Perlukah Menggunakan Aplikasi e-budgeting? Cari Tahu Sekarang!

Aplikasi e-budgeting
Perlukah Menggunakan Aplikasi e-budgeting? Cari Tahu Sekarang! Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Sekarang ini, banyak sekali yang membicarakan tentang aplikasi e-budgeting. Terutama di kalangan pemerintahan. Kabarnya, ini merupakan aplikasi yang membuat proses budgeting uang kegiatan lebih efektif.

Namun, apakah hanya pemerintahan saja yang membutuhkan aplikasi ini? Apakah UMKM tidak memerlukannya?

Yang pasti, aplikasi ini sangat membantu sekali dalam memonitor anggaran yang diperlukan untuk sebuah kegiatan. Jadi, ini berkaitan sekali dengan keuangan. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu perlu tahu apa aplikasi e-budgeting serta apa saja kelebihan yang ditawarkan.

Apa Itu Aplikasi E-Budgeting?

Cara menghitung biaya menggunakan aplikasi. Photo by Pexels

Sebelum membahas lebih dalam lagi tentang e-budgeting. Penting bagi kamu untuk tahu apa itu aplikasi e-budgeting. Ini singkatan dari elektronik budgeting. Sebuah aplikasi elektronik yang bisa digunakan untuk mempermudah proses penganggaran. Jadi, yang dulunya penganggaran itu ditulis di sebuah kertas, sekarang penganggaran bisa ditulis secara digital.

Dengan cara ini, penggunaan kertas bisa dikurangi. Namun, tujuan utamanya tidak seperti itu. Tujuan penggunaan aplikasi semacam ini adalah untuk memudahkan proses penganggaran, memastikan keakuratannya, serta bisa dipertanggungjawabkan.

Karena itulah e-budgeting ini sangat diperlukan oleh pemerintahan. Terutama mereka yang memang memiliki dana yang besar untuk kegiatan, entah itu dalam jangka waktu satu semester atau satu tahun.

Baca juga: Cara Merencanakan Digital Marketing Budgeting Secara Tepat

Siapa Saja yang Membutuhkan Aplikasi Ini?

UMKM membutuhkan aplikasi untuk menghitung budgeting. Photo by Pexels

Selama ini, aplikasi e-budgeting itu lebih dikaitkan dengan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah. Sangat wajar. Karena uang yang digunakan oleh pemerintah itu uang rakyat. Jadi, sebisa mungkin uang tersebut harus digunakan dengan cara yang tepat dan benar. E-budgeting inilah yang membuat keuangan lebih transparan dan bisa dipertanggungjawabkan di depan publik.

Namun, apakah hanya pemerintah saja yang menggunakan aplikasi semacam ini? Sebenarnya tidak. Segala jenis usaha yang membutuhkan hitung-hitungan budgeting butuh aplikasi ini. Apalagi jika itu harus dipertanggungjawabkan kepada atasan atau investor. E-budgeting membuat semuanya lebih mudah.

Dan sebenarnya rumah tangga juga butuh ini. Misalnya seorang istri ingin membuat e-budgeting dalam kurun waktu satu tahun. Untuk membuat budget itu tepat dan bisa di tracking lebih mudah, maka aplikasi ini diperlukan.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi E-Budgeting

Aplikasi e-budgeting
Tidak perlu hitung manual. Photo by Pexels

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu aplikasi e-budgeting. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kelebihan menggunakan aplikasi ini:

  • Data Lebih Akurat

Menganggarkan dana itu tidak mudah. Terkadang ada yang terlewatkan. Atau hitungannya salah ketika dilakukan secara manual. Berbeda dengan menggunakan aplikasi. Semuanya akan lebih akurat. Dan setelah dilakukan budgeting, kamu juga bisa melakukan review dengan cara yang lebih mudah.

  • Proses Menyusun Data Lebih Cepat dan Mudah

Dalam melakukan penganggaran, data akan dibuat. Dan proses itu membutuhkan waktu yang lama jika kamu lakukan dengan menulis manual. Berbeda jika menggunakan aplikasi ini. Pendataannya lebih cepat dan mudah.

  • Mendorong Transparansi

Untuk pemerintahan, e-budgeting ini bagian dari transparansi. Adanya korupsi itu karena keuangan yang tertutup. Berbeda jika semuanya terbuka. Semua orang bisa mengakses budgeting. Maka, korupsi bisa dicegah. Dan ini hanya bisa dilakukan jika penganggaran dilaporkan dan ditunjukkan melalui aplikasi e-budgeting.

  • Bisa Diintegrasikan

Nah, ini yang paling penting. Di dalam sebuah perusahaan atau pemerintahan, semuanya akan lebih mudah jika terintegrasi. Misalnya saja budgeting diintegrasikan dengan aplikasi finance. Akan langsung terlihat apakah budgeting sudah tepat atau tidak dengan melihat kondisi keuangan sebuah perusahaan atau pemerintahan.

Baca juga: Kiat Sukses Jualan Tanaman Hias Di Tengah Ketatnya Persaingan

Jika aplikasi ini bisa diintegrasikan, maka jika ada perubahan, aplikasi juga bisa melakukan koreksi secara langsung. Dan semua orang yang memiliki kepentingan bisa mengakses aplikasi ini dan saling mengontrol. Ini disebabkan aplikasi bisa diintegrasikan.

Nah, itulah beberapa kelebihan aplikasi e-budgeting. Apakah ini hanya untuk pemerintahan? Tentu saja tidak. Semua orang bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk keperluan penganggaran apapun.

Bahkan, untuk yang punya usaha kecil-kecilan, kamu bisa gunakan e-budgeting. Ini diperlukan untuk memastikan berapa uang yang harus kamu siapkan untuk usaha. Dan selama proses usaha, kamu tahu apakah budgeting yang sudah dilakukan itu sudah sesuai dan on the track atau tidak.

Mungkin Anda juga menyukai