Mengenal Apa Itu Distribusi dan Cara Kerjanya

Ilustrasi distribusi barang
Mengenal Apa Itu Distribusi dan Cara Kerjanya. Photo by Pexels
Waktu baca: 2 menit

Pernahkah kamu berpikir bahwa saat ini sangat mudah sekali sebagai konsumen untuk mendapatkan barang yang dibelinya. Sebagai konsumen, tidak perlu ada upaya yang sulit untuk mendapatkan barang yang kita beli. Konsumen dapat duduk manis menunggu dirumah dan barang tersebut akan diantar ke tujuan yang diinginkan.

Hal tersebut dapat terjadi karena adanya sistem distribusi. Apa sih sebenarnya distribusi? Yuk simak penjelasan berikut mengenai distribusi.

Baca Juga: 7 Strategi Memulai Usaha agar Tidak Mandek di Jalan

Apa Itu Distribusi

Arti dari kata distribusi adalah pengiriman atau penyaluran kepada konsumen ke suatu tempat. Dalam dunia bisnis, distribusi menjadi hal yang penting. Distribusi mempermudah kegiatan penyaluran barang antara produsen dan konsumen. Karena satu-satunya cara untuk menyalurkan suatu produk yang sudah diproduksi hanya dengan melakukan kegiatan distribusi.

Tujuan Distribusi

Tujuan utama distribusi memang untuk menyalurkan suatu barang. Distribusi juga memastikan bahwa kegiatan suatu bisnis berjalan dengan lancar. Berjalannya suatu bisnis adalah saat barang yang di produksi bisa diterima dengan baik oleh konsumennya. Selain itu, ada beberapa tujuan kegiatan distribusi ini dilakukan, diantaranya;

  • Sebagai Jaminan Kegiatan Produksi

Barang yang sudah diproduksi tentunya tidak akan diam saja bukan? Produsen harus menyalurkan hasil barang produksi ke konsumen. Biasanya ada pihak ketiga dalam proses ini. Pihak ketiga tersebut adalah distributor. Distributor biasanya akan memberikan jasa dibidang logistik. Pihak distributor harus memberikan jaminan bahwa barang yang disalurkan bisa sampai ke konsumen yang dituju.

  • Konsumen dapat Menerima Hasil Produksi dengan Mudah

Dengan adanya proses distribusi, konsumen tidak perlu repot-repot memikirkan cara untuk mendapatkan barang yang sudah dibeli. Proses distribusi memastikan konsumennya merasa mudah dan terlayani dengan baik untuk mendapatkan suatu barang.

  • Menjaga dan Meningkatkan Kestabilan ekonomi

Tidak dapat dipungkiri bahwa proses distribusi dapat memperlancar kegiatan perekonomian negara dengan lancar. Segala kebutuhan masyarkat dapat tersalurkan dengan baik. Oleh karena itu, proses distribusi yang baik dapat menjaga dan meningkatkan kestabilan ekonomi suatu negara.

Tipe-Tipe Distribusi

Sistem distribusi memang menyampaikan barang kepada konsumennya, tapi tidak semua dengan cara yang sama lho! Berikut ini tipe-tipe dari distribusi;

  • Distribusi dengan Cara Langsung

Seperti namanya, sistem distribusi ini menyalurkan barang produksinya kepada konsumennya secara langsung. Dalam artian, pihak produsen tidak menggunakan pihak ketiga untuk meyalurkan barangnya. Produsen disini juga berperan sebagai distributor.

  • Distribusi dengan Cara Tidak Langsung

Berbeda dengan sistem distribusi langsung, sistem distribusi tidak langsung menggunakan pihak ketiga sebagai distributor. Pihak produsen akan mengunakan jasa perantara untuk menyalurkan hasil produksinya. Cara kerja sistem produksi ini dapat dilakukan secara perorangan ataupun menggunakan jasa dari perusahaan logistik.

  • Distribusi dengan Cara Intensif

Cara kerja sistem ini biasanya antara pihak produsen dan pihak retail. Pihak produsen akan mengirimkan produknya kepada berbagai retail di beberapa lokasi. Tapi tidak semua jenis produk bisa di distribusikan dengan cara intensif. Biasanya barang yang mudah laris atau dijual yang menggunakan sistem ini.

  • Distribusi dengan Cara Eksklusif

Sesuai dengan namanya, barang-barang yang akan disalurkan biasanya barang-barang eksklusif. Tujuan utama sistem distribusi dengan cara eksklusif adalah mendistribusikan hasil produksi dengan sebesar-besarnya. Adanya kesepakatan antara pihak produsen dan pihak pengecer dalam menjalankan sistem ini.

  • Distribusi dengan Cara Selektif

Cara distribusi selektif ini biasanya sebagai solusi agar barang hasil produksi dapat tersalurkan dengan baik. Produsen pada umumnya hanya menyalurkan barang-barangnya ke beberapa daerah tertentu saja. Hal ini dikarenakan barang yang di produksi hanya laris di beberapa daerah tertentu saja.

Dapat disimpulkan distribusi sangat penting dan menguntungkan bagi pihak produsen dan konsumen. Maka dari itu, proses distribusi yang baik sangat dibutuhkan untuk kelancaran bisnis dan perekonomian.

Artikel Lainnya