah, Arab Saudi sudah mahal sehingga sangat mustahil jika agen travel memberikan harga murah.

Lebih baik, carilah agen travel yang menawarkan harga dengan wajar. Ingat, jangan sampai tergiur dengan tawaran harga yang lebih murah ya!

Periksa izin agen travel

Setelah mencari tahu agen yang menawarkan harga dengan wajar, jangan lupa juga pastikan status perizinannya.

Umumnya, agen travel haji dan umroh yang aman setidaknya mengantongi izin Pendirian Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Lebih baik lagi jika agen travel tersebut menjadi anggota salah satu asosiasi agen travel seperti Islamic Travel Communication Forum (IITCF), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) dan asosiasi lainnya yang berkaitan.

Periksa lokasi kantor

Umumnya, agen travel resmi memiliki lokasi kantor yang jelas dan strategis. Dengan begitu, calon jamaah bisa berkonsultasi langsung dengan agen travel. Bahkan, bisa saja mendapatkan keuntungan-keuntungan lain tergantung apa yang disediakan oleh agen travel tersebut.

Cek track record agen travel

Mencari tahu track record agen travel juga penting dilakukan. Mulai dari berapa lama beroperasi, jumlah jamaah yang sudah pernah diberangkatkan, dan sebagainya.

Selain itu, sosial media juga bisa menjadi salah satu cara calon jamaah melihat track record suatu agen travel.

Cari tahu review dari jamaah terdahulu

Bertanya atau meminta review dari jamaah terdahulu dari agen travel juga perlu dilakukan. Setidaknya, calon jamaah bisa mendapat gambaran seperti apa nanti jika menggunakan agen travel tersebut.

Cari tahu profil pengurus

Terakhir, pastikan untuk mengetahui profil dari pengurus agen travel termasuk pendiri dan pemiliknya. Pastikan mereka merupakan orang-orang yang memiliki integritas tinggi.

Demikian cara memilih travel haji dan umroh yang perlu diketahui. Dengan begitu, calon jamaah bisa dengan aman dan tenang dalam menjalankan ibadah haji dan umroh.

Mungkin Anda juga menyukai