Peluang Bisnis Food Truck, Bisnis F&B Kekinian

Peluang Bisnis Food Truck
Peluang Bisnis Food Truck, Bisnis F&B Kekinian. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Peluang bisnis food truck cukup menjanjikan. Memulai bisnis yang satu ini memerlukan persiapan sekitar tiga hingga 12 bulan namun keuntungannya menggiurkan. Namun kamu perlu mempersiapkan konsep yang kompetitif, rencana bisnis yang sat-set, dan strategi pemasaran yang solid.

Apabila kamu sedang berencana menggali lebih jauh tentang peluang bisnis food truck dan menjadikannya salah satu side hustle, simak informasi lebih jauh berikut ini. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan tips tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai F&B dengan food truck.

Mengenal Bisnis Food Truck

Apa itu bisnis food truck? Food Truck adalah restoran yang menjual makanan dan minuman pada umumnya namun dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Semua proses memasak hingga menyiapkan makanan dilakukan di dalam mobil, truk, van, atau bahkan trailer.

Peluang bisnis food truck sangat menjanjikan, banyak peminat, dan disukai oleh pembeli karena fleksibilitas yang dimiliki. Selain itu, biasanya para pegiat usaha yang satu ini berani menyajikan makanan yang tidak ditemui di pasar restoran konvensional secara umum.

Maka dari itu, potensi usaha F&B dengan menggunakan kendaraan yang berjalan ini cukup seru, menarik, dan menjanjikan. Menu yang ditawarkan dan disajikan memang terbatas namun biasanya menggunakan resep spesial.

Selain itu, harganya terjangkau. Lebih dari apapun, pengalaman yang didapatkan pembeli dengan makan di food truck jauh lebih unik daripada di restoran cepat saji biasa. Tidak heran jika pasar food truck Indonesia juga cukup ramai peminat, meskipun yang sudah menjelajah di pasar belum terlalu banyak.

Baca juga: Franchise Mixue Berapa? Begini Cara Daftarnya

Pilihan Bisnis Food Truck

Melihat dari peluang bisnis food truck yang menjanjikan dan banyak dilirik, tentu sebagai pengusaha, kamu tidak ingin memiliki hal yang sama dengan pengusaha food truck lainnya. Selain harus menentukan akan menggunakan food truck bekas atau kendaraan baru, kamu juga perlu mengetahui apa yang akan dijual.

Berikut ini adalah ide bisnis food truck serta makanan yang cocok untuk di jual dengan konsep F&B di atas truk, trailer, atau van ini.

1. Kopi Cepat Saji

Siapa yang tidak suka kopi? Selain banyak diminati, varian yang beragam, dan kemudahan invensi menu baru, kopi telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Menjualnya di food truck adalah ide gemilang, apalagi jika kamu memiliki ciri khas kopi yang enak.

2. Grilled Cheese

Membuat grilled cheese tidaklah sulit. Kamu juga hanya memerlukan roti sourdough dan keju saja sebagai bahan utamanya. Tentu saja, kamu bisa memberikan banyak pilihan dan variasi kejunya. Lebih dari apapun, grilled cheese cocok untuk food truck.

3. Es Krim dan Gelato

Tidak hanya makanan, es krim dan gelato bisa menjadi opsi menarik untuk dijual di food truck. Selain modal yang tidak besar, masyarakat akan menyukai kedai es krim untuk nongkrong di hari yang panas, apalagi setelah makan besar dan memerlukan pencuci mulut yang segar.

4. Crepe

Saat ini hampir semua orang memiliki sweet tooth. Sebagai pengusaha kuliner, kamu harus pandai membaca peluang ini. Oleh karena itu, menjual crepes – apapun jenisnya – akan memberikan banyak keuntungan untukmu.

5. Burger

Menu yang satu ini cukup populer, baik di restoran konvensional maupun di trailer. Selain mudah diterima masyarakat burger juga mudah penyajiannya. Oleh karena itu, menjual makanan yang satu ini di food truck adalah ide yang tepat.

Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Food Truck

Memaksimalkan peluang bisnis foodtruck tidak akan mungkin tanpa persiapan yang matang. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan yang sebaiknya sudah kamu miliki dan penuhi sebelum memulai bisnis yang satu ini.

