Asuransi Jiwa sebagai Investasi Masa Depan

Ilustrasi orang menggunakan asuransi
Asuransi Jiwa sebagai Investasi Masa Depan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Saat kamu jalan-jalan di pusat perbelanjaan, pasti sering ditawarkan untuk mengikuti asuransi jiwa. Entah kamu sudah memilikinya atau kamu memang tidak tertarik untuk mengikutinya. Tapi disaat kamu mempertimbangkan untuk tidak memiliki asuransi jiwa, apakah kamu sudah paham betul apa itu asuransi jiwa?

Mugkin saat kamu ditawari untuk mengikuti asuransi jiwa, sudah dijelaskan secara singkat mengenai asuransi jiwa itu sendiri. Untuk menjadi bahan pertimbangan kamu kedepan, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai asuransi jiwa. Tidak hanya itu, kali ini juga akan menjelaskan mengenai manfaat-manfaat yang kamu peroleh saat kamu memiliki asuransi jiwa.

Baca Juga: Inilah Manfaat Asuransi Selain Sebagai Proteksi

Apa Itu Asuransi Jiwa

Pilih asuransi
Pengertian asuransi jiwa. Photo by Rawpixel

Asuransi Jiwa merupakan sebuah “produk” yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada nasabahnya. Produk yang diberikan disini merupakan sebuah program. Program ini sebagai perlindungan bagi kamu disaat ada kejadian yang tidak diinginkan secara mendadak terjadi. Kejadian-kejadian tersebut seperti kecelakaan ataupun kematian.

Tidak hanya untuk dirimu sendiri, tapi asuransi ini bisa untuk keluarga dan ahli waris kamu juga. Asuransi jiwa juga tidak hanya pelindung kamu dari berbagai kejadian yang tidak diinginkan saja. Tapi bisa menjadi pelindung untuk masa depan kamu. Intinya, asuransi jiwa merupakan sebuah program yang memberikan perlindungan finansial kepada kamu disaat ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

Bagaimana program asuransi jiwa ini berjalan? Kamu sebagai nasabah akan membayar premi secara bertahap . Premi yang kamu bayarkan secara berskala tersebut nantinya akan menjadi “tabungan” kamu disaat ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Hasil dari asuransi jiwa tidak bisa kamu nikmati dalam waktu dekat.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Jenis-jenis asuransi jiwa. Photo by Windows Net

Asuransi jiwa juga memiliki berbagai jenisnya, diantaranya;

  • Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Sesuai dengan namanya, asuransi jiwa berjangka memiliki waktu perlindungan sesuai dengan pilihan kamu. Biasanya mulai dari 5 tahun, 10 tahun ataupun 20 tahun. Asuransi jiwa berjangka ini memiliki nilai premi yang cukup murah dibandingkan dengan jenis asuransi jiwa lainnya.

  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup  (Whole Life Insurance)

Seperti namanya, program asuransi jiwa seumur hidup ini memberikan perlindungan seumur hidup kepada nasabahnya. Biasanya perlindungan ini hanya sampai 100 tahun saja. Hal ini juga mengikuti angka harapan hidup penduduknya.

  • Asuransi Jiwa Dwiguna (Endownment Insurance)

Asuransi ini memiliki dua manfaat sesuai dengan namanya. Nasabah akan mendapatkan uang pertanggungan sesuai periode waktu yang ditetapkan. Apabila dalam periode waktu yang ditetapkan tidak ada klaim, maka dana nasabah akan dikembalikan.

Manfaat Asuransi Jiwa

Ilustrasi manfaat asuransi jiwa.
Manfaat asuransi jiwa. Photo by Eppsfinancial

Mengikuti asuransi jiwa tentunya memiliki berbagai manfaat untuk kamu. Berikut berbagai manfaat yang dapat kamu peroleh saat kamu mengikuti asuransi jiwa;

  • Memastikan Kelangsungan Hidup bagi Keluarga dan Ahli Waris

Fungsi utama asuransi jiwa memastikan kelangsungan hidup bagi keluarga dan ahli waris saat ada peristiwa yang tidak diinginkan terjadi. Dengan ini tentunya masa depan kamu akan terjamin saat ada musibah datang. Jaminan yang diberikan dari pihak asuransi merupakan jaminan finansial.

  • Memberikan Rasa Tenang dan Aman

Dengan mengikuti asuransi jiwa, tentunya kamu memiliki rasa tenang dan aman. Apapun yang akan terjadi di masa depan, kamu sudah memastikan untuk menyiapkannya dengan baik. Kamu akan merasa aman karena tidak akan menanggung berbagai kerugian finansial di masa depan.

  • Sebagai Proteksi Diri dari Berbagai Risiko

Kecelakaan ataupun kematian menjadi hal yang tidak bisa diprediksi. Tentunya dari kejadian tersebut akan berdampak kepada kestabilitas finansial kamu. Dengan mengikuti asuransi jiwa, kamu sudah memberikan dirimu ataupun keluargamu sebuah proteksi dari berbagai risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

  • Mengelola Uang untuk Masa Depan

Mengikuti asuransi jiwa dapat diibaratkan sebagai tabungan kamu di masa depan. Secara perlahan, kamu sudah mengalokasikan sebagian uang yang kamu punya untuk masa depan.

  • Sebagai Program Paling Murah untuk Memiliki Uang Cash

Dengan membayar premi secara berskala artinya kamu sudah “menabung”. Disaat ada peristiwa yang tidak terduga terjadi dan menuntut kamu untuk mengeluarkan dana yang besar, kamu tidak perlu khawatir. Memiliki polis dan sudah membayar premi sesuai dengan kesepakatan akan memudahkan kamu. Perusahaan asuransi akan mencairkan dana dengan jumlah yang besar disaat kamu membutuhkannya.

Jadi memiliki asuransi jiwa sangat banyak keuntunganngan bagi kamu di masa depan. Kamu bisa mempertimbangkan untuk memilikinya sekarang.

Artikel Lainnya