Kiat-kiat Menjaga Hubungan Baik dengan Supplier, UMKM Wajib Tahu!

Dua orang sedang berdiskusi terkait produk yang dikirim
Kiat-kiat Menjaga Hubungan Baik dengan Supplier, UMKM Wajib Tahu! Photo by Freepik
Waktu baca: 2 menit

Dalam menjalankan suatu bisnis, tentu kamu akan memerlukan bahan baku untuk tahapan produksi. Untuk mendapatkan bahan baku, biasanya pebisnis akan mencari supplier yang tepat. Setelah menemukannya, kamu selaku pebisnis harus bisa menjaga hubungan baik dengan supplier.

Mengapa perlu menjaga hubungan yang baik dengan supplier?

Dengan menjaga hubungan yang baik, akan mendatangkan keuntungan untuk bisnismu. Salah satu contoh yang biasa terjadi ialah mendapatkan diskon harga saat pembelian barang. Bahkan, bisa juga membantumu saat butuh cepat dalam memenuhi stok barang.

Selain itu, dengan menjaga hubungan yang baik, kamu malah bisa juga mendapatkan resep dari supplier secara cuma-cuma saat mereka memutuskan untuk pensiun.

Maka dari itu, kamu harus mulai membangun hubungan yang baik dengan supplier. Simak tips dan kiat-kiatnya di bawah ini ya TemanKlik!

Bayar tepat waktu

Membayar tepat waktu menjadi salah satu yang perlu dilakukan oleh pebisnis kepada supplier. Sebab, hal itu akan meningkatkan kepercayaan dan tentu supplier akan senang bukan?

Dengan begitu, hubungan bisnis akan lebih baik dan kamu bisa memperoleh pasokan bahan baku tepat waktu juga.

Namun bagaimana jika pebisnis merasa kesulitan dalam melakukan pembayaran tepat waktu karena adanya keterbatasan dana?

Kamu bisa melakukan negosiasi dengan supplier. Selain itu, kamu bisa memenuhi kebutuhan finansial bisnismu melalui layanan Paylater Produktif dari KlikCair.

Melalui layanan tersebut, kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 2 miliar tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku ya!

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa hubungi kami melalui WhatsApp ya TemanKlik.

Baca juga: Upgrade Pengetahuan Bisnis UMKM dengan 5 Tipe Akun TikTok Ini

Pahami nilai penting yang dipegang supplier

Oleh karena bekerja sama dengan supplier, tentu kamu perlu memahami nilai-nilai penting yang dipegang oleh supplier. Sebab hal ini akan berkaitan dengan bagaimana kamu akan bekerja sama ke depannya.

Sebagai contoh, saat mitra supplier mengutamakan prinsip berkelanjutan, kamu bisa berfokus pada upaya pelestarian lingkungan serta pemberdayaan masyarakat dari bisnismu.

Buat perjanjian secara lengkap

Pastikan untuk membuat perjanjian yang berisi hak dan kewajiban antar pebisnis dengan supplier. Pastikan saling setuju dan saling menguntungkan ya!

Sebab, perjanjian ini dapat membantu pelaku usaha untuk berkomunikasi dengan supplier sehingga kerja sama berjalan lancar dan efektif sesuai panduan atau SOP yang ada.

Jaga komunikasi

Agar memperkuat hubungan kerja sama, tentu kamu perlu melakukan komunikasi rutin dengan supplier. Komunikasi ini tidak hanya dalam memenuhi kebutuhanmu selaku pebisnis saja.

Kamu bisa menanyakan kabar dan bantuan apa yang mereka butuhkan untuk mempermudah kinerjanya. Bahkan, bentuk komunikasi sederhana seperti mengucapkan hari raya juga dapat memperkuat hubungan baik loh TemanKlik.

Beri apresiasi

Dengan menghargai orang yang bekerja sama denganmu, hubungan kalian akan makin kuat dan erat. Maka dari itu, kamu perlu mengapresiasi mitra suppliermu kapanpun terutama saat berhasil memenuhi kebutuhan bisnismu tepat waktu.

Intinya, saat mereka mengerahkan usaha ekstra dalam memenuhi kebutuhan bahan baku untuk bisnismu berikan apresiasi untuk mereka. Apresiasi bisa dalam bentuk pujian dan komentar positif atau apapun tergantung dari metode yang ingin kamu lakukan.

Evaluasi

Saat bekerja sama tidak menutup kemungkinan akan ada masalah atau kesalahan. Namanya juga manusia. Saat kamu menghadapi hal itu, pastikan untuk menenangkan diri terlebih dahulu.

Setelah merasa tenang, kamu bisa temui mitra dan menanyakan alasan terkait kesalahan yang terjadi. Pahami poin-poin penjelasannya lalu cobalah untuk mencari solusi bersama agar masalah tidak semakin berlarut.

Demikian cara agar hubunganmu dengan supplier makin erat dan baik. Semakin baik hubunganmu dengan supplier, tentu akan berbanding lurus dengan keuntungan bisnis yang didapatkan. Semoga artikel ini dapat membantu perkembangan bisnismu ya TemanKlik!

Mungkin Anda juga menyukai