20 Ide Jajanan Bulan Puasa untuk Dijual yang Cuan Banget

Ide jajanan bulan puasa untuk dijual
20 Ide Jajanan Bulan Puasa untuk Dijual yang Cuan Banget. Photo by Tribunnews
Waktu baca: 5 menit

Mau cari cuan di saat Ramadhan tapi belum ketemu ide bisnis apa yang sebaiknya kamu lakukan? Ini dia beberapa ide jajanan bulan puasa untuk dijual yang sangat besar cuannya.

Kamu pasti tahu banyak orang yang tiba-tiba jualan di bulan puasa. Hal tersebut tidak boleh membuat kamu patah semangat. Memang ada banyak kompetitor. Namun, kamu juga harus melihat sisi lain.

Semakin banyak masyarakat yang mau membelanjakan uang mereka di bulan puasa, terutama untuk hidangan takjil atau camilan setelah shalat tarawih.

Jadi, jika kamu ingin mendapatkan cuan, bulan puasa ini waktu yang tepat untuk kamu berpikir dan bertindak. Tentukan apa ide jajanan makanan apa yang cepat laku di bulan puasa.

Baca juga: 9 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Harus Kamu Tanam Sejak Dini

20 Ide Jualan buat Bulan Puasa yang Laku Keras

Ide bisa belasan atau bahkan puluhan. Namun, jika ditanya apa ide jajanan Ramadhan yang laku keras sehingga mudah menghasilkan cuan, pilihannya sebenarnya tidak terlalu banyak.

Berikut ini setidaknya 20 ide jualan buat bulan puasa yang bisa kamu pilih:

  1. Kolak

Jika ada yang bertanya apa sih hidangan takjil puasa yang paling banyak dicari, jawabannya mungkin kolak. Nah, kamu bisa menjual kolak juga.

Agar sedikit beda, kamu bisa mengisi kolak dengan isian yang variatif, tidak hanya pisang tapi juga ada singkong, labu, dan lainnya. Pastikan juga bungkus yang kamu pakai menarik. Jangan asal pakai plastik. Kamu bisa gunakan cup. Akan lebih baik lagi jika kamu berikan label brand toko kamu.

  1. Sup Buah

Selain kolak, yang laris manis saat berbuka adalah sup buah. Apalagi kamu tinggal di daerah yang panas. Sup buah pasti laku keras.

Sebaiknya, gunakan buah-buahan yang segar dan bervariasi. Jangan menggunakan pemanis buatan. Gunakan gula kelas premium mengingat sekarang masyarakat sudah mulai concern terhadap makanan sehat.

  1. Cilok

Selain jajanan Ramadhan berupa minuman, tidak ada salahnya juga kamu jualan camilan seperti cilok. Memang ini bukan jajanan khas Ramadhan. Tapi, jangan salah. Cilok juga banyak diburu lho. 

Kamu bisa menawarkan cilok aneka rasa, mulai dari cilok original, cilok pedas dengan level yang berbeda, atau cilok rasa-rasa lainnya. Semakin banyak varian rasa yang kamu tawarkan, jualan cilok kamu akan semakin menarik.

  1. Risoles

Bisa dikatakan risoles merupakan makanan yang tidak semua orang bisa buat. Jika kebetulan kamu jago bikin risoles, kamu bisa jadikan ini sebagai ide jajanan bulan puasa untuk dijual.

Apakah laku? Memang tidak banyak orang yang memilih risoles sebagai hidangan takjil. Kebanyakan orang menyajikan risoles sebagai hidangan di malam hari setelah tarawih.

  1. Tahu Petis

Masyarakat kita sepertinya tidak bisa lepas dari gorengan. Nah, bukan gorengan biasa yang bisa kamu jual saat puasa. Cobalah untuk menjual tahu petis.

Tahunya biasa. Yang istimewa adalah petis. Kamu bisa membuat sendiri atau memesan dari UMKM yang memang khusus membuat petis. Dengan adanya tambahan petis, tahu yang kamu tawarkan bisa memiliki nilai jual yang tinggi.

