Eits, Ternyata Arti PO itu Bermacam-Macam Lho

Seorang sedang melakukan pre order suatu produk
Eits, Ternyata Arti PO itu Bermacam-Macam Lho. Photo by Pexels
Waktu baca: 2 menit

Apakah kamu tahu apa arti PO? Tahukah kamu istilah yang satu ini merujuk pada 3 hal yang berbeda?

PO ini bisa merupakan singkatan dari Pre Order. Namun, bisa juga ini singkatan dari Purchase Order dan juga Pay-Out. Untuk lebih jelasnya, kamu perlu tahu apa perbedaan dari arti PO yang merupakan Pre Order, Purchase Order, dan Pay-Out. 

3 Arti PO yang Harus Kamu Ketahui Perbedaannya

  1. Pre Order

Istilah PO sekarang ini lebih dekat dengan Pre Order. Pasalnya, dunia bisnis online saat ini begitu lekat dengan masyarakat. Mereka yang sering melakukan jual beli online pasti tidak asing dengan istilah PO atau Pre Order. 

Arti PO dalam hal ini adalah sistem pembelian di mana barang yang kamu beli belum tersedia atau belum dibuat. Jadi, ketika kamu harus menunggu cukup lama untuk bisa mendapatkan barang yang kamu pesan. Lama waktu tunggu tergantung pada seberapa sulit barang yang kamu beli tersebut dibuat.

Sistem PO ini biasanya diterapkan oleh produsen yang sudah tahu bahwa barang yang mereka buat bakal laris manis. Biasanya, ini berupa barang versi terbaru yang mana versi terdahulunya ludes dibeli konsumen. Jadi, untuk memastikan konsumen tidak kehabisan barang versi terbaru, maka dibukalah versi PO.

Di sisi lain, PO juga sering diterapkan untuk barang kelas premium, bukan barang yang dijual murah di pasaran. Karena premium, tentu saja kualitasnya bagus. Dan konsumen sudah tahu kualitas barang tersebut. Jadi, mereka tidak ragu untuk mengantri meskipun barangnya belum dibuat saat mereka order.

Baca juga: Terapkan Cara Memulai Bisnis Online Ini agar Risiko Gagal Bisa Diminimalisir

  1. Purchase Order

Lain hal dengan arti PO yang berupa purchase order. Ini merupakan pemesanan barang atau jasa yang dikirimkan oleh pembeli kepada pihak penjual. Ini berupa surat pemesanan yang ditujukan kepada penjual. Surat ini diberikan dengan tujuan agar lebih jelas apa barang atau jasa yang dipesan. Ini juga dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam pemesanan. Pihak pembeli juga lebih mudah dalam melakukan tracking tentang apa saja yang dipesan.

Dalam dokumen PO, biasanya tercantum nama pemesan, tanggal pemesanan, hingga barang apa saja yang dipesan lengkap dengan informasi detail. PO ini biasanya digunakan untuk sebuah transaksi pembelian barang yang variannya banyak dengan jumlah yang berbeda untuk setiap varian.

  1. Pay-Out

Lalu, bagaimana dengan payout? Ini juga arti lagi dari PO. Payout artinya pembayaran atau penarikan uang. Istilah satu ini biasanya digunakan di dalam dunia trading. Ini merujuk pada suatu transaksi di mana uang hasil proses kerja sudah bisa diambil atau sudah bisa ditarik dari rekening.

Nah, itulah 3 arti PO yang berbeda. Semoga sekarang kamu sudah tidak lagi bingung jika ada istilah PO. Kamu akan langsung tahu apakah yang dimaksud adalah Pre Order, Purchase Order, atau Pay-Out. 

Artikel Lainnya