Cara Daftar Kartu Pra Kerja yang Perlu Dipahami

Cara daftar kartu prakerja.
Cara daftar kartu prakerja. Photo by Okezone
Waktu baca: 5 menit

Kartu pra kerja adalah salah satu program pengembangan kompetensi yang berupa bantuan biaya yang ditujukan bagi para pekerja yang di PHK, pencari kerja maupun bagi pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Pengadaan kartu pra kerja yang diusul oleh Presiden Joko Widodo dibagikan lebih cepat dari rencana awalnya, dikarenakan kegiatan ekonomi Indonesia yang terkena imbas Covid-19. Kehadiran kartu pra kerja Jokowi ini menjadi salah satu upaya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan perekonomian Indonesia tetap bisa berjalan selama pandemi Covid-19.  

Rincian Bantuan Biaya yang Diterima Peserta Kartu Pra Kerja

Cara daftar kartu prakerja.
Rincian bantuan biaya yang diterima. Photo by Pexels

Dengan adanya kartu pra kerja memang sangat membantu para pekerja Indonesia untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan terkait dunia bisnis maupun lainnya. Selain itu, bagi peserta yang mendaftar dan lolos untuk memperoleh kartu prakerja maka akan memperoleh uang sebesar Rp3.550.000 selama mengikuti program tersebut. Untuk rincian bantuan insentif ini sudah meliputi biaya pelatihan Rp1.000.000 dan insentif yang bisa dicairkan berjumlah Rp2.400.000 yang diberikan secara bertahap yaitu Rp600.000 per bulannya. Setelah dana intensif diberikan selama 4 bulan maka kamu juga akan memperoleh dana insentif sebesar Rp150.000 jika sudah melakukan survei. Insentif kartu pra kerja tersebut tentu bisa kamu peroleh tanpa perlu bekerja secara banting tulang, sebab kamu hanya perlu lolos dan mengikuti pelatihan yang diinginkan maka kamu bisa langsung memperoleh insentif selama empat bulan.

Keuntungan Kartu Pra Kerja

keuntungan koperasi.
keuntungan koperasi. Photo by Moneywise

Kartu pra kerja memang dikeluarkan lebih awal karena dampak pandemi corona yang sangat besar bagi perekonomian Indonesia. Keberadaan kartu pra kerja ini diharapkan dapat menjadi solusi dan memberikan keuntungan bagi para pekerja Indonesia. Lebih jelasnya, berikut beberapa keuntungan kartu pra kerja yang bisa kamu peroleh jika berhasil lolos dan memperoleh kartu tersebut, yaitu:

  • Meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan untuk mencari informasi mengenai pelatihan.
  • Mampu meningkatkan keterampilan yang dapat digunakan untuk kebutuhan berwirausaha maupun industri.
  • Dapat membantu meminimalkan biaya pelatihan yang ditanggung oleh perusahaan dan pihak pekerja.
  • Bagi kamu yang menyelesaikan pelatihan online maupun offline bisa memperoleh sertifikat dan insentif yang bisa dicarikan serta insentif untuk ikut pelatihan.
  • Mampu meningkatkan peluang karier, dengan mengikuti pelatihan yang sesuai skill dan minat tentu kamu lebih mudah meningkatkan peluang karier.

Baca juga: 6 Tips Meningkatkan Skill Berpikir Kritis untuk Jenjang Karier

Syarat mendaftar Kartu Pra Kerja

Perbandingan syarat pinjam uang di bank dan pinjaman online.
Syarat pendaftaran kartu pra kerja. Photo by Pixabay

Bagi kamu yang tertarik memperoleh insentif dari kartu pra kerja maka wajib memenuhi persyaratan kartu pra kerja sehingga bisa lolos dan menerima kartunya. Berikut beberapa syarat mendaftar kartu prak kerja yang wajib kamu ketahui dan persiapkan, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Tidak berstatus sebagai penjabat negara, pemimpin dan anggota DRPD, ASN anggota polisi, prajurit TNI, dewan pengawas BUMN (Badan Usaha Milik Negara) atau BUMD (Badan Usaha milik Desa), direksi, komisaris, kepala serta perangkat desa.

