Rekomendasi Bank untuk Membuat Rekening Perusahaan

Memilih bank untuk bisnis
Rekomendasi Bank untuk Membuat Rekening Perusahaan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Dalam menjalankan usaha atau perusahaan, salah satu hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka rekening perusahaan. Lalu, bagaimana cara membuat rekening perusahaan? Hal ini bisa dilakukan dengan mudah jika mengikuti petunjuk dalam artikel ini. 

Untuk mengelola keuangan dengan baik, penting untuk memisahkan tabungan bisnis dengan tabungan pribadi agar untung ruginya bisa diketahui dengan jelas. Berikut akan dijelaskan syarat pembukaan rekening perusahaan dan rekomendasi rekening terbaik untuk bisnis. 

Syarat Pembukaan Rekening Perusahaan 

Seperti yang sempat disinggung, buka rekening atas nama usaha menjadi sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. 

Tujuan perusahaan membuat rekening tersendiri adalah untuk memudahkan pembukuan keuangan serta agar lebih mudah menganalisa dan mengelola keuangan tersebut dengan baik. Dalam pembuatan rekening penting untuk memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. 

Namun, cara membuat rekening perusahaan bisa berbeda-beda tergantung dari jenis perusahaan dan rekening bank yang dipilih. Hal ini karena setiap bank punya cara yang berbeda-beda. Ada setoran awal yang kurang lebih berbeda tiap banknya. 

Baca juga: 2 Format Laporan Posisi Keuangan yang Bisa Kamu Gunakan

Namun, pada umumnya, beberapa syarat dalam cara membuat rekening perusahaan adalah sebagai berikut: 

1. Kartu Identitas Pemilik Perusahaan 

Hal yang perlu dipersiapkan dalam cara membuat rekening perusahaan adalah menunjukkan kartu identitas. Contohnya seperti KTP, SIM, atau paspor pemilik perusahaan. 

Fungsinya agar bisa memberitahu identitas yang bertanggung jawab dalam perusahaan. 

2. Akta Pendirian Perusahaan 

Syarat berikutnya adalah menyerahkan akta pendirian perusahaan. Di dalam akta tersebut sudah tercantum informasi terkait dengan perusahaan kamu sehingga sudah jelas bahwa perusahaan tersebut nyata adanya. 

Isi dari surat ini yaitu tentang nama, jenis, usaha, saham, jumlah modal, sampai status perusahaan apakah milik sendiri atau tidak. 

3. Surat Izin Usaha 

Perusahaan kamu harus memiliki izin usaha agar disebut legal. Oleh sebab itu, pihak bank akan meminta SIUP untuk mengetahui kelegalitasan perusahaan sebelum akhirnya dibuatkan rekeningnya. 

4. NPWP

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) juga perlu diserahkan dalam cara membuat rekening perusahaan. Nomor tersebut sebagai bukti bahwa perusahaan telah menjalankan kewajibannya sebagai WNI. 

5. Tanda Daftar Perusahaan 

Syarat terakhir yang umum dilakukan yaitu menyerahkan TDP (Tanda Daftar Perusahaan). Surat ini menjadi bukti perusahaan legal di mata hukum sama seperti penyerahan SIUP. 

Setelah memenuhi syarat, maka cara membuat rekening perusahaan selanjutnya terserah pada bank yang dipilih. Proses yang dijalani sama seperti ketika membuka rekening baru. 

5 Rekening yang Terbaik untuk Bisnismu 

Berikut ini adalah 5 rekening terbaik untuk perusahaan. 

1. Mandiri Tabungan Bisnis 

Cara membuat rekening perusahaan di Mandiri Tabungan Bisnis memiliki setoran awal Rp 1 juta. Saldo minimalnya hanya Rp 10 ribu saja untuk membukanya. 

Dengan menggunakan rekening bisnis Mandiri ini, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan e-banking agar lebih mudah bertransaksi. Suku bunganya sekitar 0,8%. Syarat lainnya yaitu berusia minimal 18-65 tahun. 

2. Tabungan Usaha CIMB Niaga 

Apabila perusahaanmu masih dalam tahap kecil atau bisnis UMKM, maka Tabungan Usaha CIMB Niaga akan cocok buatmu. Setoran awalnya hanya Rp 500 ribu saja dan bisa melalui mobile. 

Adapun fitur andalannya adalah SMS alert, Pick Up Service, dsb. 

3. BNI Taplus Bisnis 

BNI juga punya rekening yang digunakan untuk bisnis. Nama tabungannya adalah BNI Taplus Bisnis. Dengan menggunakannya, kamu harus menyetorkan uang awal sebesar Rp 1 juta, sama seperti Mandiri Tabungan. 

Selain itu, ada biaya administrasi yang harus dipotong tiap bulannya Rp 10 ribu saja. Untuk membuka rekening BNI Taplus Bisnis, cukup dengan menyerahkan kartu identitas, SIUP, setoran awal, dan memenuhi syarat usia minimal 17 tahun. 

4. Britama Bisnis BRI 

Untuk Britama Bisnis BRI memiliki setoran awal yang murah yaitu Rp 500 saja. Dengan demikian, cocok dipakai bagi pelaku usaha yang memiliki modal sedikit atau baru merintis. 

Kamu bisa memanfaatkan rekening perusahaan dari BRI untuk menyimpan uang perusahaan sampai Rp 1 miliar. Jadi, dengan menggunakan tabungan ini, pendapatan perusahaan yang diperoleh bisa disimpan dalam jumlah besar dan cocok untuk keberlangsungan perusahaan. 

Tidak perlu menggantinya ke rekening bank lainnya. Suku bunga tiap tahunnya sekitar 1,25%. Menariknya, nasabah yang sudah terdaftar di Britama Bisnis BRI, otomatis akan didaftarkan menjadi peserta Undian Untung Beliung Britama yang diselenggarakan waktu tertentu. 

Kamu bisa berkesempatan mendapatkan hadiah dengan jumlah nominal yang fantastis. Keuntungan lainnya bisa mendapatkan cover asuransi kecelakaan sampai Rp 150 juta. 

5. Tahapan Gold BCA 

Buka rekening BCA untuk usaha kecil berikutnya adalah Tahapan Gold dari bank BCA. Kamu bisa mendapatkan banyak fitur seperti informasi rekening melalui email atau SMS, Automatic Transfer System Online, cek mutasi, dsb. 

Tabungan bisnis BCA ini juga membuatmu cepat dalam mengurus buku rekening yang hilang karena tidak perlu diganti apabila buku hilang. Limit transaksinya lebih dari Rp 10 juta. 

Jenis tabungan ini cocok digunakan oleh para pelaku bisnis.

Namun, ada kalanya setelah memiliki rekening bisnis, modal bisnis yang dibutuhkan ternyata kurang. Untuk itu, KlikCair membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan modal bisnis yang dibutuhkan melalui skema peer to peer lending. Jika kamu membutuhkannya, silakan langsung kunjungi website KlikCair lalu daftarkan dirimu sebagai peminjam.

Demikian penjelasan cara membuat rekening perusahaan dari syarat sampai rekomendasi banknya. Setiap bank memiliki syarat berbeda-beda dan keuntungan berbeda. Kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnismu.

Mungkin Anda juga menyukai