TikTok, Salah Satu Media Sosial Sebagai Media Promosi

media sosial sebagai media promosi
TikTok, salah satu media sosial sebagai media promosi. Photo by KliKCair
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 5 menit

Media sosial sebagai media promosi di era ini cukup efektif dan mampu menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak pelaku bisnis. Apalagi saat ini ada macam-macam sosial media yang bisa kamu pilih dan dimanfaatkan secara maksimal untuk kemajuan bisnismu. Misalnya saja Facebook yang banyak sekali penggunanya, Twitter, Instagram, dan saat ini yang sedang populer adalah TikTok.

Di mana TikTok ini merupakan media hiburan, tetapi juga cukup ampuh untuk diandalkan dalam melakukan promosi produk. Didukung saat ini sedang banyaknya orang yang menggemari aplikasi TikTok, sehingga ini menjadi peluang yang besar untukmu menggunakan media sosial tersebut sebagai media promosi.

Kekuatan media sosial seharusnya tidak perlu kamu ragukan lagi. Cara promosi barang online dengan mengandalkan media sosial berbeda jauh dengan promosi secara manual yang menggunakan pamflet, baliho, dan semacamnya. Pastinya jangkauan promosi dengan media sosial lebih jauh, sehingga branding dari produkmu akan semakin cepat tercapai.

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

Media sosial
Manfaat media sosial untuk bisnis. Photo by @nordwood

Ada segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan jika melakukan promosi dengan menggunakan media sosial. Agar semakin mantap menggunakan media sosial, berikut adalah manfaat menggiurkan yang bisa didapat.

Sangat Membantu Menemukan Konsumen Baru dan Target Pasar yang Luas

Menggunakan media sosial sebagai media promosi di internet adalah cara yang efektif untuk bisa mendapatkan konsumen baru serta memperluas pasar. Hal ini dikarenakan sebagian besar penduduk dunia memiliki akun media sosial dan media tersebut memungkinkan untuk saling menghubungkan antara satu orang dengan orang yang lain di seluruh dunia. 

Misalnya saja dengan TikTok yang saat ini sedang tren. Di TikTok inilah orang bisa menjadi terlibat serta terinspirasi oleh adanya kampanye pemasaran. Setiap pelaku usaha akan membuat versinya sendiri dan brand milikmu akan mengalami dampak kampanye tersebut, yang salah satunya bisa memperluas pasar.

Membagikan Informasi Lebih Cepat

Bisa dibayangkan jika kamu melakukan promosi dengan menggunakan selebaran, di mana tidak hanya terbatas jangkauannya tetapi juga informasi yang disampaikan akan berproses secara lambat. Berbeda dengan media sosial, seperti cara promosi gratis di facebook yang bisa menyampaikan informasi secara mudah dan cepat.

Kamu hanya perlu meng-klik “Share” untuk setiap media sosial yang kamu gunakan, dan informasi dengan sekejap akan tersebar. Media sosial mampu menampilkan secara real time, sehingga semua yang kamu posting akan langsung muncul di timeline followermu.

Lebih Dekat Dengan Konsumen

Macam-macam media sosial yang kamu gunakan sangat memungkinkan untuk melakukan interaksi dengan para konsumen. Kamu bisa berkomunikasi sebelum, pada saat, dan setelah konsumen menggunakan produkmu. Di mana ‘sebelum’ adalah ketika calon konsumen  bertanya-tanya tentang produk kamu. Lalu ‘pada saat’ adalah ketika konsumen sudah menggunakan produkmu, serta ‘setelah’ adalah ketika konsumen sudah merasakan manfaat dari produk yang kamu tawarkan. Sehingga dirinya turut merekomendasikan produk tersebut pada pengguna media sosial lain, yakni follower-nya.

Meningkatkan Brand Awareness Dengan Biaya Minim

Seperti halnya cara promosi halaman facebook gratis, media sosial sangat memungkinkan untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang minim bahkan gratis. Kamu cukup mengambil gambar produk dengan angel dan kualitas yang eye catching, lalu memposting di media sosial kamu yang disertai dengan caption menarik. Dan tinggal klik “Share” saja. Produk kamu sudah bisa dilihat oleh para pengguna media sosial, khususnya followermu.

TikTok Sebagai Aplikasi Hiburan Sekaligus Media Pemasaran Yang Bagus

media sosial sebagai media promosi
TikTok sebagai aplikasi hiburan dan promosi. Photo by @helloimnik

Selain melakukan promosi media sosial dengan menggunakan beragam jenis media sosial, aplikasi TikTok yang kini sedang nge-tren juga bisa menjadi pilihan kamu untuk menjalankan pemasaran secara bagus. 

