Melihat Peluang Bisnis UMKM Saat Pandemi

Melihat peluang bisnis UMKM
Melihat peluang bisnis UMKM. Photo by bisnis UKM
Waktu baca: 3 menit

Apakah kamu tahu apa itu bisnis UMKM? Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai bisnis UMKM, alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu apa itu UMKM. UMKM merupakan kependekan dari usaha mikro kecil menengah. Istilah ini merupakan istilah umum dalam dunia ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008.

Nah, berdasarkan pengertian UMKM yang telah disebutkan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa bisnis UMKM merupakan kegiatan bisnis yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif di sektor  usaha-usaha mikro kecil menengah yang sudah ditetapkan oleh undang-undang. Setelah membaca pengertian tersebut, pastinya kamu bisa menggambarkan kira-kira seperti apa bentuk dari bisnis UMKM. Akan tetapi, jika kamu ingin mengetahuinya lebih lanjut, silahkan simak ulasan berikut ini hingga tuntas.

Kriteria UMKM

Peluang bisnis UMKM
Kriteria UMKM. Photo by @adeolueletu

Usaha Mikro

Kriteria usaha mikro adalah usaha yang memiliki kekayaan bersih mencapai 50 juta, tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha. Hasil penjualan usaha mikro paling banyak setiap tahunnya adalah 300 juta.

Usaha Kecil

Usaha yang memiliki kekayaan bersih 50 juta sampai dengan 500 juta. Hasil penjualan bisnis setiap tahunnya antara 300 juta sampai dengan 2,5 miliar.

Usaha Menengah

Usaha menengah memiliki kekayaan bersih lebih dari 500 juta sampai dengan 10 miliar, tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha. Hasil penjualan tahunannya sampai 2,5 miliar sampai dengan 50 miliar.

Dari ke tiga kriteria tersebut, dapat diketahui bahwa bisnis UMKM merupakan bisnis yang relatif kecil bila dibandingkan dengan sebuah perusahaan. UMKM juga berdiri sendiri dan bukan merupakan sebuah anak cabang dari sebuah perusahaan. Namun, pada realitanya bisnis UMKM lebih dikenal dengan bisni yang sangat seerhana namun tetap tersturktur. Sehingga, bisnis ini dapa tetap berjalan dan meningkatkan perekonomian sebuah negara.

Baca juga: Bisnis UMKM yang Digeluti Tokoh Muslim

Peluang Bisnis UMKM

Peluang bisnis UMKM
Peluang bisnis UMKM. Photo by Pexels

Saya yakin, kamu pasti semakin penasaran mengenai bisnis UMKM. Kira-kira seberapa besar peluang bisnis UMKM?. Bisnis UMKM mempunyai kelebihan-kelebihan yang dapat dijadikan sebagai peluang untuk melakukan bisnis.

Fleksibilitas Operasional

UMKM merupakan usaha yang operasionalnya fleksibel dalam kesehariannya. Usaha ini biasanya dikelola oleh sebuah tim kecil yang masing-masing anggotanya mempunyai wewenang untuk membuat keputusan. Sehingga, UMKM dapat bereaksi dengan cepat terhadap perubahan-perubahan di dunia usaha.

Dengan kelebihan ini, dapat dijadikan peluang bagi para startup untuk memulai usahanya dengan membuka UMKM. Dengan biaya yang tidak terlalu besar, siapa pun dapat memulai UMKM yang merujuk kepada sektor ekonomi produktif.

Kecepatan Inovasi

UMKM merupakan sebuah usaha dengan tim yang tidak terlalu besar. Sehingga, anggota-anggota yang tergabung di dalamnya begitu solid dan saling mengerti. Hal ini juga berpengaruh kepada kecepatan inovasi dari UMKM. Semua ide-ide didengar dan akan segera dieksekusi meskipun ide tersebut datang dari seorang karyawan. Asalkan ide tersebut dapat membantu perkembangan usaha, ide tersebut akan segera direalisasikan.

Usaha UMKM ini dapat dijadikan peluang bisnis bagi orang-orang yang memiliki kreatifitas dalam bidangnya masing-masing. Sektor UMKM fokus dalam mengembangkan sebuah produk. Inovasi-inovasi dari produk yang dibuat tersebut menjadi semakin berkualitas.

Fokus di Sektor Spesifik

UMKM merupakan usaha yang fokus di satu bidang. Mereka akan fokus di sektor yang spesifik karena mereka tidak mengharuskan untuk membuat produk dengan jumlah besar. Akan tetapi, usaha ini membuat produk spesifik yang dijual kepada konsumen yang membutuhkan ataupun memesannya. Mereka tidak memproduksi dalam skala besar karena mereka tidak dibebani biaya sewa gedung dan gaji karyawan yang begitu besar.

Dari kelebihan-kelebihan di atas, dapat disimpulkan bahwa peluang bisnis UMKM begitu besar. Dengan biaya yang tidak terlalu besar, kamu dapat memulai sebuah usaha yang dapat meningkatkan perekonomian kamu. Selain itu, kamu juga akan mempunyai peluang yang begitu besar dalam mengembangkan bisnis kamu.

Demikian beberapa ulasan mengenai peluang bisnis UMKM. Semoga dapat menambah pengetahuan mengenai peluang bisnis UMKN. Sekian terima kasih, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai