Inilah Manfaat Asuransi Selain Sebagai Proteksi

Manfaat Asuransi Selain Sebagai Proteksi
Waktu baca: 3 menit

Minat masyarakat terhadap program asuransi untuk menangkal risiko yang akan muncul di masa mendatang makin bertambah seiring dengan jumlah polis asuransi yang ada. Namun, masih ada sebagian masyarakat yang masih menganggap enteng asuransi. Hal ini dikarenakan asuransi dianggap sebagai produk konsumsi bagi masyarakat kelas menengah ke atas yang memiliki dana lebih serta aset yang perlu diproteksi. Padahal, asuransi memiliki manfaat lain selain sebagai proteksi lho TemanKlik.

Berikut manfaat asuransi selain sebagai proteksi yang harus diketahui agar bisa dipertimbangkan olehmu.

Investasi dan tabungan untuk masa depanmu

Asuransi sebagai tabungan dan investasi masa depan.
Asuransi bisa jadi investasi sekaligus tabungan untuk masa depanmu. Photo by rawpixel

Saat kamu berencana memiliki rumah mewah pada 10 tahun yang akan datang, kamu bisa mewujudkannya dengan memiliki asuransi. Hal itu karena premi yang dibayarkan selama masa polis akan dikembalikan saat asuransi jatuh tempo. Pengembalian inilah yang disebut dengan investasi sekaligus tabungan masa depan. Adapun jumlahnya bisa dikatakan cukup besar, terutama jika pembayaran premi setiap bulanmu besar dan pengajuan klaim jarang dilakukan.

Bisa mengubah sikap boros

Asuransi mengendalikan pengeluaranmu.
Asuransi bisa mengendalikan pengeluaranmu agar tidak boros. Photo by @jpvalery

Oleh karena premi asuransi wajib dibayarkan setiap bulan, maka kamu harus menyiapkan dana tiap bulannya. Kewajiban ini membuatmu harus menyiapkan dana dengan lebih cermat untuk mengalokasikan penghasilan sesuai pos-pos pengeluaran yang tersedia. Jika tidak, pembayaran bulan ini akan ditagihkan pada bulan berikut-berikutnya sehingga pengeluaran membengkak.

Baca juga: Hilangkan Gaya Hidup Boros dengan Cara Ini!

Bisa jadi dana darurat

Manfaat asuransi selain proteksi ialah dana darurat.
Asuransi bisa jadi dana darurat. Photo by Pixabay

Asuransi bisa dikatakan menjadi tambahan nominal untuk dana darurat. Sebab, asuransi dapat digunakan untuk membayar pengeluaran yang tidak terduga, seperti sakit, kerusakan pada aset yang diasuransikan, dan kecelakaan. Namun, asuransi tidak semudah dana darurat dalam penggunaannya karena kamu harus mengajukan klaim untuk mencairkan dananya. Proses klaimnya pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Jangan lupa untuk melengkapi syarat-syarat yang dibutuhkan agar mempercepat dan memudahkan proses klaim yang kamu gunakan.

Lebih mudah saat mencairkan pinjaman dari bank

Untuk mendapatkan pinjaman dari bank bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, selain menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, kamu juga harus memastikan jika riwayat kredit lancar. Jika riwayat kredit bermasalah, maka pengajuan pinjaman akan sulit bahkan bisa jadi ditolak. Nah, dengan memiliki asuransi, proses peminjaman hingga pencairannya akan lebih mudah karena asuransi bisa digunakan sebagai jaminan atas pinjaman. Jika kamu tidak mampu melunasi pinjaman, maka bank akan mengambil alih uang yang ada di asuransi.

Jadi jaminan di hari tua

Jaminan hari tua
Dengan asuransi, masa tuamu akan terjamin. Photo by Rawpixel

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum siap menghadapi masa pensiun karena masih kurangnya tingkat kepedulian terhadap hari tua. Maka dari itu, keinginan untuk menabung di hari tua sering tertunda. Untung saja saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk untuk menjamin masa tua dengan biaya yang sangat beragam. Asuransi ini juga dapat dicairkan saat masa pensiun untuk membiayai kebutuhan pokok dan pengobatan di hari tua nantinya.

Memberi rasa lega dan tenang

Dengan asuransi, hidupmu bisa jadi lebih lega dan tenang, apalagi saat menghadapi hal-hal yang sifatnya tidak pasti. Karena sebagian besar kerugian yang timbul akibat ketidakpastian akan ditanggulangi oleh perusahaan asuransi, jadi sisa yang perlu kamu tanggung otomatis jadi berkurang. Meski kamu mengeluarkan uang, setidaknya nominalnya lebih sedikit daripada yang seharusnya.

Jadi alat pembayar utang

Selain memberikan proteksi diri, asuransi juga bisa membantumu membayar utang yang menumpuk. Hal itu bisa memanfaatkan premi asuransi yang akan dikembalikan oleh perusahaan asuransi saat jatuh tempo. Meski begitu, jangan terlalu bergantung dengan asuransi. Kamu harus tetap membayar cicilan secara teratur sehingga uang pengembalian premi bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Itulah beberapa manfaat dari asuransi selain proteksi yang bisa kamu raih. Yang perlu diingat, untuk merasakan manfaat yang maksimal, maka kamu harus memilih produk asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

You may also like...

Leave a Reply