12 Cara Jitu Mendapatkan Uang Tambahan

Ilustrasi mencari uang tambahan
12 Cara Jitu Mendapatkan Uang Tambahan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Kebutuhan hidup setiap orang sudah pasti berbeda-beda. Namun, nyatanya setiap tahunnya kebutuhan hidup akan terus meningkat. Mulai dari biaya kesehatan, pendidikan, hingga biaya akomodasi sehari-hari mengalami peningkatan. Bagi yang memiliki pekerjaan atau pendapatan tetap, sudah tentu dapat memenuhi kebutuhannya. Jadi, mungkin tidak memikirkan cara mendapatkan uang tambahan.

Berbeda dengan orang yang tidak memiliki pekerjaan dan pendapatan yang tetap. Belum lagi jika mengalami PHK di masa-masa pandemi seperti sekarang ini. Tentu hal itu akan membuat pusing tujuh keliling. Maka dari itu, diperlukanlah pendapatan atau penghasilan tambahan yang bisa membantu mencukup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Agar bisa mendapatkan uang tambahan, yuk simak ulasan 12 cara jitu di bawah ini TemanKlik!

Baca Juga: Pekerjaan Online yang Bisa Dipilih untuk Penghasilan Tambahan

12 Cara Mendapatkan Uang Tambahan

Penulis jadi salah satu pilihan pekerjaan orang introvert
Side hustle untuk mendapatkan tambahan uang. Photo by Pexels
  • Manfaatkan Waktu di Luar Jam Kerja

Jika kamu bertekad untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tentunya mengandalkan satu pekerjaan saja tidak cukup. Pendapatan kamu tidak akan berkembang. Kamu bisa memanfaatkan waktu di luar jam kerja dengan maksimal. Mengambil 1-2 perkerjaan bisa jadi bahan pertimbanganmu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Asalkan kamu dapat bertanggung jawab akan pekerjaan yang kamu jalani dan membagi waktu dengan baik ya.

  • Menjadi Freelancer

Jika menjalankan 1-2 perkerjaan terasa berat bagi kamu, mengambil freelancer bisa menjadi opsi yang baik. Saat menjadi freelancer, kamu mendapatkan uang tambahan melalui hasil dari kemampuanmu. Menjadi freelancer biasanya cukup flexible. Kamu akan berkerja sesuai target proyek saja, tidak berpatokan dengan jam kerja.

  • Membangun Passive Income dengan Berinvestasi

Berinvestasi sudah bukan hal yang baru lagi saat ingin mengembangkan dana yang kamu punya. Selain mengalokasikan dana untuk ditabung, berinvestasi akan membuat danamu tidak diam dengan jumlah yang sama terus. Dengan beriringnya waktu, dana yang kamu investasikan akan terus berkembang.

Saat ini banyak sekali instrumen investasi yang bisa kamu ikuti. Pastikan terlebih dahulu kamu paham dengan cara kerja instrumen investasi yang kamu pilih ya!

  • Menjadi Dropshipper atau Reseller

Menghasilkan cuan dengan modal minim? Dropshipper dan reseller solusinya! Kamu akan menjadi perantara antara produsen dan konsumen. Perbedaan antara dropshipper dan reseller terletak pada stock barangnya. Jika kamu berniat untuk menjadi dropshipper, kamu hanya menyalurkan barang dari produsen ke konsumen saja.

Sedangkan saat menjadi reseller, kamu akan menyimpan barang yang akan kamu jual dari produsen ke konsumen yang dituju.

Harga barangnya pun bisa kamu tentukan sendiri. Dengan itu kamu akan mendapatkan profit. Tentunya proses dropshipper dan reseller ini akan dilaksanan sesuai dengan kesepakatan kamu dan produsen barang.

  • Membuka Usaha Sampingan

Selain memiliki pekerjaan utama yang bersifat tetap, kamu bisa juga loh membuka usaha sampingan. Kamu bisa memulai usaha sampingan dari hobi yang kamu punya! Misalkan kamu hobi memasak, kamu bisa membuka usaha kuliner kecil-kecilan terlebih dahulu.

Tidak perlu modal yang besar, kamu bisa mempromosikan usahamu dengan cara mulut ke mulut. Menawarkan usahamu ke teman kantor ataupun tetangga juga bisa kamu lakukan. Kamu bisa memanfaatkan sistem pre-order agar kamu tidak kewalahan menerima pesanan.

  • Memanfaatkan Internet

Apapun yang kamu cari pasti ada di Internet! Maka dari itu, manfaatkan hal tersebut. Kamu bisa membuka usaha online store, membuka jasa titip ataupun berjualan di e-commerce. Memanfaatkan internet dan kreativitas yang kamu punya bisa menjadi kombinasi yang baik.

  • Menjual Barang-Barang yang Tidak Terpakai

Barang-barang yang tidak terpakai numpuk dirumahmu? Jual saja! Apalagi saat ini sedang hangat-hangatnya trend thrift shop dan preloved. Kamu dapat menjual apa saja saat ini. Manfaatkan social media sebagai platform kamu untuk mempromosikan barang yang akan kamu jual.

  • Menyewakan Properti yang Kamu Punya

Kamu memiliki rumah atau apartement yang tidak dihuni? Yuk mulai saat ini jangan dianggurkan saja. Kamu bisa menyewakan properti yang kamu miliki. Dengan begitu kamu akan mendapatkan pendapatan tambahan setiap bulannya.

  • Membuat Konten di Social Media

Kamu aktif bermain social media? Konten yang kamu produksi juga menarik? Pengikutmu di social media juga banyak dan aktif? Hal-hal tersebut bisa menjadi celah kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan!

Jika kamu suka membuat konten di social media dan mendapatkan reaksi positif dari pengikutmu, kamu bisa mengembangkan akun social media-mu. Disaat kamu sudah mencuri banyak perhatian, akan banyak brand yang ingin berkerjasama denganmu. Kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan dari kerjasama tersebut.

  • Membuka Kursus atau Tutor Online

Kamu memiliki kemampuan berbahasa inggris yang fasih? Atau jago matematika? Kamu bisa memanfaatkan kemapuan yang kamu punya dengan memberikan kursus atau tutor online lho! Cara ini bisa jadi pertimbanganmu untuk memanfaatkan waktu luang sambil mencari uang tambahan.

  • Membisniskan Skill yang Kamu Punya

Pernahkah kamu berpikir bahwa skill desain grafis, mengedit video ataupun fotografi bisa menghasilkan uang? Faktanya sangat bisa! Jika kamu memiliki skill-skill tersebut, kamu bisa memanfaatkannya menjadi ladang bisnis baru. Saat ini banyak yang membutuhkan jasa dari skill-skill tersebut.

  • Mengikuti Program Affiliate Marketing

Program affiliate marketing adalah program yang menghasilkan uang melalui kode referral dengan cara mempromosukan produk di berbagai platform online.

Platform tersebut seperti website, landing page ataupun blog. Komisi yang kamu dapatkan bersumber dari orang yang mengklik kode referral milikmu dan terjadinya aksi pembelian, pendaftaran member ataupun mendownload app tersebut. Program ini bisa menjadi solusi kamu untuk mendapatkan passive income.

Semuanya bisa dijalani asalkan kamu memiliki tekad yang kuat dan juga konsisten akan hal yang kamu lakukan.

Semangat dan selamat mencoba ya!

Artikel Lainnya