Ingin Bangun Bisnis dengan Baik? Ikuti Mentoring Bisnis Online Terpercaya

Sekumpulan orang sedang mengikuti pelatihan bisnis
Cara Mentoring Bisnis Online Terpercaya. Photo by @akeyodia
Waktu baca: 3 menit

Dalam memulai bisnis online, seseorang tidak bisa melakukannya dengan belajar secara otodidak dengan membaca. Seperti seorang murid yang membutuhkan bimbingan guru, memulai bisnis online juga memerlukan bantuan dari orang lain. Mentoring bisnis online diperlukan agar nantinya bisnis yang dibangun memiliki arah yang jelas dan tidak sia-sia.

Mentor merupakan seseorang yang sudah memiliki pengalaman dan mencapai kesuksesan dalam berbisnis, bimbingan dari mentor mampu mempercepat kesuksesan bisnis online para pemula. Meski begitu, tak hanya ilmu yang diserap dari mentor untuk bisa menjalankan bisnis online dengan benar. Diperlukan pula pelatihan dalam berbisnis, termasuk jika ingin memulai bisnis online.

Pelatihan Bisnis Online

Sekumpulan orang mengikuti pelatihan
Pelatihan. Photo by @wocintechchat

Kursus online merupakan proses pelatihan mengenai bisnis yang dilakukan secara online, meskipun tidak menghilangkan esensi asli dari pelatihan yang dilakukan. Pelatihan bisnis mencakup luas area bisnis online, mulai dari cara memilih bisnis yang cocok, mencari supplier yang tepat hingga menyiapkan modal bisnis.

Tujuan mengikuti pelatihan bisnis online adalah membekali diri dengan ilmu-ilmu bisnis agar dapat diterapkan ke depannya. Jenis kelasnya pun bermacam-macam, ada yang berbayar ada juga yang gratis tergantung dari penyelenggara. Dengan bekal tersebut, pebisnis pemula diharapkan mampu membangun dan mengembangkan usaha dengan baik.

Biasanya pelatihan bisnis online menghadirkan lebih dari satu pembicara, tentunya ini menjadi keuntungan bagi para pebisnis pemula. Karena selain bisa menyerap ilmu dari para pebisnis andal, juga bisa membandingkan serta memilih bisnis apa kira-kira yang cocok untuk digeluti kedepannya nanti.

Salah satu pelatihan bisnis yang bisa diikuti ialah GEMA UMKM. GEMA UMKM atau Gerakan Ekosistem Wirausahamaju adalah program pengembangan untuk UMKM naik kelas. Program ini diinisasi oleh Indonesian School of Entrepreneurship (ISE) yang bekerjasama dengan Bank Maju, Koperasi Maju, dan KlikCair.

Gerakan Ekosistem Wirausahamaju mengajak Pelaku UMKM untuk bersama-sama membangun ekosistem kewirausahaan yang meliputi 5 pilar ekosistem, yaitu:

  1. Pelatihan, Pendampingan dan Inkubasi
  2. Pengembangan Potensi Pasar dan Pemasaran
  3. Peluang Akses Pendanaan
  4. Pendampingan Legalitas
  5. Pembentukkan Rantai Nilai

Baca juga: Kiat-kiat dan Motivasi Bisnis Online

Seminar Bisnis Online

Seminar bisnis yang dijalankan secara online
Seminar bisnis. Photo by @johnschno

Berbisnis tak hanya membutuhkan modal, tekad dan konsistensi tetapi juga membekali diri dengan ilmu dalam menjalankan bisnis tersebut. Seminar bisnis menjadi salah satu media yang bisa digunakan untuk mentoring bisnis online, seminar bisnis merupakan pemberian materi dari pebisnis sukses kepada pebisnis pemula.

Narasumber yang hadir tak hanya menciptakan bisnis, namun juga memberi tips-tips dalam menjalankan bisnis khususnya yang berbasis online. Tentunya tips yang bermanfaat, seperti bisnis apa yang menjanjikan keuntungan cepat saat ini, hingga kiat-kiat melebarkan bisnis menjadi lebih luas merata.

Mentor Bisnis Online

Seorang mentor sedang mengajar muridnya.
Mentoring bisnis. Photo by Pexels

Kehadiran mentor bisa membantu dan membimbing pebisnis pemula dalam melancarkan strategi bisnis online. Mentor penting guna membantu membangun pola pikir pebisnis pemula dari seseorang dengan memiliki high-level-view. Mengenal istilah-istilah dalam dunia bisnis, seperti lima orang di sekitr, jika bisa mendesain itu maka akan menjadi sumber daya pengetahuan dan pengalaman.

Dari seorang mentor bisnis online, pebisnis pemula juga bisa belajar mengenai kepedulian diri, guna mengetahui ada tidaknya hal-hal yang tidak diketahui. Terkadang pebisnis dengan segala egonya merasa bisa menangani sendiri, padahal sebenarnya tidak mungkin bisa. Bersama dengan mentor, masalah tersebut bisa terselesaikan dengan pengalaman yang dimiliki.

Manfaat nyata memiliki mentor bisnis online adalah punya tempat bertanya dan mendapat nasihat berharga dari yang lebih berpengalaman. Tujuannya jelas, untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam berbisnis, mentor juga membantu pebisnis pemula melihat masalah dan situasi dari prespektif eksternal, seperti kacamata pelanggan, investor hingga pemerintah.

Artikel Lainnya