Lalu apa alasannya TikTok bisa menjadi media pemasaran yang bagus?

Pengguna Aktif Mencapai 500 Juta

Pengguna aktif TikTok mencapai 500 juta yang menjadi pencapaian terbesar dari aplikasi ini. Bukan hal yang mustahil angka tersebut akan terus mengalami peningkatan. Kebanyakan para penggunanya memakai TikTok untuk menciptakan konten berupa gerakan karena TikTok menyediakan pilihan musik-musik yang menarik. Dan penggunaan TikTok saat ini pun dinilai efektif untuk melakukan cara promosi online shop.

Fitur Yang Mudah Dioperasikan

Untuk bisa menciptakan konten yang menarik, kamu tidak perlu melakukan pengeditan yang cukup rumit. Dengan TikTok inilah, konten yang kamu buat bisa menarik dan mampu menyedot perhatian orang.

Konten Yang Sering Di-share

Konten dari TikTok lebih sering di-share. Pastinya hal ini menjadi sangat menguntungkan untuk kamu yang berbisnis, di mana bisa menyebarluaskan produkmu. Ini bisa menjadi cara promosi makanan online yang tepat. Jadi, pastikan kamu terus berinovasi dan membuat konten sekreatif mungkin.

Banyak Digunakan Oleh Influencer

Tidak sedikit influencer yang menggunakan TikTok. Apalagi saat ini keberadaan influencer sangatlah mendukung kegiatan bisnis. Ketika suatu platform sudah digunakan oleh influencer, maka secara otomatis akan banyak fans yang juga mengikuti jejak sang influencer untuk menggunakan. Kamu bisa ambil kesempatan ini untuk menyebarluaskan produkmu.

Strategi Mendongkrak Penjualan dengan TikTok

menjaga pertumbuhan investasi jadi strategi hadapi pelemahan ekonomi global
Strategi mendongkrak penjualan dengan TikTok. Photo by Pixabay

Menjalankan trik jualan di facebook telah dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Hal ini terbukti mampu meningkatkan penjualan dan bisa menjangkau banyak konsumen. 

Tidak kalah dengan Facebook, saat ini ada aplikasi TikTok yang juga mencuri perhatian banyak orang. Seiring berjalannya waktu, kepopuleran TikTok dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk menjalankan aktivitas pemasaran. Ada berbagai strategi yang bisa kamu jalankan untuk mendongkrak penjualan dengan menggunakan TikTok. Diantaranya sebagai berikut.

Sering Posting Video

Semakin banyak mem-posting video di TikTok, maka semakin luas juga penyebaran kontennya. Oleh karena itu, dalam upaya mendongkrak penjualan, kamu harus sering-sering untuk mem-posting video. Jadwalkan dalam sehari kamu akan mem-posting sekitar satu sampai dua video. 

Penggunaan Hashtag Yang Sesuai

Di dalam menu Discover, konten akan diurutkan sesuai hashtag yang sedang trending. Oleh karena itu, pastikan hashtag yang kamu buat sudah sesuai. Sehingga bisa benar-benar membantu kamu untuk bisa menyebarkan konten tersebut. 

Akan lebih baik jika kamu menggunakan hashtag spesifik agar konten bisa mendapat spotlight. Dan jangan lupa untuk turut memberikan hashtag berupa #fyp agar bisa tampil di halaman depan pengguna.

Kolaborasi Dengan Influencer

Saat ini sudah banyak influencer TikTok dengan audiens yang tidak sedikit dan sesuai dengan target pasar. Kamu bisa merencanakan untuk berkolaborasi dengan mereka guna mendongkrak penjualan. 

Memasang Iklan

TikTok memungkinkan kamu untuk memasang iklan secara mudah karena adanya sistem periklanan formal. Ada berbagai fitur iklan yang bisa dimanfaatkan, di mana kamu bisa berkreasi menghasilkan konten yang membuat penonton ingin mencoba menggunakan produk kamu.

Buat Deskripsi Yang Jelas

Selain mem-posting video, kamu juga harus membuat deskripsi yang jelas agar diminati oleh target pasar kamu. Misalnya saja informasi tentang keuntungan yang diperoleh setelah menggunakan produk yang kamu tawarkan. Jangan lupa sesuaikan juga dengan SEO agar produk kamu bisa ditemukan konsumen secara mudah.

Jadi, TikTok bisa menjadi pilihan media sosial sebagai media promosi yang bisa kamu gunakan sebaik mungkin. Pastikan gunakan strategi yang tepat agar banyak konsumen yang penasaran dengan produkmu.


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mungkin Anda juga menyukai