Panduan Belajar Iklan di Facebook Ads untuk Pemula

belajar iklan di Facebook
Panduan belajar iklan di Facebook Ads untuk pemula. Photo by @willfrancis
Waktu baca: 3 menit

Facebook adalah media sosial yang sudah sangat populer. Banyaknya yang sudah menggunakan Facebok membuatnya sebagai salah satu media alternatif dalam mengiklankan jasa atau produk yang kamu miliki. Namun untuk kamu yang masih kebingungan cara beriklan melalui Facebook, yuk simak cara belajar iklan di Facebook Ads berikut ini.

Cara beriklan melalui Facebook Ads

belajar iklan di Facebook
Cara beriklan di Facebook Ads. Photo by Socialbakers

Untuk memulai iklan di Facebook Ads sebenarnya cukup mudah dilakukan. Agar bisa masuk ke Facebook Ads, maka kamu bisa langsung menuju ke menu yang ada di sebelah kanan di pojok atas dari profil Facebook. Lalu klik ikon panah kemudian pilih “Create Ads”. Nah, secara otomatis kamu akan berada di halaman Facebook Ads Manager. Jika sudah, kemudian ikuti panduan belajar iklan di Facebook berikut ini.

Melakukan pengaturan Facebook Ads

Setelah tadi kamu berada di halaman Facebook Ads Manager, selanjutnya akan diarahkan ke form yang berisi pengaturan Facebook Ads. Lalu isi semua data yang memang dibutuhkan. Di tahapan inilah dilakukan setting iklan. Dari mulai pilih jenis iklan, menentukan target audiens, nama campaign, setting budget dan mengatur jadwal tampilan iklan. Jika semua data sudah diisi, selanjutnya klik “Continue”. Kamu nantinya akan diarahkan ke halaman berikutnya, lalu klik “Create New Ads”. Ikuti langkah dibawah ini agar dapat mengatur konten yang nantinya diiklankan.

  • Kamu bisa memilih Fanpage bisnis yang kamu miliki
  • Lalu tentukan format iklan yang digunakan. Apakah berbentuk video, slideshow, atau gambar
  • Jangan lupa agar mengisi halaman deskripsi iklan yang dibuat semenarik mungkin
  • Klik Confirm. Selesai deh belajar iklan di Facebook untuk tahap ini
  • Mengatur tagihan Facebook Ads

Jika semua data yang dibutuhkan di Facebook Ads sudah diisi, maka tahap berikutnya adalah akan diarahkan ke halaman “Payment” yang kemudian kamu bisa memilih metode pembayarannya. Nah, sampai saat ini kamu sudah berhasil untuk membuat iklan di Facebook.

Pastikan hal berikut ini sebelum memulai Facebook Ads

Bisnis event organizer.
Memastikan beberapa hal sebelum memulai Facebook Ads. Photo by Pexels

Setelah mengetahui panduan belajar iklan di Facebook Ads seperti pada pembahasan di atas, maka ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai Facebook Ads. Supaya bisa menggunakan layanan dari Facebook Ads, maka pastikan jika kamu sudah membuat akun bisnis atau fanpage. Jangan pernah mencampurkannya dengan akun personal. Hal ini dikarenakan bisa berdampak terhadap kredibilitas bisnis yang akan kamu jalankan. Tentunya kamu juga tidak bisa memakai fitur iklan yang berasal dari Facebook jika menggunakan akun personal. Untuk itu buatlah fanpage supaya bisa mempromosikan produk bisnis yang kamu miliki.

Jika fanpage sudah terbentuk, lalu yang paling penting adalah dengan menyiapkan kontennya. Walaupun berbayar, namun bukan berarti kamu tidak memperhatikan kualitas kontennya, ya! Karena Facebook Ads ini hanyalah sebagai media dalam mendistribusikan konten yang telah dibuat ke target yang spesifik. Untuk itu konten yang nantinya di share harus tetap menarik, informatif, dan pastinya berkualitas tinggi, agar peluang untukmu maupun peluang bagi fresh graduate bisa semakin tinggi.

Kemudian jangan lupa juga untuk menentukan target audiens sesuai dengan minat, usia, gender, hingga jenjang ekonomi. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Yang pasti hal ini bisa membantumu dalam memaksimalkan iklan ke audiens yang lebih spesifik. Bagaimana, mudah kan belajar iklan di Facebook Ads!

Mungkin Anda juga menyukai