Cara Menghindari Penipuan Dompet Digital

Cara Menghindari Penipuan Dompet Digital
Cara Menghindari Penipuan Dompet Digital. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Penggunaan dompet digital atau e wallet dari hari ke hari semakin banyak memanen peminat. Biasanya dari media sosial, platform dompet digital menjadi dikenal. Akan tetapi seiring dengan hal tersebut ternyata cara menghindari penipuan dompet digital juga banyak dicari.

Pasalnya sebagai pembayaran nontunai yang diminati oleh masyarakat tanah air, dompet digital ternyata mengundang sejumlah oknum untuk melakukan tindak kejahatan siber. Alih-alih sebagai alternatif pembayaran nirkontak, e wallet malah membuat kekhawatiran tersendiri.

Nah bagi yang juga ingin memanfaatkan keberadaan e wallet namun khawatir akan terjebak pada putaran arus penipuan online, yuk simak cara menghindari penipuan dompet digital sebagai berikut.

Pengertian Dompet Digital

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan dompet digital itu? Secara sederhana dapat dijelaskan jika dompet digital merupakan sebuah apk elektronik yang berfungsi untuk melakukan pembayaran secara cashless.

Hal ini sesuai dengan pengertian dompet digital menurut Bank Indonesia (BI) di dalam situs resminya. Yaitu layanan elektronik yang menyimpan data pembayaran yang menampung sejumlah dana yang dapat digunakan melakukan pembayaran transaksi.

E wallet ini dapat digunakan untuk membayar transaksi secara online maupun offline. Jadi kamu dapat membayar transaksi yang ada tanpa uang ataupun tanpa kartu, cukup dengan hanya membawa HP pintar yang ada aplikasi e walletnya.

Baca juga: 6 Cara Hindari Lelang Online Penipuan di Medsos

Contoh-contoh Dompet Digital

Di tanah air, kamu akan dapat menemukan banyak pilihan e wallet yang tentu memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa aplikasi e wallet terbaik yang ada.

1. OVO 

Kamu pasti sudah tak asing lagi saat mendengar nama OVO bukan? Aplikasi OVO hingga saat ini menjadi salah satu aplikasi dompet digital terbaik dan terpopuler yang ada di tanah air. Hal tersebut karena OVO banyak sekali menyediakan penawaran menarik bagi para pemakainya.

Selain itu sistem keamanan yang dimiliki aplikasi OVO juga sudah terbukti canggih, sehingga semua proses transaksi yang menggunakan aplikasi e wallet ini dapat berjalan secara nyaman sekaligus aman.

2. GoPay 

Aplikasi e wallet yang juga banyak digunakan di tanah air adalah GoPay. Pengguna aplikasi GoPay semakin hari semakin meningkat karena jenis e wallet ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi pada ratusan mitra usaha milik GoJek.

Sebagai informasi GoPay ini merupakan layanan pembayaran milik aplikasi Gojek, sebuah aplikasi kendaraan angkutan umum online. Rasa keamanan penggunaan aplikasi GoPay didapatkan penggunanya dengan diberlakukannya penerapan sistem keamanan yang ketat. 

Contohnya adalah kewajiban untuk input PIN atau melakukan pindai entah pindai wajah atau sidik jari pemiliknya. Dimana hal itu harus dilakukan setiap kali akan bertransaksi dengan menggunakan sistem pembayaran GoPay. 

3. Dana 

Selain aplikasi OVO dan GoPay, ada juga aplikasi e wallet lain yang juga dapat dijadikan referensi pembayaran non tunai, yaitu Dana. Melalui aplikasi Dana ini maka kamu akan dapat melakukan berbagai pembayaran yang biasanya ada dalam kegiatan sehari-hari.

Misalnya melakukan pengiriman uang, membeli pulsa, membayar berbagai tagihan hingga membayar transaksi di e-commerce. Sama halnya dengan GoPay, Dana juga menerapkan sistem keamanan mumpuni untuk melindungi penggunanya.

Sistem keamanan yang digunakan adalah penerapan fitur PIN pada saat setiap kali pengguna akan melakukan transaksi. Selain itu aplikasi Dana juga memberlakukan fitur OTP. 

Serta yang paling keren, Dana berani menjamin keamanan penggunanya dengan jaminan garansi uang kembali lho!

