Macam-macam Media Promosi Simple untuk Usaha Online

macam media promosi
Macam-macam media promosi untuk usaha online. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Dalam kebutuhan promosi, banyak media bisa dimanfaatkan. Tapi jika berbicara usaha online, media yang digunakan akan lebih simple. Promosi ditujukan untuk menyebarkan nama brand ke banyak orang sekaligus. Karena online, kemampuan promosi tentu lebih mudah dilakukan di sini. Peluang bagi fresh graduate memiliki usaha online sukses, bisa meningkat jika menggunakan media promosi yang cocok. Untuk macam-macam media promosi, kamu bisa gunakan mulai dari video, content tertulis, posting sosial media sampai iklan online. Setiap media ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Agar lebih jelas, mari bahas bersama di bawah ini:

Media Gambar

Diskon besar jadi tantangan saat ingin berhemat.
Diskon besar jadi tantangan saat ingin berhemat. Photo by Hipwee

Media gambar untuk keperluan promosi online tentu sama seperti promosi pada umumnya. Hal seperti poster dan spanduk pasti memiliki visual gambar. Gambar ini bisa dipasang pada iklan online untuk menjadi link usaha online yang sedang kamu jalankan.

Media Video

Video promosi. Photo by Pixabay

Media video adalah bentuk yang paling efektif untuk kebutuhan promosi. Baik di internet ataupun TV, kamu tentu bisa perhatikan bagaimana kebanyakan video iklan yang viral pasti berbentuk video. Hal ini karena video memiliki kelebihan dalam menyampaikan informasi.

Mulai dari arahan visual dan audio bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian target promosi. Contoh saja menggunakan tampilan video yang colorful untuk menarik mata. Untuk membuat iklan video makin mudah diingat, banyak video mengandung jingle music yang catchy.

Kelemahan media video adalah tingkat kesulitannya. Jika kamu tidak ahli dalam membuat komposisi tampilan visual dan audio yang baik, video iklan tidak akan efektif. Karena hal ini, banyak orang menyewa jasa pembuatan video untuk iklan ini. Harga jasa ini tentu juga mahal.

Media Content Tertulis

Inilah usaha rumahan modal kecil.
Media promosi tulisan. Photo by Pixabay

Media berikutnya adalah dalam bentuk tertulis. Content tertulis ini bisa berupa artikel ataupun berbagai tulisan lain yang ditujukan untuk menarik konsumen. Biasanya, artikel ini bisa dibuat dengan tujuan promosi, atau sekedar menyebarkan nama brand.

Artikel promosi bisa berupa bahasan langsung yang menjelaskan kelebihan produk. Tapi bentuk lain bisa berupa tulisan berupa tips-tips tentang yang berhubungan dengan produk. Contoh artikel yang hanya menyinggung ini bisa seperti bahasan tips-tips menjaga kesehatan yang di bagian akhir mengenalkanmu pada produk supplement.

Media tertulis ini biasanya dibuat dengan teknik SEO. Penggunaan keyword dan link building akan mempermudah search engine menemukan konten tertulis ini. Saat searching gaya hidup sehat misalnya, jika SEO baik, artikel promosi bisa muncul di salah satu pilihan search engine.

Media Posting Sosial Media

macam media promosi
Promosi melalui media sosial. Photo by @firmbee

Media berikutnya adalah posting di sosial media. Posting ini bisa berupa tulisan pendek dan gambar yang digunakan di sosial media. Tulisan sosial media ini bisa berupa iklan dengan konteks menjaring banyak konsumen. Contoh saja pengumuman diskon ataupun promosi jika retweet dan menggunakan hashtag di post tersebut.

Posting sosial media ini bisa digabungkan dengan macam-macam media promosi lain. Contoh saja menyampaikan promosi di post sosial media digabungkan dengan gambar yang menarik. Menggunakan kombinasi tersebut tentu lebih efektif daripada sekedar posting tulisan.

Bagaimana menurutmu soal bahasan di atas? Tentu asal belajar konsepnya, kamu bisa membuat media tersebut lebih unik. Sekedar tips saja, kunci setiap media promosi ini adalah SEO.
Semakin membuat media promosi tersebut dengan konsep SEO, maka search engine akan lebih mudah menemukan material promosi yang kamu jalankan. Jika mudah ditemukan dalam search engine, makin banyak orang akan melihat brandmu.

Sekian bahasan tentang berbagai macam media promosi ini. Mudah–mudahan bahasan macam-macam media promosi di atas berguna bagimu. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

Mungkin Anda juga menyukai