Siapa Bilang Main Game Tidak Bisa Menghasilkan Uang?

menghasilkan uang dari game
Waktu baca: 3 menit

Hingga kini masih banyak orang yang menilai jika bermain game tidak menghasilkan uang dan hanya membuang waktu. Namun, anggapan tersebut tidaklah benar. Justru dari game inilah terkadang membuat seseorang menjadi jutawan dan bisnis game menjadi menjanjikan di masa depan. Bagi kamu yang suka bermain game online dan ingin menghasilkan, berikut ada beberapa tips game online menghasilkan uang yang bisa dicoba.

Real Trade Money

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara Real Money Trading atau RMT. Dalam artian, di sini para pemain melakukan transaksi jual beli dengan uang yang sebenarnya. Sementara untuk barang yang dijual adalah dalam bentuk uang virtual yang ada dalam sebuah game tertentu, item, equipment, dan produk virtual game lainnya.

Harga barang virtual ini bervariasi, tergantung kelangkaan dan kecanggihannya. Contohnya saja seperti DOTA 2 ada yang namanya High End Legacy Couriers yang dijual dengan harga 6 ribu dolar atau sekitar 79 juta rupiah. Contoh lainnya adalah RF Online yang memiliki equip dengan harga sampai 50 juta rupiah.

Baca juga: Jangan Asal Motret, Ini 5 Cara Menghasilkan Uang dari Fotografi

Jasa Joki Game

Menjadi seorang joki game adalah cara berikutnya yang bisa kamu coba. Tidak semua gamers memiliki waktu secara terus menerus untuk memainkan game mereka, hal ini karena disibukkan dengan urusan lain. Mereka ini biasanya hanya ingin hasil yang instan dari sebuah game tersebut untuk mendapatkan poin tertinggi. Maka dari itulah terkadang pemilik akun atau karakter game online menggunakan jasa joki.

Harga joki pun tidak sama antara satu dengan yang lain. Ada yang mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Harga ini tergantung dari pemilik karakter, seperti terkait level pada game, kapan waktu yang dimainkan, fasilitas, dan sebagainya. Kalau kamu memiliki skill mumpuni, jasa joki game bisa dicoba untuk mendapatkan uang tambahan saat senggang.

Menghasilkan Uang dengan Ikut Kompetisi

Menjamurnya game online maupun offline membuat pengembang maupun provider melihatnya sebagai peluang baru. Untuk menjaring konsumen semisalnya, penyedia jasa layanan internet atau provider kerap mengadakan kompetisi game online. Hadiah yang ditawarkan juga fantastis, bahkan hingga jutaan rupiah.

kompetisi esports
Salah satu tim Esports menjuarai kompetisi pada BEKRAF Game Prime 2018 lalu esports.id

Bahkan, kini game menjadi salah satu cabang olahraga yang sudah diakui. Jika kamu ingin mendalaminya, kamu bisa menjadi atlet profesional untuk mengikuti kompetisi bergengsi tingkat dunia. Tentu hadiahnya pun semakin besar jika dibandingkan dengan kompetisi game nasional.

Youtuber Game

Selain menjadi atlet game atau e-sport, kalau kamu memiliki skill yang sudah mahir, tidak ada salahnya membuka channel YouTube. Di channel­-mu, kamu bisa berbagi tips, trik saat bermain, atau mendapatkan poin-poin tertentu. Dengan cara ini, gamers lain terutama yang masih pemula akan tertarik menonton saluran YouTube tersebut. Semakin banyak yang menonton, semakin besar pula kesempatan mendapatkan uangnya dari iklan maupun sponsor.

Salah satu gamers yang juga sukses menjadi influencer mengenai game di Indonesia adalah Reza Arap. Perjalanan Reza Arap menjadi seorang YouTuber game bukan tanpa sebab, sebelumnya dirinya sempat bekerja sebagai seorang kasir minimarket hingga tukang ojek. Namun, kegigihannnya dalam bermain game akhirnya membuat jalan hidupnya berubah dan bisa memperoleh penghasilan dari game.

Uji Coba Game Baru

Sebelum diluncurkan ke publik, pengembang game akan melakukan uji coba terlebih dahulu. Mereka akan merekrut gamers profesional untuk menjajal game baru tersebut. Upah yang didapatkan para game tester ini tidak main-main, bahkan ada yang mencapai 500 juta rupiah per tahunnya.

peluang game tester indonesia
Coba jadi game tester di Gameloft Indonesia via topkarir.com

Tentu tugas mereka tidaklah mudah, mulai dari menemukan kerusakan game, memberikan masukan mengenai kelemahannya dengan detail, dan sebagainya. Cara ini memang jarang atau bahkan belum dilakukan di Indonesia, namun bukan tidak mungkin kedepannya juga ada game tester juga di sini. Bahkan disebut-sebut game tester bisa menjadi profesi di masa depan.

***

Di atas adalah beberapa tips agar kamu bisa sukses menghasilkan uang lewat game. Meski begitu, kamu juga perlu melakukan investasi sebagai bekal di masa mendatang.

You may also like...

Leave a Reply