Macam-macam Media Promosi melalui Media Sosial

ilustrasi promosi melalui media sosial
Macam-macam Media Promosi melalui Media Sosial. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Media sosial merupakan salah satu platform promosi yang belakangan ini sangat populer. Ada banyak sekali macam macam media promosi sosial media yang bisa kamu gunakan. Untuk kamu yang ingin menggunakan media sosial untuk promosi, maka berikut ini adalah beberapa rekomendasi sosial media yang paling baik untuk media promosi. 

Facebook 

macam macam media promosi
Facebook. Photo by Pixabay

Sosial media promosi yang pertama bisa kamu gunakan untuk mempromosikan brand dan produk kamu adalah media Facebook. Facebook ini masih merupakan salah satu platform media sosial yang populer dengan jutaan pengguna. Sosial media ini merupakan sosial media yang sangat populer karena konten yang dimilikinya. 

Meski saat ini sudah ada banyak sosial media yang lain yang lebih diperhatikan, akan tetapi untuk promosi dan juga memperluas pengenalan brand dan produk pada publik, Facebook masih bisa disebut sebagai platform yang paling baik. 

Apalagi dengan adanya Facebook page yang bisa di link ke Instagram membuat penjualan produk melalui Facebook menjadi lebih mudah dan menguntungkan. Pasalnya dengan adanya Facebook page ini kamu bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. Apalagi jika kamu memanfaatkan promosi yang berbayar, maka akan makin luas lagi exposure yang akan kamu dapatkan. 

Baca juga: Cara melakukan promosi gratis di Facebook

Instagram 

macam macam media promosi
Instagram. Photo by @katerinapavlickova

Satu dari macam macam media promosi yang bisa kamu gunakan adalah Instagram. Instagram adalah salah satu platform yang sangat menarik. Hal ini disebabkan karena platform ini ditujukan untuk berbagi gambar-gambar dengan format yang sangat cocok untuk promosi.

Kamu bisa membagikan gambar dengan kualitas yang baik dengan tampilan yang estetik untuk mendapatkan perhatian dari customer kamu. Dengan menggunakan Instagram, kamu juga bisa memberikan informasi lebih mendetail pada konsumen kamu mengenai produk yang kamu miliki. 

Misalnya kamu memiliki produk berupa makanan, kamu bisa memberikan informasi detail mengenai hal apa yang membuat makanan kamu menarik dari segi penampilan yang dimilikinya. Hal menarik lain adalah Instagram saat ini sudah bisa digunakan sebagai media promosi secara profesional dengan adanya fitur Instagram for business sehingga pemasaran produk kamu bisa dieksplor dengan lebih menarik di platform sosial media ini. 

Youtube

Jadi seorang Youtuber.
Youtube. Photo by @rachitank

Meski kamu tidak bisa jualan secara langsung, akan tetapi YouTube merupakan salah satu alat promosi yang sangat powerfull. Kamu bisa membuat konten dengan bekerja sama dengan influencer atau bisa juga membuat video Review di media sosial sebagai media promosi ini. Di YouTube kamu bisa membuat video promosi yang lebih panjang sehingga bisa memberikan review dan penjelasan maksimal untuk produk yang kamu miliki.

Pinterest 

Pinterest. Photo by @charlesdeluvio

Sosial media yang bisa kamu gunakan sebagai alat promosi selanjutnya adalah Pinterest. Pinterest merupakan salah satu sosial media yang menarik dan sangat kuat terutama untuk kamu yang baru ingin mencari konsumen baru. 

Pinterest sering kali memberikan rekomendasi pada penggunanya mengenai produk-produk atau gambar serupa yang menarik bagi penggunanya. Hal ini bisa menjadi salah satu cara bagi kamu untuk memaksimalkan promosi produk kamu. 

Hal ini sangat mungkin terjadi karena di Pinterest mereka yang direkomendasikan dengan posting-posting dari brand kamu adalah mereka yang potensial membeli barang kamu. Contohnya, ketika kamu menjual celana untuk mereka yang memiliki ukuran besar, kamu bisa dipromosikan oleh Pinterest dalam image suggestion dari Pinterest untuk konsumen yang sedang mencari produk sesuai dengan query mereka.

Nah, demikian macam macam media promosi yang bisa kamu gunakan untuk memperluas promosi untuk brand kamu. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk mengembangkan bisnis kamu ya!

Mungkin Anda juga menyukai