Apabila kamu dinyatakan lolos tahap seleksi awal maka wajib memenuhi beberapa syarat lainnya agar bisa membuat akun pra kerja, yaitu:

  • Nama lengkap dan tanggal lahir sesuai KTP.
  • Nomor telepon seluler yang aktif dan tidak diganti selama lima bulan ke depan, pastikan nomor telepon seluler yang digunakan sesuai dengan data diri yang dimasukkan ketika registrasi.
  • Alamat yang sesuai KTP.
  • Pastikan nomor Kartu Keluarga  (KK) cocok dengan data di KTP.
  • Pendidikan terakhir yang ditamatkan.
  • Status pekerjaan dan jenis kelamin
  • Memotret KTP milik pendaftar untuk di upload pada aplikasi kartu pra kerja.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Yang Tepat

Cara daftar kartu pra kerja. Photo by Pixabay

Jadwal program kartu pra kerja selanjutnya memang akan segera dibuka. Untuk itu, kamu wajib mengetahui cara mengajukan kartu pra kerja. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara daftar kartu pra kerja yang bisa kamu terapkan, yaitu:

Membuat Akun Pra Kerja

Untuk bisa membuat akun pra kerja, kamu harus masuk terlebih dahulu ke dalam situs www.prakerja.go.id. Selanjutnya kamu bisa memasukkan nama lengkap, alamat email yang masih aktif dan kata sandi baru. Jika akun sudah dibuat, maka kamu bisa mengecek email yang digunakan untuk pembuatan akun pra kerja lalu ikuti petunjuk untuk mengkonfirmasi akun email tersebut. Apabila konfirmasi akun email berhasil dilakukan, maka kamu bisa langsung kembali ke situs pra kerja.

Mengisi Data Diri

Jika ingin mengisi data diri, maka kamu harus masuk ke akun pra kerja dengan alamat email dan sandi yang sudah dibuat. Lalu masukan nomor KTP beserta tanggal lahir, lalu klik berikutnya. Setelahnya, kamu akan diarahkan untuk mengisi formulir kartu pra kerja, mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, pendidikan, alamat domisili, status kerja, foto KTP serta foto selfie dengan KTP asli. Selanjutnya tekan berikutnya.

Mengikuti Tes

Apabila proses pengisian data diri ketika daftar kartu pra kerja online selesai dilakukan, maka kamu akan diarahkan ke laman selanjutnya untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan alat tulis dan alat bantu lainnya jika memang diperlukan. Ketika mengikut tes kamu tidak perlu khawatir, sebab pertanyaan yang diajukan saat tes online tersebut terbilang cukup mudah. Nah, bagi kamu yang sudah menyelesaikan tes maka bisa langsung menunggu email pemberitahuan dari kartu pra kerja. Jika sudah memperoleh email pemberitahuan, kamu bisa kembali ke situs dan bergabung ke gelombang pendaftaran.

Cara mendaftar Kartu Pra Kerja Bagi Kamu Yang Pernah Gagal Di Gelombang Sebelumnya

Cara merintis usaha kecil dengan modal kecil.
Cara mendaftar karu pra kerja bagi yang pernah gagal mendaftar. Photo by Pexels

Jika kamu sudah mengetahui cara membuat kartu pra kerja, namun masih gagal dalam proses seleksi karena gelombangnya penuh. Maka tidak perlu khawatir, sebab kamu masih bisa mengikuti gelombang selanjutnya. Untuk bisa mengikuti gelombang kartu pra kerja selanjutnya cukuplah mudah bagi kamu yang sudah pernah mendaftar di gelombang sebelumnya. Sebab kamu tinggal masuk ke situs resmi kartu pra kerja. Lalu masukkan email dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya. Bagi kamu yang berhasil melakukan login, maka bisa langsung membuka dashboard yang ada di profil akun pra kerja yang dimiliki. Klik gelombang yang tertara di laman tersebut, biasanya pilihan gelombang kartu pra kerja ini bisa di klik jika memang pendaftarannya sudah dibuka. Oleh sebab itu, kamu jangan pernah menyerah ketika mendaftar kartu pra kerja, sebab kamu masih bisa mengikuti gelombang selanjutnya jika sudah pernah gagal.

Itulah beberapa ulasan singkat terkait cara mendaftarkan kartu pra kerja serta keuntungan yang akan diperoleh. Untuk itu, bagi kamu yang ingin memperoleh bantuan biaya dari pemerintah dengan mudah maka tunggu apalagi segera daftar kartu pra kerja agar bisa memperoleh insentif selama 4 bulan. Demikianlah, semoga ulasan di atas dapat berguna dan menjadi sumber referensi terbaik bagi kamu sekalian yang sedang mencari tahu cara daftar kartu pra kerja.

Mungkin Anda juga menyukai