1. Mulai Bisnis dengan Modal

Apapun usaha yang akan dimulai, kamu perlu modal untuk melakukan eksekusi, bukan? Nah, pastikan kamu sudah memiliki modal untuk foodtruck sebelum memulai bisnis ini

Pada dasarnya, bisnis yang satu ini membutuhkan modal yang tidak kecil. Selain menyiapkan apa saja yang akan dijual, kamu juga perlu membeli kendaraan untuk berjualan. Namun jika sewa food truck lebih menguntungkan, maka kamu tidak perlu beli yang baru.

Sisi positif dari memiliki truk sendiri untuk jualan adalah kamu bisa memodifikasi sesuai apa yang diinginkan. Tentu peluang bisnis food truck akan lebih menjanjikan karena kamu punya keleluasaan untuk membangun sesuatu seperti keinginan dan rencana.

2. Tentukan Makanan yang Dijual

Mengingat akan bergelut di dunia F&B, kamu juga perlu mempersiapkan jenis makanan atau minuman apa yang dijual. Peluang bisnis food truck sangat cerah karena biasanya bisnis ini menawarkan jenis makanan yang mudah diterima masyarakat tapi sangat unik.

Namun ingat, kamu akan membawa dapur di mobil. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu menjual kuliner yang mudah disiapkan dan disajikan. Beberapa pilihan yang sudah disebutkan di awal bisa kamu pertimbangkan.

3. Branding Food Truck Milikmu

Seperti bisnis lain pada umumnya, kamu perlu branding untuk terlihat berbeda dari pesaing. Maka dari itu, mulai dari menu yang kamu usung, harga food truck, konsep kendaraan yang akan dibawa, semuanya harus jelas – dan menarik di mata pengunjung.

Peluang bisnis food truck tidak akan sebesar ini tanpa effort yang nyata dari pemilik atau pelaku usaha, bukan? Nah, salah satu cara untuk memaksimalkan peluang ini adalah dengan mem-branding kendaraan dengan konsep yang mantap.

4. Peralatan Memadai

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, modal untuk memulai bisnis ini tidak kecil – karena selain membeli truk, kamu pun perlu menyiapkan peralatan memasak. Kabar baiknya, kamu tidak harus membeli peralatan super mewah dan lengkap untuk memulai.

Kamu hanya perlu memastikan bahwa peralatan yang dimiliki cukup dan memadai untuk memasak serta menyiapkan makanan untuk disajikan ke pembeli.

5. Manfaatkan Aplikasi Point of Sales untuk Transaksi

Jualan food truck hampir tidak ada bedanya dengan berjualan makanan secara konvensional – kamu tetap akan memerlukan bantuan aplikasi yang mumpuni untuk mencatat transaksi. Agar bisnis berjalan lancar, teratur, dan potensi bisnis food truck maksimal, akan lebih baik kamu menggunakan aplikasi POS atau Point of Sales.

Aplikasi ini memungkinkan kamu menerima berbagai jenis pembayaran selain cash. Tentu saja, keuntungan pun bisa dioptimalkan, apalagi jika pelanggan tidak harus menggunakan uang tunai untuk membayar.

6. Pilih Supplier Terpercaya

Menjalankan bisnis tentu tidak akan berhasil tanpa adanya kerjasama dengan pihak lain. Nah, kamu pun perlu melakukan kerjasama dengan supplier yang terpercaya. Sehingga produk yang kamu sajikan ke pelanggan terjamin mutu dan kesegarannya.

Untuk mendapatkan partner bisnis yang terpercaya, kamu memang harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Selain itu, pastikan harganya sesuai dengan bujet yang kamu siapkan.

Peluang bisnis food truck di Indonesia memiliki prospek yang sangat cerah. Namun seperti bisnis lain pada umumnya, ada banyak faktor yang harus kamu persiapkan untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan. Lebih dari apapun, setelah modal usaha dan konsep bisnis sudah siap, sebaiknya kamu segera eksekusi usaha ini.

Demikian yang perlu kamu ketahui tentang peluang bisnis food truck dan apa saja yang perlu kamu siapkan. Jangan lupa juga untuk terus meningkatkan jejaring agar bisnismu semakin besar dengan peluang yang terbuka lebar.

Mungkin Anda juga menyukai