Beberapa Jenis Digital Campaign, Mana yang Tepat untuk Bisnis Kamu?

Jenis Digital Campaign
Beberapa Jenis Digital Campaign, Mana yang Tepat untuk Bisnis Kamu? Photo by Pixabay
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Para pebisnis saat ini tahu pentingnya mengetahui apa jenis digital campaign yang tepat untuk mereka lakukan. Yang pasti, strategi internet marketing atau promosi secara online ini jauh lebih efektif mengingat banyak orang yang sudah go online. Yang jadi pertanyaan adalah apakah seorang pebisnis harus melakukan semua jenis online marketing?

Mungkin kamu pernah dengar ada perusahaan yang menghabiskan budget iklan secara online hingga berjuta rupiah per bulan. Namun, ada juga yang menggunakan beberapa juta saja dan itu hanya sekali saja. Atau ada juga yang menerapkan keduanya.

Kamu tidak bisa melihat dari luar begitu saja. Perlu kamu ketahui apa saja jenis digital campaign yang ada saat ini. Pelajari dan amati karakteristiknya lalu pilih mana yang tepat untuk diterapkan di bisnis kamu sendiri.

5 Jenis Digital Campaign yang Bisa Melejitkan Bisnis Kamu

Jenis Digital Campaign
Jenis-jenis digital campaign. Photo by @alessiozaccaria

Setidaknya ada 5 jenis digital marketing yang bisa kamu pilih. Apa saja itu?

SEO

Jenis Digital Campaign
SEO, salah satu jenis digital campaign. Photo by Pixabay

Bisa dikatakan ini merupakan cara digital marketing yang paling kuno. Namun, meskipun kuno, cara ini tetap digunakan. Dan cara ini masih sangat efektif.

SEO ini singkatan dari Search Engine Optimization. Secara sederhana, situs perusahaan atau bisnis yang kamu miliki dioptimasi sehingga muncul di halaman pertama mesin pencarian Google. Jadi, setiap calon klien mengetikkan kata kunci yang terkait dengan bisnis kamu, maka situs kamu akan muncul di halaman pertama.

Apa yang terjadi? Tentu saja akan banyak sekali trafik atau pengunjung. Dari kunjungan tersebut, diharapkan terjadi sales. Karena sudah ada intensi atau niat dari pencari atau user ketika mencari kata kunci di Google. Makanya, banyak yang mengatakan tingkat sales dari jenis digital campaign ini sangat tinggi.

Baca juga: Cara Merencanakan Digital Marketing Budgeting Secara Tepat

SEM

Jenis Digital Campaign
SEM Photo by Pexels

Lain hal dengan SEO. SEM ini singkatan dari Search Engine Marketing. Ini merupakan jenis campaign di mana kamu sebagai pebisnis membeli slot iklan di Google Ads. Dengan cara ini, situs perusahaan kamu otomatis berada di halaman pertama.

Ini beda dengan SEO. SEO mengandalkan keahlian khusus untuk membuat situs muncul di halaman pertama. Butuh waktu untuk optimasi situs seperti optimasi kata kunci, backlink, social signal, dan lain sebagainya. Sementara itu, karena berbayar, SEM membuat situs kamu langsung berada di halaman pertama setelah kamu melakukan pembayaran iklan.

SMM

Jenis Digital Campaign
Social media marketing Photo by @nordwood

SMM atau Social Media Marketing menjadi pilihan digital campaign lainnya. Dan ini sangat efektif mengingat banyak orang yang menghabiskan waktu dengan men scroll media sosial mereka.

Hampir semua platform media sosial saat ini menyediakan layanan ads atau iklan. Sebagai pebisnis, kamu hanya perlu menentukan target siapa yang akan melihat iklan kamu, mulai dari penentuan lokasi, gender, usia, hobi, dan lain sebagainya. Jadi, iklan kamu akan sangat benar-benar tertarget ke pengguna sosial media yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

PPC

Jenis Digital Campaign
Pay per click. Photo by Pexels

PPC atau pay per click juga tepat untuk kamu terapkan Sistemnya adalah kamu membayar setiap klik yang dilakukan oleh user. Biaya per klik itu berbeda-beda. Ini tergantung dengan seberapa besar kompetisi di area bisnis yang kamu jalankan.

Viral Marketing

Jenis Digital Campaign
Viral marketing. Photo by Pexels

Ini jenis digital campaign yang sangat menggunakan konten. Konten ini bisa berupa artikel, gambar, ataupun video. Yang terpenting adalah konten tersebut bermanfaat. Banyak orang yang suka dengan konten tersebut sehingga berpotensi menjadi konten yang shareable dan viral. Semakin viral konten tersebut, maka iklan kamu akan semakin menjangkau banyak orang.

Nah, sekarang kamu bisa menentukan jenis campaign seperti apa yang tepat untuk bisnis kamu?


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai