Ingin Tahu Perkembangan Bisnis Online di Indonesia? Simak Penjelasannya di Sini

Gambaran orang sedang menjalankan bisnis online yang sukses.
Ingin Tahu Perkembangan Bisnis Online di Indonesia? Simak Penjelasannya di Sini. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Pesatnya perkembangan bisnis online di Indonesia tak lepas dari cepatnya perubahan zaman, saat ini kemudahan dalam berbisnis sangat dimanfaatkan oleh banyak orang. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang mulai menggeluti bisnis online, mulai dari jual beli hingga berjualan konten dan fenomena ini tak lepas dari pengaruh pesatnya kemajuan teknologi.

Toko online menjadi salah satu dari jenis model bisnis yang paling banyak diminati saat ini, karena banyak kelebihan yang dimiliki. Menjadi alternatif bagi para pebisnis online pemula, karena itulah toko online dipilih sebagai alternatif jual beli barang melalui online. Tak hanya di Indonesia, perkembangan bisnis online juga berevolusi hampir ke seluruh dunia.

Pengertian Bisnis Online

Jenis-jenis media sosial yang digunakan untuk bisnis online.
Bisnis online. Photo by @nordwood

Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet, secara keseluruhan aktivitas jual beli, pelayanan kepada konsumen hingga promosi dilakukan online. Pelaku bisnis ini bisa menjual berbagai jenis produk mulai dari barang, jasa hingga berbagai produk digital dengan jangkauan yang luas.

Tak ada batasan dari mana calon pembeli atau konsumsi akan membeli produk yang diperjualkan karena pembeli bisa berasal dari mana saja. Jika dilakukan di Indonesia, maka proses jual-beli dapat dilakukan ke seluruh negeri mengingat banyaknya perusahaan ekspesidisi yang mengurus masalah pengiriman barang antarpulau.

Pelaku bisnis ini tak perlu susah payah membuka toko atau menyewa ruko seperti halnya bisnis konvensional pada umumnya. Namun diperlukan laman khusus di jaringan internet untuk toko online, bisa juga menggunakan media sosial dan masuk ke dalam marketplace. Mengelola bisnis ini juga tidak harus ke kantor, karena bisnis online bisa dilakukan di rumah.

Tak perlu khawatir bagi para pelaku bisnis pemula, terjun ke dalam bisnis online tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Dan bahkan terdapat beberapa bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal, hasilnya pun terbukti untung karena memang banyak jenis bisnis online yang ada untuk ditawarkan kepada calon-calon pelaku bisnis.

Baca juga: Cara Mentoring Bisnis Online Terpercaya

Bisnis Online Shop

Tampilan online shop.
Online shop. Photo by Pexels

Banyak orang mencari alternatif pemasukan selain dari pekerjaan tetap yang dijalani setiap har, online shop menjadi salah satunya. Bisnis ini menjadi sebuah lahan yang berpotensi memberi keuntungan berlimpah untuk pelaku bisnis, tak memerlukan banyak modal dan langsung bisa memulai bisnis tanpa khawatir mengganggu jadwal pekerjaan tetap.

Banyak yang mengklaim online shop merupakan bisnis menarik yang menawarkan potensi keuntungan tinggi dan risiko rendah. Meski begitu, seseorang atau pebisnis pemula harus pandai dalam mengelola bisnis online ini. Jangan sampai tujuan untuk menghasilkan keuntungan malah berbuah kerugian.

Kebiasaan berbelanja online saat ini memang tengah populer, terlebih di masa pandemi karena itu pula banyak pebisnis offline yang mulai beralih ke bisnis online. Hal ini tak lepas dari manfaat dan keuntungan yang di dapat pebisnis pemula dari menjalankan bisnis online, berikut beberapa manfaat bisnis online shop.

  • Investasi Awal yang Rendah

Membuka online shop sebagai bisnis awal memerlukan dana yang lebih rendah ketimbang memulai bisnis yang sama menggunakan sistem konvensional. Teknologi yang digunakan untuk mendirikan dan mengoperasikan bisnis online lebih terdepan dan juga lebih murah untuk diperoleh, tak heran mengapa pelaku bisnis online sukses justru bekerja berada di rumah mereka sendiri.

  • Informasi Mudah ke Pelanggan

Seiring modern era internet, beberapa waktu yang lalu perusahaan membutuhkan waktu berhari-hari guna memberi informasi terbaru mengenai produk atau jasa yang tengah dipromosikan. Hal itu berubah seiring perkembangan jaman dan majunya teknologi, informasi terkini terkait produk pun bisa diubah sewaktu-waktu.

  • Transaksi Lebih Mudah

Transaksi yang dilakukan lebih mudah, hal ini tak hanya menguntungkan bagi pembeli tetapi juga si penjual barang di online shop. Transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan cara transfer dan ini memastikan kemananan data dari pembeli, pada umummya transaksi minim kekurangan peniupuan karena penjual maupun pembeli bisa melakukan verifikasi.

  • Belanja Lebih Praktis

Keuntungan online shop adalah pelaku bisnis ini mampu melakukan transaksi dengan lebih praktis, konsumen bisa berbelanja dengan tiduran, nonton tv hingga berada di kamar mandi. Hal ini juga diperkuat dengan memiliki rekening bank secara online, proses transfer uang pun lebih gampang untuk dilakukan.

Artikel Lainnya