Mengenal Pasar Modern: Fungsi, Ciri-ciri, Jenis hingga Kelebihan dan Kekurangannya

Pasar modern yang ada di masyarakat
Mengenal Pasar Modern: Fungsi, Ciri-ciri, Jenis hingga Kelebihan dan Kekurangannya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Dimanakah biasanya kamu membeli kebutuhan sehari-hari? Tentunya jika kamu masyarakat perkotaan tidak asing bila membeli kebutuhan sehari-hari di pasar modern terdekat.

Sebagai konsumen, tahukah kamu lebih dalam mengenai pasar modern? dan bagaimana keadaannya memberikan dampak pada perekonomian?

Yuk, kenali lebih dalam tentang pasar modern, fungsinya, ciri-ciri, jenisnya hingga kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga: Mengenal Pasar Tradisional: Manfaat, Fungsi, Jenisnya, Kelebihan dan Kekurangan

Apa Itu Pasar Modern?

Mungkin bagi kamu yang tinggal di tengah kota sudah tidak asing dengan keberadaan pasar modern. Pasar modern menjadi alternatif untuk berbelanja bagi masyarakat perkotaan saat ini. Hal ini dikarenakan tempat dan lokasi dari pasar modern sangat banyak dan juga mudah dijangkau.

Pada dasarnya, pasar modern menjual kebutuhan sehari-hari. Lalu, apa yang membedakan pasar modern dengan pasar tradisional? Walaupun sama-sama menjual kebutuhan sehari-hari, namun terlihat beberapa perbedaan yang terlihat jelas.

Seperti namanya, pasar modern beroperasional jauh lebih modern dibandingkan pasar tradisional. Pasar modern selalu mengutamakan kenyamanan pelayanannya untuk konsumen. Tidak hanya itu, barang yang dijual di pasar modern jauh lebih lengkap dan kualitas dari barang tersebut sangat terjamin.

Hal yang sangat membedakan pasar modern dengan pasar tradisional adalah sistem yang diterapkan di dalamnya. Jika dalam pasar tradisional diterapkan proses tawar menawar, hal tersebut tidak terjadi di pasar modern. Harga barang sudah ditentukan dan tidak dapat terjadi proses tawar menawar di pasar modern. Selain itu, lokasi pasar modern tersebar dimana-mana dan sistem pembayarannya dapat dilakukan dengan berbagai banyak cara.

Fungsi Pasar Modern

Pasar modern juga memiliki fungsi yang diantaranya;

  • Memudahkan produsen dalam mendistribusikan berbagai jenis barang kepada konsumen secara langsung
  • Memberikan jaminan kualitas barang yang baik untuk konsumennya
  • Memperkenalkan suatu produk dengan jangkauan yang lebih luas
  • Memudahkan konsumen untuk membeli kebutuhan sehari-harinya

Ciri-Ciri Pasar Modern

Bagaimana pasar dapat dikatakan sebagai pasar modern? Tentunya pasar dapat disebut sebagai pasar modern jika memiliki ciri-ciri, antaralain;

  • Tidak terdapat kegiatan tawar menawar antara penjual dan pembeli
  • Terdapat banyak jenis barang yang dijual (barang lokal dan barang import)
  • Harga dari setiap barang sudah tertera pada barang tersebut
  • Kondisi tempat pasar modern nyaman, aman dan bersih (biasanya dilengkapi dengan AC)
  • Pelayanan dalam pasar modern dilakukan secara mandiri
  • Pembayaran dilakukan dikasir dan dapat membayar secara non tunai
  • Kepuasan konsumen menjadi target utama dari pasar modern
  • Walaupun pelayanan dalam pasar modern dilakukan secara mandiri, penataan barang disusun dengan rapi agar konsumen mudah saat berbelanja
  • Selalu ada karyawan yang siap membantu konsumen
  • Memanfaatkan teknologi untuk kegiatan operasionalnya

Kelebihan Pasar Modern

Pasar modern juga memiliki keunggulan. Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh pasar modern?

