Pahami Apa Itu Bisnis Online dari Keuntungan dan Tujuannya

Seorang pria bahagia
Pahami Apa Itu Bisnis Online dari Keuntungan dan Tujuannya. Photo by @balazscsaba2006
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Setiap orang boleh saja mendefinisikan apa itu bisnis online berdasarkan pengetahuan mereka. Kebanyakan, mereka memberikan definisi bisnis online sebagai usaha yang dilakukan secara online. Ini merupakan definisi yang paling sederhana.

Akan lebih utuh jika kamu membuat definisi apa itu bisnis online dari segi apa kelebihan atau keuntungannya serta tujuan membangun bisnis secara online. Bahkan, dengan melihatnya dari sudut pandang ini, kamu akan lebih mengerti kenapa sih banyak orang yang melakukan bisnis online.

Apa Saja Keuntungan Menjalankan Bisnis Online

ilustrasi orang merasa senang
Keuntungan bisnis online. Photo by Pexels

Agar lebih mengerti apa itu bisnis online, kamu bisa cari tahu apa keuntungan menjalankan bisnis secara online. Setidaknya, ada tiga keuntungan, yaitu fleksibilitas, efektivitas, dan efisiensi. Mari kita bahas satu per satu.

Kenapa bisnis online dikatakan fleksibel? Karena bisnis online bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bahkan, kamu yang berada di pelosok tetap bisa melakukan bisnis secara online. Asalkan ada jaringan internet, kamu bisa menjadi seorang pebisnis online. Karena fleksibel, kamu tidak harus meninggalkan pekerjaan atau kegiatan setiap hari. Kamu bisa bekerja seperti biasa seperti bekerja di kantor sambil juga menjalankan bisnis online.

Keuntungan yang kedua adalah efektivitas. Dalam bisnis, tentu saja ada bagian-bagian tertentu, seperti marketing dan distribusi. Dalam hal ini, marketing secara online jauh lebih efektif. Jangkauannya bisa sangat luas. Tidak hanya lokal, tapi nasional atau bahkan global. Di sisi lain, distribusi juga jauh lebih efektif mengingat sekarang sudah ada jasa pengiriman yang siap melayani pengiriman barang sampai mana saja.

Keuntungan yang terakhir adalah efisiensi. Coba kamu hitung berapa modal yang harus kamu siapkan untuk membuat bisnis offline. Kamu harus siapkan tempat, entah itu membeli, membangun sendiri, atau menyewa. Belum lagi dengan perizinan, karyawan, dan lain sebagainya. Tempat saja kamu harus selektif. Kamu harus memilih tempat yang strategis.

Biaya yang harus kamu siapkan untuk membangun bisnis online jauh lebih murah. Kamu bisa mengefisiensikan budget secara lebih baik lagi. Kamu hanya perlu gudang untuk tempat barang. Kamu tidak perlu toko atau kantor yang berada di pinggir jalan yang biasanya harga sewanya selangit.

Nah, jadi lebih paham bukan apa itu bisnis online?

Baca juga: Daftar Bisnis Online untuk Pelajar yang Ingin Bantu Perekonomian Keluarga

Beberapa Tujuan Berbeda Seseorang Membangun Bisnis Online

Prinsip kerja
Tujuan membangun bisnis. Photo by Pixabay

Lalu, apa sih yang membuat banyak orang yang terjun di bisnis online? Dalam hal ini, masing-masing orang pasti memiliki tujuan yang berbeda kenapa mereka akhirnya membangun bisnis online. Namun, setidaknya ada 3 tujuan yang paling sering diutarakan.

  • Sebagai Passive Income

Yang pertama, tujuannya adalah untuk mendapatkan passive income atau pendapatan yang pasif di mana seseorang tidak perlu bekerja. Ada beberapa jenis bisnis online yang memang bisa dijalankan secara automatic. Misalnya saja bisnis online menjadi publisher, referral atau dropshipper.

  • Tambahan Pemasukan

Banyak juga orang yang punya pekerjaan setiap hari tapi memiliki usaha sampingan berupa bisnis online. Tujuannya agar pemasukan lebih banyak. Tidak hanya berasal dari kantor di mana mereka bekerja.

  • Persiapan Resign

Tidak sedikit juga orang yang menjalankan bisnis online secara serius. Mereka tidak ingin terus menerus bekerja dengan orang lain. Sambil bekerja, mereka menyiapkan bisnis online di mana ketika bisnis sudah siap, mereka akan resign.

Kalau kamu, kira-kira apa tujuan kamu menjalankan bisnis online? Yang pasti, pahami benar-benar apa itu bisnis online, apa saja segmen bisnis yang bisa dijalankan secara online, lalu pelajari dengan sebaik mungkin. Kompetisi di sektor ini semakin ketat sehingga hanya orang yang punya pondasi kuat saja yang biasanya bertahan.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai