Kenali 4 Tips Jalani Puasa yang Perlu Dipahami

Tips jalani puasa.
Tips jalani puasa. Photo by Islampos
Waktu baca: 3 menit

Apa yang sudah kamu siapkan jelang puasa tahun ini? Tentu untuk menyambut datangnya bulan puasa terdapat banyak hal yang harus dipersiapkan. Seperti hidangan saat berbuka, baju lebaran, dan juga keperluan lain yang mendukung dalam memeriahkan bulan puasa. Namun, di tengah-tengah kesibukan kamu dalam memeriahkan bulan puasa, kamu juga harus memperhatikan pula tentang bagaimana cara menyesuaikan pola makan yang berbeda dari biasanya. Hal ini membuat awal puasa tentu akan terasa lebih berat sebab tubuh masih menyesuaikan. Oleh sebab itu, untuk menjadikan hari-hari puasa kamu menjadi lebih lancar dan menyenangkan, kami menyajikan tips jalani puasa yang dapat kamu lakukan untuk menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Yuk langsung cek penjelasan di bawah ini.

Cukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuhmu

Tips puasa
Cukupi kebutuhan tubuhmu. Photo by Pexels

Bagaimana cara menyukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh ketika puasa? Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengonsumsi 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas air putih saat berbuka, serta 4 gelas air putih di malam hari. Namun, kamu juga perlu tahu bahwa kebutuhan cairan seseorang berbeda-beda. Sehingga aturan standar 8 gelas tersebut dapat dijadikan takaran minimal kebutuhan air bagi seseorang. Sehingga, jika terdapat kebutuhan yang lebih, maka kamu dapat mengonsumsi air putih lebih dari 8 gelas per hari sesuai dengan kebutuhan air putih di dalam tubuh kamu pada biasanya.

Baca juga: Tips Tetap Sehat Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Pintar dalam Memilih Menu Sahur

tips dalam berpuasa
Pilih menu sahur yang sehat. Photo by Okadoc

Selanjutnya, kamu dituntut untuk pintar dalam memilih menu sahur. Kenapa? Dengan memperhatikan menu sahur pada menu-menu yang bergizi dan tidak cepat dicerna oleh tubuh mampu membuat tubuh lebih berenergi dan tidak mudah lapar. Kamu juga perlu memperhatikan untuk tidak mengonsumsi menu sahur yang memberikan sensasi kenyang sementara saja. Seperti bubur ayam, dan juga mie instan. Sebab makanan sejenis mie instan dan bubur ayam hanya membuat kamu akan lebih cepat lapar di siang hari. Sedangkan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi jalar dan oatmeal dapat membuat kamu kenyang lebih lama sehingga baik untuk dikonsumsi ketika sahur.

Tetap Produktif

Skipping salah satu olahraga hemat
Tetap produktif. Photo by @element5digital

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk kamu menjadi tidak produktif sebab lemas dan lesu sehingga tidak mau dan sungkan untuk berbuat apa-apa. Malahan jika kamu berdiam diri tidak melakukan apa-apa justru membuat tubuh kamu lemas dan lesu dibandingkan jika kamu tetap produktif atau tetap memiliki kegiatan. Tapi harus ingat juga bahwa jangan lakukan kegiatan yang terlalu berat yang mungkin dapat membuat kamu menjadi terlalu lemas. Jadi, jika kamu memiliki waktu luang ketika bulan puasa, maka dapat diisi dengan hobi kesukaanmu atau kegiatan bermanfaat lainnya sehingga membantu kamu terdistraksi dari rasa lapar ketika menjalankan puasa.

Kegiatan Bermanfaat Menunggu Buka Puasa

Baca Al Quran.
Baca Al Quran. Photo by Detik

Biasanya, kegiatan menunggu buka puasa dilakukan dengan ngabuburit. Bisa dengan sekedar menghabiskan waktu berkumpul dengan teman atau berburu kuliner khas bulan puasa. Akan tetapi kali ini suasana agak berbeda. Sosial distancing yang diterapkan menyusul wabah pandemi membuat kita harus tetap di rumah. Meski begitu, kamu tetap harus mengisi waktu luang kamu saat menunggu buka puasa dengan kegiatan bermanfaat. Salah satunya adalah dengan tadarus al-quran. Kegiatan ini selain bermanfaat juga mendapatkan pahala dari Allah SWT. Kamu juga bisa melakukan hal lainnya, seperti melakukan hobi kamu misalnya?

Demikian 4 tips jalani puasa yang mungkin dapat kamu jadikan sebagai cara asik ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai