Peluang Bisnis Podcast yang Masih Sedikit Orang Ketahui

Ilustrasi orang sedang podcast
Peluang Bisnis Podcast yang Masih Sedikit Orang Ketahui. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Apakah kamu tahu ada peluang bisnis podcast yang begitu besar? Bisa dikatakan peluangnya besar karena marketnya begitu luas. Di sisi lain, belum banyak orang yang terjun di bisnis podcast ini. Sampai saat ini, hanya beberapa orang penyiar atau Youtuber lama yang menggunakan platform ini untuk mendapatkan cuan.

Jadi, ini waktu yang sangat tepat untuk kamu terjun di bisnis podcast. Peluangnya masih sangat lebar. Di sisi lain, pengguna atau pendengar podcast kian hari kian bertambah. Lihat saja. Orang-orang saat perjalanan dengan mobil pribadi atau transportasi massa lebih memilih mendengarkan podcast daripada platform lainnya. Ada yang berupa acara talk show, pembicaraan ringan, opini, fun, lucu-lucuan, musik, dan lain-lain.

Baca juga: Intip Yuk Bagaimana Milenial Menerapkan Gaya Hidup Digital

Bagaimana Cara Mendapatkan Cuan dari Podcast?

Podcast
Mendapatkan cuan lewat podcast. Photo by Pexels

Intinya satu. Monetization atau monetisasi. Ini adalah proses bagaimana kamu sebagai creator bisa mendapatkan uang. Sama seperti Youtuber atau Blogger. Mereka membuat sebuah kreasi, berupa video atau tulisan yang kemudian diupload dan mendapatkan uang. Begitu juga alur dari seorang creator podcast. 

Dalam hal ini, ada banyak sekali cara di mana kamu bisa mendapatkan uang dari podcast. Dari sinilah kamu akan tahu betapa empuk dan luasnya peluang bisnis podcast. Bagaimana cara memonetisasi podcast?

  1. Pasang Iklan 

Bayangkan kamu memiliki sebuah acara podcast yang didengar oleh ribuan atau bahkan puluhan ribu pendengar setiap harinya. Jika podcast kamu begitu terkenal, akan ada banyak sekali brand yang mau menghubungi kamu. Untuk apa? Tentu saja untuk menjalin kerja sama. Mereka ingin kamu mempromosikan brand mereka di acara podcast kamu.

Bagaimana caranya? Caranya bermacam-macam. Ada yang berupa iklan suara yang sudah direkam. Iklan tersebut akan diputar di menit tertentu di tengah acara podcast. Ini yang sering disebut dengan adlib atau host read ads.

Di sisi lain, ada juga brand yang memang ingin satu atau beberapa episode di podcast kamu membahas tentang tema-tema yang berhubungan dengan produk mereka. Contohnya seperti ini. Ada brand minuman kesehatan yang ingin beriklan di podcast kamu. Jadi, di satu atau beberapa episode, kamu diminta untuk membahas tentang kesehatan. Lalu, di sela-sela podcast, kamu memberikan ajakan yang sangat soft agar pendengar mau menggunakan atau membeli produk dari brand yang bekerja sama dengan kamu.

Bisa dipahami, bukan? Nilai iklan tergantung pada kesepakatan. Yang pasti, semakin banyak pendengar podcast kamu, seharusnya kamu bisa menetapkan harga iklan yang tinggi.

  1. Affiliate 

Kamu tidak harus menunggu brand untuk datang dan menawarkan kerja sama. Tidak perlu juga kamu yang datang dan menawarkan space iklan di podcast kamu. Ada cara lain untuk mendapatkan cuan dari podcast, yaitu dengan affiliate.

Intinya, kamu bergabung dengan sebuah program affiliate. Ada produk yang cocok untuk kamu tawarkan ke pendengar. Jadi, kamu menyiarkan bahwa ada produk bagus yang bisa pendengar beli melalui website yang kamu sudah siapkan sebelumnya. Tambahkan sedikit copywriting agar pendengar semakin tertarik, seperti diskon terbatas, hadiah ratusan ribu rupiah, bonus, dan lain sebagainya. Dari setiap penjualan dari link affiliate, kamu akan mendapatkan komisi.

  1. Program Premium

Ada lho podcaster yang sudah begitu terkenal. Saking terkenalnya, mereka membuat program khusus dengan konten yang sangat eksklusif. Hanya mereka yang berlangganan saja yang bisa mendapatkan konten semacam ini. 

Misalnya saja kamu seorang ahli di bidang tertentu. Ilmu secara umum kamu beberkan di podcast gratisan. Lalu, kamu mengajak pendengar untuk mengambil program premium karena di sana kamu akan share ilmu yang tidak umum alias eksklusif. Bisa saja itu ilmu berdasarkan pengalaman berharga kamu dan lain sebagainya. Dari pendengar yang mengikuti program premium inilah kamu mendapatkan uang.

Nah, semakin jelas kan peluang bisnis podcast itu begitu luas. Yakin tidak tertarik untuk menjadi seorang podcaster? Yang pasti, Youtube sudah begitu sesak dengan creator yang jumlahnya semakin banyak. Sementara itu, masih sangat sedikit yang terjun di bidang podcast. Sekarang atau kamu akan kehilangan kesempatan yang begitu berharga ini. 

Artikel Lainnya