Pentingnya Percepat Stimulus Ekonomi UMKM Saat Pandemi

stimulus ekonomi UMKM
Pentingnya Percepat Stimulus Ekonomi UMKM Saat Pandemi. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Hadirnya pandemi telah melumpuhkan banyak sektor, salah satunya adalah sektor ekonomi. Di mana keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi atau peranan yang sangat besar di dalam perekonomian Indonesia. Sehingga di masa pandemi ini, stimulus ekonomi umkm harus segera dilakukan agar para pelaku UMKM bisa mendapatkan manfaatnya dengan segera. 

Melalui sebuah survei yang dilakukan pada bulan Juni 2020 menunjukkan bahwa telah terjadi rendahnya penjualan yang dialami oleh  72,6% UMKM. Tidak hanya itu saja, UMKM juga turut kesulitan untuk mendapat bahan baku dan modal di masa pandemi ini. Realita ini menunjukkan sisi betapa lemahnya UMKM di masa pandemi yang harus segera diberikan tindakan agar mereka bisa bangkit kembali. 

Peran Inti Dari UMKM

Peran penting UMKM untuk perekonomian. Photo by @genefoto

UMKM selama ini telah menjadi penopang perekonomian di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa peran inti dari UMKM yang perlu kamu ketahui.

Untuk Meratakan Perekonomian

Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dengan ribuan pulau-pulaunya tentu menjadi usaha keras bagi pemerintah agar kesejahteraan bisa dilakukan secara merata. Hadirnya UMKM inilah yang menjadi penolong di dalam meratakan perekonomian di berbagai daerah pelosok yang ada di Indonesia. 

Masyarakat yang semula harus melintasi berkilo-kilo meter dengan medan yang berat menuju kota agar bisa memenuhi kebutuhan, kini tidak perlu lagi. Karena diketahui bahwa UMKM yang ada di Indonesia telah mencapai 99,9% dari total unit usaha yang tersedia. Dengan begitu, ini membuktikan bahwa UMKM mampu untuk meratakan perekonomian di Indonesia.

Untuk Mengurangi Kemiskinan

Banyaknya UMKM yang tersebar di Indonesia, hal ini sekaligus membuka peluang bagi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Karena berdasarkan data UMKM yang dimiliki oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, diketahui bahwa pertumbuhan pelaku UMKM selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. 

Dengan adanya data ini telah menjadi gambaran bahwa angka pengangguran yang ada di Indonesia bisa berkurang dengan tersedianya banyak lapangan kerja. Apalagi didukung dengan adanya stimulus ekonomi di masa pandemi ini. Di mana stimulus ekonomi adalah suatu kebijakan ekonomi yang diberlakukan oleh pemerintah untuk mengatasi keadaan krisis ekonomi.

Untuk Memberikan Devisa

Peran UMKM lainnya adalah memberikan devisa. Devisa bisa diperoleh dari adanya ekspor barang maupun jasa ke negara lain. Selain itu juga bisa didapat dari kunjungan wisatawan yang datang ke Indonesia dan berbelanja hasil-hasil dari UMKM.

Stimulus Ekonomi UMKM Harus Dipercepat

Stimulus ekonomi UMKM. Photo by Pexels

Hampir semua pelaku UMKM telah terkena dampak dari Covid-19. Produksi yang mereka lakukan telah mengalami penurunan drastis dibanding sebelum kehadiran Covid-19. Jelas saja hal ini menimbulkan kesulitan tersendiri bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan penghasilan dan memenuhi kebutuhannya.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo pun turut memberikan perhatiannya kepada UMKM Indonesia agar bisa bangkit kembali dan menggerakkan perekonomian setahap demi setahap. Presiden telah meminta kepada Kementerian agar segera merealisasikan stimulus ekonomi umkm agar manfaatnya bisa segera dirasakan. 

Jangan sampai UMKM ini terlanjur mati, baru kemudian diberi tindakan. Tentunya sudah terlambat sekali. Oleh karena itu, jajaran kabinet diharapkan agar bisa mendorong terjadinya penyerapan anggaran untuk membantu pelaku UMKM. Sehingga nantinya UMKM mampu hidup kembali dan mengaktifkan perekonomian di Indonesia yang sempat mati suri.Dengan begitu, menyadari betapa besar peran dari UMKM untuk perekonomian di Indonesia, maka di masa pandemi ini stimulus ekonomi umkm harus disegerakan. Hal ini untuk menghindari agar UMKM tidak mati dan tentu saja agar angka pengangguran tidak semakin bertambah. 

Mungkin Anda juga menyukai