4 Cara Atasi Masalah Bisnis Nyaris Bangkrut

bisnis nyaris bangkrut.
Tindakan saat bisnis nyaris bangkrut. Photo by @linkedinsalesnavigator
Waktu baca: 2 menit

Setiap pengusaha harus menyiapkan diri untuk menghadapi risiko bisnis bangkrut. Hal itu dikarenakan tiap bisnis akan mengalami pasang-surut. Jika suatu bisnis nyaris bangkrut, pasti bagi orang yang tidak bersiap akan kelimpungan.

Padahal, seharusnya seorang pebisnis yang mengalami hal itu harus tetap tenang agar bisa mengambil keputusan dengan baik.

Saat kamu menghadapi bisnis yang dijalankan nyaris bangkrut, kamu harus melakukan beberapa langkah-langkah di bawah ini. Berikut penjelasannya.

Coret anggaran pengeluaran tidak perlu

bisnis nyaris bangkrut
Coret anggaran yang tidak perlu. Photo by Pixabay

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bisnis yang nyaris bangkrut ialah dengan memangkas pengeluaran. Saat pendapatan bisnis menurun, merupakan salah besar jika bisnismu malah terus menggenjot pengeluaran.

Usahakan untuk memangkas pengeluaran yang tidak penting meski jumlahnya gak terlalu signifikan. Pangkas semaksimal mungkin untuk pengeluaran yang kira-kira tidak punya dampak signifikan terhadap keberlangsungan bisnis.

Jual aset yang tidak dibutuhkan

Jual asset yang tidak diperlukan.
Jual asset yang tidak diperlukan. Photo by Pixabay

Setiap bisnis memiliki aset penunjang yang bentuknya macam-macam mulai dari kendaraan, alat elektronik, hingga properti. Agar mengurangi beban operasional dan menambah dana segar untuk bisnismu, kamu bisa jual aset yang sudah tidak digunakan lagi.

Baca juga: Cara Atur Arus Kas Modal Usaha Agar Bisnis Tidak Gulung Tikar

Utamakan untuk bayar utang dengan bunga tertinggi

Utamakan bayar utang bunga tinggi.
Utamakan utang yang berbunga tinggi untuk dibayar. Photo by Pexels

Demi memperlambat kebangkrutan yang terjadi, kamu harus mengutamakan bayar utang yang memiliki bunga tertinggi. Namun, bukan berarti kamu mengesampingkan utang dengan bunga yang rendah ya!

Lihat rencana bisnis beberapa tahun sebelumnya

Periksa kembali rencana bisnis beberapa tahun lalu.
Periksa kembali rencana bisnis beberapa tahun lalu. Photo by Pixabay

Salah satu penyebab suatu bisnis mengalami bengkrut ialah karena tidak konsistennya kegiatan bisnis terhadap rencana yang sudah disusun sejak awal. Sikap tidak konsisten ini bisa membuat pengeluaran tiba-tiba membludak hal itu karena proses bisnis yang berubah-ubah.

Maka dari itu, cobalah untuk melihat rencana bisnismu beberapa tahun sebelumnya. Cocokkan kembali antara rencana dengan apa yang sudah perusahaanmu lakukan saat ini. Jika tidak cocok, maka segera hentikan dan kembali fokus terhadap rencana awal.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan saat bisnis yang kamu jalankan nyaris bangkrut. Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan menjual unit bisnis ke investor. Menjual atau mengakuisisi bisa mengatasi masalah kekurangan dana yang selama ini sedang dihadapi oleh bisnismu. Namun, kepemilikan usaha akan berubah.

You may also like...

Leave a Reply