  1. Mendoan 

Tempe goreng sudah biasa. Begitu juga dengan tahu isi atau tahu goreng. Bagaimana dengan mendoan? Ini sangat terkenal di daerah Jawa Tengah, terutama di Daerah Purwokerto. Nah, kamu bisa coba tawarkan jajanan bulan puasa yang satu ini.

Cara membuatnya sangat mudah. Kamu hanya perlu siapkan tempe, bumbu, lalu tepung khusus untuk mendoan. Kamu harus tahu mendoan itu berasal dari kata mendo yang artinya setengah matang. Jadi, tempe mendoan itu tempe yang digoreng setengah matang.

Ini sangat enak untuk disantap sebagai hidangan takjil. Biasanya, mendoan disajikan dengan kecap manis atau kecap pedas.

  1. Puding

Beberapa orang justru berat badannya naik saat puasa. Kok bisa? Karena mereka sulit mengontrol makanan yang dikonsumsi di malam harinya.

Untuk mereka yang ingin diet di bulan puasa, mereka pasti selektif dalam memilih makanan. Misalnya saja mereka berbuka dengan menggunakan pudding saja. Nah, ini target market kamu jika kamu jualan jajanan Ramadhan berupa pudding.

Buat puding yang super enak. Lalu, tawarkan dengan tempat yang menarik. Berikan beberapa pilihan rasa. Untuk mereka yang ingin tetap langsing di bulan Ramadhan, mereka pasti suka dengan jajanan yang satu ini.

  1. Martabak Telur

Lagi-lagi gorengan. Sudah pasti jajanan bulan puasa untuk dijual yang bakal laris manis adalah gorengan. Kali ini bukan tahu atau tempe goreng melainkan martabak telur.

Ini termasuk hidangan takjil yang berat. Pasalnya, ada kandungan protein dalam telur di jajanan ini. Kamu bisa mencoba memberikan layanan delivery kepada pelanggan agar mereka tertarik untuk order.

  1. Martabak Manis

Ada juga lho yang tidak suka martabak telur. Alasannya biasanya adalah terlalu berat. Apalagi jika di dalamnya terdapat daging sapi. Jelas ini bukan jajanan yang ringan.

Makanya, mereka biasanya memilih martabak manis. Kamu bisa berjualan martabak manis selama Ramadhan. Agar beda, siapkan topping yang bermacam-macam. Ini akan menjadi daya tarik konsumen.

  1. Bubur Candil

Pernah dengan jajanan bubur candil? Ini bubur yang sangat kental. Biasanya bubur seperti ini dimakan di pagi hari sebagai menu sarapan. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang suka menjadikan bubur candil sebagai hidangan takjil. Jajanan yang satu ini cukup mengenyangkan. 

  1. Kurma

Banyak orang yang ingin menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW. Salah satunya dengan meniru apa yang beliau lakukan saat berbuka, yaitu dengan mengkonsumsi kurma. Nah, kamu bisa menjual jajanan yang satu ini. Kamu bisa menjual kurma atau olahan yang terbuat dari kurma seperti puding kurma.

  1. Dadar Gulung

Yang satu ini juga bukan termasuk jajanan yang semua orang bisa buat sendiri di rumah. Jika kamu bisa atau bahkan jago bikin dadar gulung, kamu bisa jadikan ini sebagai ide jajanan bulan puasa untuk dijual.

Dadar gulung termasuk makanan yang disukai masyarakat untuk takjil atau hidangan camilan setelah tarawih. Namun, pastikan kamu membuat dadar gulung yang masih fresh. Kamu harus perkirakan berapa jumlah dadar gulung yang mampu kamu jual tiap hari.

Jangan sampai kamu membuat dadar gulung hari ini tapi kamu baru bisa jual 2 atau bahkan lebih dari 2 hari ke depan. Itu membuat dadar gulung kurang fresh dan kurang diminati oleh masyarakat.

Jika perlu, kamu bisa terapkan sistem pre-order. Jadi kamu bisa pastikan berapa dadar gulung harus kamu buat dalam suatu hari. Dan ini bisa membuat customer yakin bahwa jajanan yang kamu buat benar-benar masih fresh.

