Tips Tetap Sehat Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Tips sehat jalani puasa.
Tips sehat jalani puasa. Photo by Merdeka
Waktu baca: 3 menit

Semua umat Islam tengah bersiap-siap untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh semua Umat Islam. Pada bulan tersebut, semua umat Islam akan menjalankan berbagai macam amalan yang dapat mendatangkan pahala. Salah satu amalan yang akan dijalankan oleh semua umat Islam adalah ibadah puasa. Apa itu ibadah puasa? Ibadah puasa merupakan ibadah menahan diri dari segala nafsu dari mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Hampir selama satu hari, orang yang menjalankan ibadah puasa akan menahan makan dan minum. Oleh karena itu, meskipun ibadah puasa merupakan salah satu Rukun Islam yang wajib dijalankan oleh semua umat Islam, ibadah puasa menjadi tidak wajib bagi yang sudah benar-benar tidak mampu melaksanakannya.

Manfaat Ibadah Puasa

Puasa merupakan sebuah ibadah sebagai sarana untuk menunaikan kewajiban Ibadah. Puasa juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan syukur kepada Allah SWT, memperbanyak sedekah, peduli dengan sesama, dan lain sebagainya. Dengan berpuasa, kamu dapat semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, selain beberapa hal tersebut, apakah kamu tahu manfaat lain dari menjalankan ibadah puasa?           

Ibadah puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik itu kesehatan tubuh maupun kesehatan mental. Beberapa manfaat menjalankan puasa bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah dapat mengurangi racun yang ada di dalam tubuh, mengurangi kadar gula darah, mengurangi lemak, mempercepat metabolisme tubuh, dan lain sebagainya.

 Nah, sekarang kamu sudah tahu bahwa ibadah puasa memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Akan tetapi, manfaat tersebut akan kamu rasakan jika kamu menjalankan ibadah puasa tersebut dengan sungguh-sungguh. Bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat saat menjalankan puasa? Jika kamu ingin mengetahuinya, alangkah baiknya jika kamu membaca ulasan ini hingga tuntas.

Tips Tetap Sehat Saat Puasa

Di Bulan Ramadhan, kamu akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kesehatan agar puasa yang kamu jalankan benar-benar dapat bermanfaat bagi tubuh. Jika kamu belum mengetahuinya, kamu dapat melakukan beberapa tips berikut ini.

Porsi Makan Sedang

tetap sehat saat puasa
Porsi makan sedang agar tetap sehat saat puasa. Photo by Unsplash

Makanlah dengan porsi yang sedang saat sahur maupun berbuka. Jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Jika kamu makan terlalu banyak, maka kamu akan memberatkan kinerja sistem pencernaan. Selain itu, tubuh tidak bisa fokus untuk mengurangi racun yang ada di dalam tubuh. Jika kamu makan terlalu sedikit juga tidak baik untuk kondisi tubuh. Kamu bisa saja kekurangan energi saat menjalankan aktivitas di siang hari. Oleh karena itu, makanlah dengan porsi yang sedang. Jangan sampai kamu lemas karena kekenyangan atau lemas karena kekurangan energi.

Jaga Asupan Gizi

Jaga kebutuhan gizi.
Jaga kebutuhan gizi. Photo by @chenzo

Karena tubuh akan menahan makan selama seharian, jadi kamu harus menjaga asupan gizi dengan mengonsumsi makanan bergizi. Kamu tidak harus makan makanan yang mahal, kamu bisa memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Sehingga, kebutuhan gizi bagi tubuh tercukupi untuk menjalankan aktivitas selama satu hari.

Teratur Minum Air Putih

tetap sehat saat puasa
Minum air putih secukupnya. Photo by Pexels

Pada saat sahur dan berbuka puasa, kamu harus teratur minum air putih agar cairan yang ada di dalam tubuh tetap terjaga. Sepanjang hari, cairan yang ada di dalam tubuh akan terus berkurang karena aktivitas Sehingga, kamu harus teratur minum air putih saat sahur dan berbuka untuk menjaga cairan tubuh agar tetap tercukupi.

Olahraga yang Teratur

Lakukan olahraga ringan
Lakukan olahraga ringan sebelum melakukan aktivitas pada hari Senin. Photo by Pexels

Selama menjalankan ibadah puasa, kamu harus melaksanakan olahraga dengan teratur. Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti senam, lari-lari kecil atau olahraga apapun yang bisa Kamu lakukan. Dengan berolahraga, tubuh akan selalu sehat dan dalam kondisi yang baik untuk menjalankan berbagi aktivitas selama menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga Hemat yang Bisa Dilakukan Agar Tetap Sehat

Demikian beberapa informasi mengenai tips agar tetap sehat saat berpuasa, semoga dapat kamu jadikan sebagai referensi sebelum menjalankan ibadah puasa. Sekian dan terima kasih, selamat menjalankan ibadah puasa.

Mungkin Anda juga menyukai