  • Tempat yang Bersih dan Nyaman

Karena pada umumnya pasar modern terletak di daerah perkotaan, maka tempat yang bersih dan nyaman sudah menjadi suatu hal yang wajib dimiliki oleh pasar modern. Kenyamanan yang diberikan pasar modern menjadi daya tarik konsumen untuk ingin berbelanja. Umumnya, pasar modern menyediakan pendingin udara hingga petugas kebersihan yang setiap saat selalu menjaga kebersihan.

  • Produk yang Dijual Berkualitas

Produk yang dijual di pasar modern harus melewati standar yang diberikan. Maka tidak diragukan lagi jika kualitas barang yang ada di pasar modern sangat berkualitas. Tujuan utama dari pasar modern memang kepuasan dari konsumennya. Bahkan disaat konsumen mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan harapannya, pihak pasar modern akan siap menggantinya.

  • Keamanan Terjamin

Jika kamu berkunjung ke pasar modern, kamu akan menemukan banyaknya petugas keamanan. Hal ini agar keamanan dan ketertiban dalam pasar modern selalu terjaga. Tidak hanya itu, kendaraanmu juga akan terjamin keamanannya saat kamu berbelanja di pasar modern. Hal ini dikarenakan adanya sistem parkir dan lahan parkir yang aman untuk menjaga kendaraanmu saat kamu berbelanja. Maka, tingkat kriminalitas pada pasar modern relatif rendah.

  • Dapat Membuka Lapangan Kerja

Untuk menjalankan kegiatan operasional yang maksimal dalam pasar tradisional, dibutuhkannya pegawai yang tidak sedikit. Mulai dari petugas kebersihan, kasir, customer service, security dan lainnya. Dengan ini, tentunya akan membuka lapangan perkerjaan bagi masyarakat.

  • Meningkatkan Produk Domestik Bruto

Produk domestik bruto atau PDB merupakan nilai total dari jumlah seluruh produk baik barang dan jasa di dalam suatu wilayah dalam jangka waktu yang ditentukan. Perekonomian negara akan ikut terbantu dengan adanya pasar modern.

Kekurangan Pasar Modern

Dibalik kelebihan yang dimiliki pasar modern, ada juga kekurangannya, diantaranya;

  • Adanya Kesenjangan Ekonomi

Pada umumnya konsumen yang berbelanja di pasar modern merupakan masyarakat menengah atas. Hal ini jika dibandingkan dengan pasar tradisional yang pengunjungnya biasanya berasal dari masyarakat kelas menengah ke bawah. Tentunya dengan hadirnya pasar modern justru akan menciptakan kesenjangan ekonomi dalam masyarakat.

  • Devisa Negara Berkurang

Banyaknya pihak asing yang melakukan investasi pada pasar modern tentunya akan memberikan dampak. Penghasilan dan devisa negara akan berkurang. Hal ini dikarenakan adanya barang impor yang masuk dalam jumlah yang besar.

  • Konsumen Meninggalkan Pasar Tradisional

Keamanan, kenyamanan dan kelengkapan yang ditawarkan pasar modern akan membuat konsumen pasar tradisional perlahan beralih haluan. Lokasi pasar modern yang mudah di jangkau dan juga banyaknya cabang pasar modern juga menjadi faktor beralihnya masyarakat ke pasar modern.

Jenis Pasar Modern

Nah, kini saatnya mengenali apa saja jenis-jenis pasar modern.

  • Supermarket

Supermarket ini juga dibagi menjadi 3 jenis, yaitu; Basement Store (menjual kebutuhan sehar-hari), Leased Department (menjual speciality goods atau barang ternama), dan juga Branch Swalayan (menjual kebutuhan sehari-hari namun sangat lengkap).

  • Mini Market

Mirip dengan supermarket, namun jumlah barang yang dijual dan tempat disediakan terbatas.

  • Grosir

Pembelian dilakukan secara partai atau dengan jumlah yang banyak.

  • Toko Serba Ada (Toserba)

Produk yang dijual tidak hanya kebutuhan sehari-hari, namun termasuk keperluan rumah tangga.

Artikel Lainnya