5 Jenis Bisnis yang Bisa Dilakukan di Desa

Bisnis yang bisa dilakukan di desa.
Bisnis yang bisa dilakukan di desa. Photo by Kompas
Waktu baca: 3 menit

Banyak yang mengira bahwa di kampung halaman mungkin tidak bisa menghasilkan penghasilan sebesar di perantauan. Padahal sudah ada beberapa bisnis kecil-kecilan yang dilakukan di kampung halaman atau desa yang menguntungkan. Jadi, bagi kamu yang bercita-cita untuk berbisnis, mungkin 5 bisnis yang bisa dilakukan di desa ini bisa dijadikan pertimbangan olehmu.

Warung makan

Bisnis yang bisa dilakukan di desa.
Warung makan. Photo by Media Indonesia

Siapa bilang membuka bisnis warung makan di desa tidak menguntungkan? Bisnis warung makan ini sudah tentu akan menjadi bisnis yang laris. Hal itu karena setiap orang butuh makan setiap hari dan tidak semua orang sempat untuk memasak. Walaupun sudah memasak, bisa saja mereka akan membeli nasi putih di warung makanmu. Atau mungkin saja membeli lauk tertentu yang sudah jadi menu andalan. Maka dari itu, bisa dikatakan bisnis ini akan laku setiap harinya.

Tips tambahan, jika kamu berniat ingin membuat warung makan di desa jangan lupa juga sediakan aneka jajanan pasar. Karena biasanya banyak yang mencarinya loh.

Peternak ayam

Bisnis yang bisa dilakukan di desa.
Peternakan ayam pedaging. Photo by Hipwee

Jika merasa ternak sapi atau kambing membutuhkan modal yang besar, tidak ada salahnya kamu mencoba ternak ayam yang biayanya lebih terjangkau. Ayam yang diternak usahakan ayam kampung ya. Perlu diingat lagi TemanKlik, bahwa saat beternak ayam, sudah tentu yang banyak diincar ialah telur dan dagingnya. Maka dari itu, kamu tidak akan merasa rugi deh karena kedua hal itu pasti akan selalu dicari oleh orang-orang.

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Bisnis Peternakan

Pangkas rambut

Bisnis yang bisa dilakukan di desa.
Pangkas rambut. Photo by Detik

Salah satu ide bisnis yang mungkin sedikit dilakukan oleh orang-orang di desa ialah bisnis pangkas rambut. Bisnis ini dibilang menguntungkan. Apalagi jika tidak ada pesaing usaha yang beroperasi di dekat rumahmu. Meski berbisnis di desa, usahakan untuk selalu up-to-date dengan gaya rambut kekinian. Dan jangan lupa, buat tempat pangkas rambut yang kamu miliki ini senyaman mungkin agar pelanggan juga merasa nyaman dan tidak bosan menunggu giliran untuk dipangkas rambutnya.

Konter pulsa

Bisnis yang bisa dilakukan di desa.
Konter pulsa. Photo by Info Perbankan

Meski di perkotaan bisnis ini sudah mulai redup, tapi di perkampungan masih cukup laris loh. Apalagi jika di sekitarmu belum banyak yang punya rekening bank. Bisnis konter pulsa ini cocok untuk desa yang sedang berkembang dan mulai terbuka dengan peluang ekonomi baru seperti di kota.

Di desa berkembang rata-rata warganya pasti mulai menggunakan ponsel untuk berkomunikasi. Mereka tentu membutuhkan pulsa untuk bisa menggunakannya. Maka dari itu bisnis ini sangat cocok sekali untuk dijalankan.

Toko sembako

Toko sembako.
Toko sembako. Photo by Bisnis UKM

Di manapun toko sembako itu pasti menjadi usaha yang bisa dikatakan menguntungkan. Sembako atau sembilan bahan pokok memang akan selalu dicari oleh masyarakat, tak terkecuali masyarakat di desa. Untuk membuat tokonya, kamu tidak perlu besar-besar. Kamu bisa mengandalkan ruangan yang ada di rumahmu. Usahakan toko tersebut tertata rapi ya agar orang tidak merasa malas berbelanja di toko sembakomu.

Itulah beberapa bisnis yang bisa di lakukan di desa. Jadi kamu tidak perlu khawatir bagi yang merasa di perantauan tidak mendapatkan penghasilan yang memuaskan. Kamu bisa mencoba beberapa bisnis tersebut di kampung halaman. Namun perlu diingat bahwa bisnis bisa menguntungkan jika pemiliknya dapat mengolah dengan baik dan benar. Maka dari itu perlu memahami tips mendapatkan pelanggan setia.

Mungkin Anda juga menyukai