4. LinkAja 

Aplikasi dompet digital terbaik yang juga cukup populer dan banyak digunakan di tanah air lainnya adalah LinkAja. 

Penggunaan aplikasi LinkAja ini sangat mudah untuk melakukan pembayaran kebutuhan esensial harian. Misalnya saja saat kamu ingin membeli pulsa data, mengisi token listrik, melakukan pembayaran di SPBU, untuk pembayaran transportasi umum dan lain-lainnya.

Saat ini LinkAja juga telah melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan BUMN. Yang mana hal itu dilakukan demi kemudahan bagi para penggunanya. 

5. Shopeepay 

Rekomendasi aplikasi e wallet yang kelima adalah Shopeepay. Aplikasi e wallet ini pada awalnya merupakan sebuah aplikasi sebagai alat bayar untuk transaksi pada layanan aplikasi Shopee.

Akan tetapi untuk saat ini kamu dapat leluasa menggunakan layanan dompet digital Shopeepay pada berbagai merchant yang menerima pembayaran melalui QRIS dan ShopeePay. 

Tips Terhindar dari Penipuan 

Wah ternyata aplikasi e wallet sangat bermanfaat ya. Akan tetapi bagaimana dong jika di sisi lain kejahatan siber terhadap penggunaan e wallet juga menjamur. Nah berikut ini beberapa cara menghindari penipuan dompet digital yang dapat kamu lakukan agar tak menjadi korban.

1. Simpanlah Informasi Pribadi

Cara menghindari penipuan dompet digital yang pertama adalah sesuatu yang sangat umum dan pasti, yaitu menjaga informasi pribadi. Jadi aturan pertama agar tak menjadi sasaran empuk kejahatan siber adalah menjaga hal tersebut.

Oleh karena itu jangan pernah membagikan kepada instansi/orang lain yang tidak dipercaya, berbagai informasi pribadi. Misalnya saja nomor KTP, nomor rekening Bank, nomor kartu kredit, nama lengkap, nomor telepon, alamat dan berbagai data penting lainnya.

2. Jagalah Kode OTP

Cara menghindari penipuan dompet digital yang kedua adalah jangan pernah memberikan kode OTP milikmu kepada siapapun. Hal tersebut karena kode OTP atau one-time password merupakan kode yang menjadi pengaman agar akun terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Kode OTP ini biasanya akan dikirimkan melalui pesan, telepon, ataupun email kepada pemilik akun, sebagai sarana verifikasi. Verifikasi ini biasanya digunakan untuk membuat akun, mengubah password, atau sebagai langkah konfirmasi saat melakukan transaksi.

3. Jangan Tergiur Tawaran Hadiah

Cara menghindari penipuan dompet digital yang ketiga adalah tak mudah tergiur dengan berbagai iming-iming hadiah menarik. Biasanya salah satu modus penipuan yang banyak berhasil memang mengiming-imingi calon korban dengan pemberian hadiah.

4. Jangan Lakukan transfer ke Rekening Pribadi

Cara menghindari penipuan dompet digital berikutnya adalah waspadalah jika suatu saat pada saat bertransaksi diminta untuk melakukan transfer ke nomor rekening pribadi. Biasanya permintaan ini berkaitan dengan poin nomor 3 sebelumnya.

Jadi untuk menebus sejumlah hadiah menarik, maka sang calon korban akan diminta untuk melakukan pembayaran ke sebuah nomor rekening pribadi. Nah jika kamu berada pada situasi ini, maka berhati-hatilah dan segera hindari situasi ini secepat mungkin.

5. Gunakan Selalu Situs Resmi

Cara menghindari penipuan dompet digital yang paling akhir adalah memastikan untuk hanya percaya pada berbagai informasi yang bersumber dari situs resmi.

Jika ada tawaran datang yang berasal dari platform media sosial suatu instansi atau akun, maka pastikan jika media sosial tersebut adalah media resmi milik instansi tersebut. Cara menghindari penipuan dompet digital sebenarnya sangatlah mudah. Yang paling utama adalah selalu waspada dan tak mudah tergiur dengan berbagai iming-iming dari pihak luar. Semoga setelah membaca artikel ini kamu dapat semakin berhati-hati ya!

Artikel Lainnya