  1. Es Blewah 

Saat berbuka puasa, disarankan agar mengkonsumsi yang manis dan yang segar. Inilah yang membuat es blewah diburu banyak orang. Jelas ini bisa jadi peluang bagi kamu untuk membuka usaha jajanan bulan puasa untuk dijual.

  1. Pastel 

Selain risoles, kamu juga bisa jualan pastel. Ini termasuk jajanan di bulan puasa yang banyak orang suka. Rasanya yang gurih dan mirip dengan gorengan membuat jajanan ini banyak penggemarnya.

Agar beda dengan pastel biasanya, kamu bisa mengisi pastel dengan isian yang variatif. Isinya tidak selalu harus bihun dan wortel. Kamu bisa isi dengan daging ayam, daging sapi, atau isian lainnya. Dengan adanya pilihan yang banyak, orang akan lebih tertarik untuk memilih sesuai dengan selera mereka.

  1. Biji Salak

Jajanan ini bisa dikatakan jajanan yang mirip dengan kolak. Makanya, beberapa orang yang sudah mulai bosan dengan hidangan kolak saat takjil mencari biji salak.

Akan tetapi, jangan salah sangka ya. Ini bukan buah salak. Ini hanya nama. Sebenarnya, makanan ini mirip dengan bubur candil. Hanya saja, ada perbedaan di antara biji salak dengan bubur candil. Biji salak ini terbuat dari ubi jalar berwarna kuning atau ubi jalar warna ungu.

Makanan ini kenyal dan lembut. Cocok untuk diajak kepada masyarakat yang sedang mencari hidangan takjil.

  1. Es Timun

Yang segar bukan sop buah saja. Ada lho yang segar dari mentimun. Dan ini bisa dipakai untuk membuat minuman segar. Namanya es timun.

Bahan utamanya mentimun yang diserut memanjang. Lalu, ada rasa berasal dari sirup melon. Agar lebih segar, tambahkan biji selasih dan jeruk nipis. Ini bakal menjadi ide jajanan bulan puasa untuk dijual yang sangat unik lho. 

  1. Nogosari

Jika kamu orang Jawa, kemungkinan kamu tidak akan aneh dengan makanan yang satu ini. Biasanya, nogosari ini dihidangkan di acara resepsi pernikahan. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika kamu jadikan makanan yang kamu jual di saat bulan puasa.

Banyak juga lho masyarakat yang mencari nogosari sebagai camilan atau sebagai makanan takjil. Bahkan, ini makanan yang sangat direkomendasikan. Pasalnya, isinya yang berupa pisang membuat orang yang berpuasa langsung mendapatkan energi kembali di saat maghrib tiba. Menurut pakar kesehatan, pisang mengandung energi yang tinggi, bukan?

  1. Klepon

Ini termasuk jajanan pasar. Sama juga dengan nogosari. Klepon sering ditemukan di acara resepsi pernikahan terutama di daerah Jawa. Klepon bisa kamu jajakan di saat puasa. Ini biasanya juga dijadikan takjil.

  1. Es Klamud

Banyak sekali pedagang yang menjajakan es klamud atau es kelapa muda saat bulan puasa tiba. Kamu bisa juga mencoba menjual minuman yang satu ini. Agar sedikit lebih beda, kamu bisa tambahkan sesuatu yang beda. Misalnya saja kamu tambahkan madu. Tawarkan juga berbagai rasa, seperti gula jawa, frambos, sirup melon, dan lain sebagainya.

  1. Lemper

Pernah dengar makanan lemper? Ini ketan yang di dalamnya diisi dengan serundeng atau daging. Kamu bisa tawarkan lemper dengan isi yang beda-beda.

Sekarang, kamu sudah mendapatkan beberapa ide jajanan bulan puasa untuk dijual. Lalu, mana yang akan kamu pilih? Yang pasti, ada kesempatan di bulan puasa untuk mendapatkan cuan. Tinggal kamu mau mengambil kesempatan itu atau membiarkan orang lain mengambil kesempatan tersebut.

Artikel Lainnya