Begini Cara Memulai Bisnis Online Mudah

Memulai bisnis online
Begini Cara Memulai Bisnis Online Mudah. Photo by @bkotynski
Waktu baca: 4 menit

Seiring perkembangan jaman dan teknologi, juga berimbas pada kemudahan berbisnis salah satunya dengan cara online. Cara memulai bisnis online dapat dipelajari oleh siapa saja, asalkan menggunakan panduan yang tepat. Terdapat beberapa langkah yang harus dilalui, karena memang memulai bisnis tentu harus tahap demi tahap.

Satu hal yang harus dipahami para pemulai sebelum terjun ke dunia bisnis online, setiap pelaku usaha ini melakukan aktivitas bisnis melalui internet. Beberapa hal yang dijalankan meliputi aktivitas jual beli produk atau barang secara online, bisa juga menyediakan jasa secara online dan masih banyak lagi jenis bisnis lainnya yang bisa ditemukan.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

  1. Memahami Pasar
Sekumpulan orang yang menjadi target pasar.
Pahami pasar. Photo by Pixabay

Hal pertama yang harus dipahami sebelum terjun ke dunia bisnis online adalah pasar mana yang akan dirambah. Pahami situasi yang sedang terjadi saat ini dan dampak apa yang bakal diberikan terhadap pasar. 

Namun jika sudah memiliki produk untuk dijual, fokus harus dialihkan ke bagaimana mengembangkan produk agar tetap dibutuhkan oleh pasar. Pahami teknik pemasaran di media sosial agar tetap ikut dalam arus tren meski berbeda.

  1. Memahami Kemauan Konsumen
Seorang konsumen sedang berbelanja
Pahami kemauan konsumen. Photo by Pexels

Mengenali setiap kompetitor menjadi kewajiban yang harus dilakukan para pebisnis online pemula, bisa bisnis yang sejenis atau hanya memiliki kemiripan. Ketahui apa yang ditampilkan konsumen dan apa pesan iklan yang ingin ditujukan bagi konsumen. Setelah itu pahami kelebihan kompetitor, dengan begitu bisa menawarkan hal yang lebih dari mereka.

  1. Analisis Preferensi
Seorang pria sedang menganalisis.
Analisis preferensi. Photo by Pexels

Setelah memahami apa yang terjadi di pasar dan mengenali kompetitor hingga keunggulan yang dimiliki, langkah selanjutnya adalah mengetahui penilaian konsumen. Apakah mereka suka dengan produk dan layanan yang ditawarkan atau tidak, hal ini bisa diketahui dengan testimoni mereka setelah membeli atau menggunakan.

  1. Riset Pasar
Seorang pria sedang melakukan riset
Riset pasar. Photo by Pixabay

Setelah menganalisis preferensi atau ketertarikan konsumen, langkah selanjutnya melakukan riset pasar. Hal ini dilakukan demi menemukan peluang bisnis, bisa dilakukan dengan dua cara seperti menentukan demografi pasar dan mengenali psikografi target konsumen. 

  1. Mengembangkan Ide dan Digitalisasi
Papan kertas bertuliskan innovation
Mengembangkan ide dan digitalisasi. Photo by Pixabay

Setelah memahami pasar, para pemula bisa menentukan jenis produk apa yang akan dijual lewat online. Kemudian membuat buyer persona dan terakhir adalah memilih platform yang dipakai untuk berbisnis online. 

Baca juga: Pahami Apa Itu Bisnis Online dari Keuntungan dan Tujuannya

Tips Memulai Bisnis Online

  1. Membuat Website
Tampilan saat membuat website
Mermbuat website. Photo by @campaign_creators

Website adalah toko jika diibaratkan bisnis offline, hal ini dikarenakan dalam sebuah survei menyebut sebanyak 56 persen orang tidak percaya pada bisnis online yang tidak memiliki website. Jika tidak memiliki website, para pelanggan akan beralih mencari alternatif tentunya kompetitor yang memiliki website.

Fungsi lain website juga untuk meyakinkan para calon pembeli bahwa bisnis online yang dimiliki tidak tipu-tipu belaka. Salah satu cara meyakinkan para pelanggan adalah dengan mempunyai website resmi, tentu dengan fitur canggih yang memudahkan para calon pembeli mengakses pembelian produk secara online.

  1. Gunakan Kata Kunci yang Menargetkan Konsumen
Dua orang pebisnis sedang berdiskusi terkait bisnisnya.
Gunakan kata kunci yang menargetkan konsumen. Photo by Pexels

Kata kunci akan memudahkan para calon pembeli atau pengguna jasa dalam menemukan produk yang dijual atau ditawarkan. Penamaan yang unik mampu menarik perhatian para calon pembeli, tentunya mereka tak segan mengeluarkan uang untuk itu.

  1. Buat Strategi Pemasaran yang Menarik
Tim berdiskusi untuk ubah strategi
Buat strategi pemasaran. Photo by @myleon

Strategi pemasaran dari membuat konten dapat menarik prospek dan pelanggan, karena pada dasarnya tujuan pemasaran adalah melibatkan konsumen dan menyenangkan mereka. Bahkan ketika mereka sudah menjadi pelanggan, hal itu memungkinkan pelaku bisnis online pemula mampu mengembangkan nilai dan membangun kepercayaan.

Artikel Lainnya