Kiat-kiat Daftar Kartu Pra Kerja Secara Online

Kiat daftar kartu pra kerja secara online.
Cara membuat kartu pra kerja. Photo by Antara Foto
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Pandemi corona yang tidak kunjung usai memang sangat berdampak pada perekonomian warga. Bahkan diperkirakan efek dari pandemi ini akan masih teras hingga 2021 nantinya. Untuk itu bantuan pemerintah sangat diperlukan oleh masyarakat untuk bertahan hidup di tengah pandemi ini. Salah satu bantuan yang sangat dinantikan selain BLT adalah bantuan pra kerja. Cara daftar kartu pra kerja bisa dilakukan secara online lho!

Adanya kartu pra kerja dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya pencari kerja. Selain akan mendapatkan bantuan senilai 2.4 juta rupiah selama 4 bulan, peserta kartu pra kerja juga akan mendapatkan bantuan pelatihan sesuai minat dan bakat senilai satu juta rupiah. Jadi, bagi kamu yang belum terdaftar pada program pra kerja, segera daftarkan diri. Berikut ini cara daftar kartu pra kerja.

Pendaftaran Melalui Website

Keuntungan kartu pra kerja
Pendaftaran melalui website. Photo by Pixabay

Pendaftaran kartu pra kerja dilakukan secara online. Cara daftar kartu pra kerja online adalah dengan masuk ke dalam dashboard pra kerja. Setelah masuk ke dalam dashboard pra kerja, maka kamu akan melihat tampilan pendaftaran. Lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir online yang tersedia.

Saat masuk ke halaman daftar kartu pra kerja online maka kamu akan diminta untuk memasukkan data diri. Pastikan data yang dimasukkan benar. Kamu juga akan diberikan beberapa pertanyaan seputar kegiatan mu dan pekerjaan. Saat mengisi data diri ini kamu harus mengisi secara jujur dan benar jika nantinya saat pengecekan ternyata diketahui data yang kamu masukkan tidak benar maka kamu akan mendapatkan masalah nantinya. 

Kamu juga sebaiknya mempersiapkan berkas kelengkapan sebelum mendaftar. Siapkan KTP dan KK sebelum mulai melakukan pendaftaran. Kebanyakan peserta gagal saat mendaftar karena salah memasukkan nomor KK. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap program ini kadang membuat traffic website menjadi penuh. Jadi, jika nantinya saat submit formulir mengalami trouble sebaiknya tunggu beberapa saat dan ulangi kembali. Jika masih gagal, kamu harus menghubungi cs.

Baca juga: Keuntungan Kartu Pra Kerja untuk Karyawan

Tahap Seleksi Awal

Cara daftar kartu prakerja.
Ikut tes tahap seleksi awal. Photo by Pexels

Setelah kamu mengisi formulir daftar kartu pra kerja online, langkah selanjutnya adalah mengikuti tes. Akan ada beberapa soal yang harus kamu kerjakan. Tujuan dari tes ini untuk menentukan minat dan bakat. Saat mengerjakan tes kamu boleh menggunakan alat bantu seperti kertas pensil dan lainnya.

Setelah mengikuti tes maka kamu hanya perlu menunggu hasil seleksi selanjutnya. Biasanya hasil seleksi akan keluar beberapa hari setelah gelombang di tutup. Hingga saat ini total sudah ada 11 gelombang dan rencananya akan dilanjutkan lagi di tahun 2021. 

Agar tidak ketinggalan, maka persiapkan dirimu untuk gelombang yang akan datang. Jika kamu sudah pernah mendaftarkan diri dan tidak lolos, jangan berkecil hati. Kamu masih boleh ikut pada gelombang selanjutnya tanpa perlu melakukan proses pendaftaran dan tes lagi. Cukup lakukan login pada dashboard pra kerja lalu masuk ke gelombang pendaftaran selanjutnya. 

Apabila hingga 3 kali kamu gagal, maka lakukan pengisian formulir pada halaman pra kerja. Akan dilakukan evaluasi mengapa kamu bisa gagal hingga 3x. Bisa jadi penyebabnya adalah karena kamu telah mendapatkan bantuan pemerintah lainnya sebelum mendaftar pada program par kerja. Karena, mereka yang sudah mendapatkan bantuan lainnya oleh pemerintah tidak bisa mendapatkan program pra kerja ini. 

Lolos tidaknya seseorang juga ditentukan oleh kuota. Jika kuota gelombang tersebut penuh, maka kamu harus ikut gelombang berikutnya. Pemilihan peserta yang lolos juga berdasarkan prioritas. Mereka yang lebih membutuhkan akan diprioritaskan terlebih dahulu untuk lolos.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai