5 Cara Tepat Memilih Asuransi Kesehatan untuk Anak

Memilih Asuransi Kesehatan untuk Anak.
Cara Tepat Memilih Asuransi Kesehatan untuk Anak. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Semua orang butuh perlindungan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Terlebih jika kondisi tubuh sedang melemah dan mengalami serangan penyakit. Ada kalanya, penyakit yang diderita tersebut bisa membuat keuanganmu berantakan karena mengharuskan berobat bahkan sampai harus menjalani rawat inap di rumah sakit. Pada saat itulah baru muncul kesadaran bahwa asuransi kesehatan itu penting.

Umumnya, asuransi kesehatan akan memberikan penggantian biaya kesehatan jika pemegang polis dirawat di rumah sakit karena terkena musibah kecelakaan atau penyakit. Besarnya penggantian pun tergantung dari jenis dan rencana asuransi kesehatan yang dipilih. Maka dari itu, tidak hanya orang dewasa saja yang butuh menggunakan asuransi kesehatan, anak-anak pun juga memerlukannya.

Lantas mengapa anak-anak juga membutuhkan asuransi kesehatan? Berikut beberapa alasan yang perlu diketahui:

Anak-anak lebih rawan terserang penyakit

Anak mudah sakit.
Anak mudah sakit. Photo by Pixabay

Umumnya, anak-anak memang rawan terkena penyakit. Maka dari itu, ketersediaan dana untuk perawatan kesehatan harus jadi prioritas. Selain untuk berobat, kesehatan gigi juga harus diperhatikan. Apalagi pada masa pertumbuhan, gigi anak satu persatu akan tanggal dan digantikan dengan gigi dewasa. Jadi, persiapan dana untuk kesehatan anak terutama untuk perawatan gigi tidak bisa diabaikan.

Jaminan imunisasi

Imunisasi anak.
Imunisasi anak. Photo by Suara.com

Perlu diingat bahwa imunisasi penting untuk kesehatan anak-anak di masa yang akan datang. Maka dari itu, pastikan mereka mendapatkan imunisasi. Terlebih pada usia tahun pertama anak.

Saat ini, ada imunisasi wajib yang ditanggung oleh pemerintah yang biasanya bisa kamu dapatkan di posyandu atau puskesmas terdekat. Namun, ada pula imunisasi tambahan, seperti vaksin HPV, influenza, tifoid, dan lain sebagainya, tidak ditanggung oleh pemerintah. Jadi, pastikan anak-anak mendapatkan imunisasi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang mereka.

Baca juga: Inilah Manfaat Asuransi Selain Sebagai Proteksi

Cara pilih asuransi kesehatan anak terbaik

Cara memilih asuransi kesehatan anak.
Cara memilih asuransi kesehatan anak. Photo by Pixabay

Dengan dua alasan yang sudah disebutkan di atas, sudah tentu asuransi kesehatan anak sangat diperlukan. Namun, kamu pasti akan bingung untuk memilih asuransi karena pada dasarnya sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menyediakan asuransi kesehatan anak.

Nah, agar kamu tidak bingung saat memilihnya, ikuti beberapa cara pilih asuransi kesehatan anak terbaik yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya

Saat ini banyak perusahaan asuransi yang menyediakan fasilitas asuransi kesehatan anak. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu sebagai orang tua untuk memilih perusahaan asuransi dengan baik. Usahakan untuk memilih perusahaan asuransi yang dapat dipercaya. Perusahaan asuransi yang dapat dipercaya harus sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain terdaftar di OJK, perusahaan asuransi yang terpercaya juga dapat memberikan layanan yang bagus dan berkualitas. Hal itu bisa dilihat dari agen asuransi yang profesional, perjanjian asuransi, sampai dengan harga premi dan manfaat asuransi kesehatan.

2. Manfaat asuransi yang lengkap

Setiap penyedia asuransi pasti akan menawarkan manfaat asuransi kesehatan anak yang berbeda. Manfaat yang ditawarkan mulai dari jaminan rawat inap hingga jaminan vaksinasi. Namun, perlu diingat bahwa setiap anak memerlukan manfaat dan proteksi asuransi yang berbeda. Maka dari itu, pilih asuransi kesehatan anak yang punya manfaat sesuai dengan kebutuhan anakmu.

Baca juga: Persiapkan Dana Pendidikan Anak untuk Masa Depan Lebih Baik

3. Harga premi yang sesuai dengan budget

Selain manfaat yang sesuai dengan anak, dalam memilih asuransi anak juga harus mempertimbangkan budget yang dimiliki. Idelanya, plafond asuransi kesehatan yang dipilih itu sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Jangan malah memilih asuransi yang memberatkan keuanganmu saat ini.

4. Jaringan rumah sakit yang luas

Utamakan untuk memilih asuransi dengan jaringan rumah sakit yang luas. Sebab, kamu tidak akan tahu kapan dan di mana anakmu membutuhkan bantuan medis.

5. Cara pembayaran yang sesuai

Pilihlah perusahaan asuransi yang menerima sistem pembayaran dengan kartu atau cashless, bukan sistem penagihan agar mempermudah prosesmu dalam membayar. Sehingga, saat harus dirawat, kamu tidak perlu membayar dengan uang tunai, namun cukup menggesek kartu asuransi untuk menyelesaikan tagihan.

Nah itulah beberapa hal yang perlu diketahui terkait asuransi kesehatan anak. Dengan memiliki asuransi anak, nantinya kamu tidak akan khawatir saat terjadi hal-hal di luar dugaan. Namun bukan berarti harus mengandalkan asuransi saja, kamu juga harus mengubah pola hidupmu agar kondisi seluruh keluargamu sehat dan jarang terserang penyakit.

You may also like...

Leave a Reply