Daftar Bank Peserta GPN yang Wajib Kamu Ketahui!

Daftar Bank Peserta GPN via backend.keuangan.co
Waktu baca: 3 menit

Bank peserta GPN terus bertambah. Seperti yang sudah kamu ketahui, GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional,  merupakan sistem pembayaran baru yang dirilis oleh Bank Indonesia pada akhir tahun 2017 lalu. GPN mengintergasikan berbagai sistem pembayaran nasional. Dengan GPN, proses transaksi nontunai dengan kartu debit jadi lebih praktis.

Bank Peserta GPN

Hingga saat ini berbagai bank di Indonesia telah secara resmi bergabung dengan GPN. Ini dia daftar bank peserta GPN di Indonesia!

Bank Central Asia (BCA)

Pada April 2018 lalu, BCA (Bank Central Asia) meluncurkan kartu debit dengan logo GPN. Kartu tersebut juga dibekali dengan teknologi chip untuk kemanan data nasabah. Di samping itu, BCA pun telah menyiapkan infrastruktur pendukung seperti mesin ATM dan EDC yang sesuai standar GPN. Peluncuran kartu debit tersebut sejalan dengan komitmen dari pemerintah untuk mengoptimalkan proses transaksi dalam negeri dan mengintegrasikan berbagai instrumen serta kanal pembayaran nasional.

Bank Negara Indonesia (BNI)

BNI juga meluncurkan sistem pembayaran terpadu dengan menggunakan kartu debit berlogo GBN sejak April 2018. BNI adalah bank pertama yang memakai logo GPN untuk produknya. Tidak hanya itu, BNI juga mengadakan sosialisasi kepada para nasabah untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang GPN. Tak ketinggalan edukasi pada merchant-merchat untuk program ini. Dalam acara Inacraft 2018, BNI bahkan memberikan experience pada pengunjung untuk transaksi dengan kartu debit BNI berlogo GPN.

GPN ternyata bukan satu-satunya inovasi keuangan yang memudahkanmu, ada juga P2P lending! Apa itu? Simak ulasannya di sini.

Bank Rakyat Indonesia (BRI)

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga menjadi bank peserta GPN dengan menerbitkan kartu debit ber-chip dan berlogo GPN. BRI memiliki target 20 juta kartu dengan logo GPN hingga akhir 2018 nanti. Rencananya, 19 juta kartu akan digunakan untuk mengganti kartu BRI yang sekarang beredar, dan sisanya adalah estimasi penambahan kartu baru hingga akhir tahun. BRI juga mendukung kedaulatan sistem pembayaran ritel karena terbukti banyak memiliki manfaat untuk masyarakat. Selain akses lebih luas, transaksi juga mudah dan sistem pembayaran pun beragam.

Bank Tabungan Negara (BTN)

Sebagai salah satu bank peserta GPN, BTN meluncurkan kartu debit dengan logo GPN dan menghadirkannya dalam berbagai produk tabungan perseroan yang dimiliki, yaitu Batara, Tabungan Cermat, TabunganKu, dan Simpanan Pelajar (Simpel). Dilansir Jakarta Raya, BTN telah menyiapkan 400 ribu kartu debit GPN tahun ini dan dilakukan secara bertahap sesuai roadmap BI. Kamu yang menjadi nasabah BTN bisa mengajukan aplikasi penggantian kartu GPN ke kantor cabang Bank BTN terdekat.

Bank Mandiri

Bank Mandiri adalah bank yang juga telah bergabung dengan GPN. Proses penerbitan kartu berlogo GPN masih dalam tahap proses pembuatan dan diperkirakan akan selesai dalam jangka waktu satu tahun ke depan. Bank Mandiri memiliki prioritas khusus: bila transaksi dilakukan dalam negeri, bank akan memakai empat switching di dalam negeri. BUMN ini punya target mencetak 1 juta kartu debit dengan logo GPN  hingga akhir tahun 2018.

CIMB Niaga

CIMB Niaga juga terus menambah jumlah kartu debit dengan logo GPN sebagai solusi transaksi keuangan di dalam negeri. Pihak bank juga mengembangkan inovasi agar kartu debit GPN diminati oleh masyarakat. Dengan begini, nasabah pun akan lebih bangga dalam memanfaatkan layanan transaksi perbankan nasional. Kartu debit GPN tersebut dapat digunakan sebagai kartu utama transaksi dalam negeri.

Bank DKI

Ternyata, tidak hanya bank nasional saja yang menjadi peserta GPN, bank daerah juga. Bank DKI yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta ini masuk dalam jajaran peserta GPN sejak bulan Juli 2018 lalu. Sosialisasi dan penggantian secara bertahap juga langsung dilakukan sejak layanan ini diperkenalkan ke publik. Jika kebetulan kartu debit Bank DKI milikmu habis masa berlakunya, mintalah ganti dengan kartu debit berlogo GPN ya!

Bank Permata

Selain CIMB Niaga, bank swasta yang digandeng oleh Bank Indonesia untuk bergabung sebagai peserta GPN adalah Bank Permata. Bank yang merupakan anakan dari Astra Internasional dan Standard Chartered Bank ini turut diperkenalkan Bank Indonesia dalam sosialisasi GPN. Dengan kartu debit ini kamu bisa menikmati tarif Merchant Discount Rate (MDR) yang turun menjadi 1% dari tarif awal yang berkisar antara 2-3%.

Bank Syariah Mandiri

Tidak mau kalah dengan “saudaranya”, Bank Syariah Mandiri (BSM) juga masuk dalam daftar bank peserta GPN. Terhitung mulai tanggal 30 Mei 2018, BSM resmi menerbitkan 750.000 buah kartu debit berlogo GPN. Proses transisi kartu debit BSM ke GPN ini diprediksi akan rampung pada tahun 2020 untuk keseluruhan nasabah.

Yuk mulai menggunakan kartu GPN via pixabay.com

Yuk mulai menggunakan kartu GPN via pixabay.com

Cukup banyak, kan, bank peserta GPN yang sudah terdaftar di Indonesia? Semua transaksi di dalam negeri kini tidak perlu lagi memakai jasa perusahaan switching asing. Ternyata selama ini hal tersebut membuat banyak dana terbuang ke perusahaan asing sehingga biaya transaksi nasabah dan bank domestik tidak berputar di dalam negeri. Jadi, apa kamu sudah mulai menggunakan GPN?

You may also like...

Leave a Reply