Inilah 5 Profesi Tepat untuk yang Jago Media Sosial

Pekerjaan yang cocok untuk jago media sosial
Waktu baca: 3 menit

Di era yang serba digital ini, hampir semua orang memiliki media sosial. Terlebih ada anggapan bahwa media sosial adalah kebutuhan yang tidak bisa tergantikan. Selain untuk eksis di dunia maya, dengan media sosial kamu bisa memajukan usaha atau bisnismu. Maka dari itu wajar saja jika media sosial sudah menjadi bagian dari hidup. Dengan seringnya mengakses dan menggunakan hal itu, lama kelamaan skillmu jadi makin terasah sehingga kamu jago media sosial. Terlebih jika kamu menjadikan medsos sebagai penghasil pundi-pundi uang pasalnya kamu harus terus eksis dengan mengunggah konten-konten menarik.

Nah bagi kamu yang sudah merasa jago media sosial, kamu bisa menjalani pekerjaan yang cocok dengan skill tersebut. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang patut kamu coba jika jago media sosial.

Social media specialist

Social media specialist.
Social media specialist. Photo by @katerinapavlickova

Menjadi seorang social media specialist bisa dikatakan gampang-gampang susah. Hal itu dikarenakan jobdesk yang harus dilakukan sehari-harinya di antaranya mengatur jadwal posting di tiap-tiap platform medsos, menjawab pertanyaan followers, hingga mengumumkan suatu event yang diselenggarakan oleh tempatmu bekerja.

Adapun target yang harus dicapai oleh seorang social media specialist biasanya ialah jumlah followers, engagement followers, traffic yang didapatkan, hingga jumlah penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Maka dari itu kamu dituntut untuk bisa memutar otak sekreatif mungkin dalam mengatur unggahan agar menarik perhatian netizen.

Community development

Community Development.
Community Development. Photo by Pixabay

Sebagai community development, kamu harus bisa mengembangkan pasar melalui pendekatan pada komunitas-komunitas yang ada. Dengan memanfaatkan media sosial, kamu bisa mencari tahu terkait komunitas yang cocok dengan target pasar perusahaan serta bisa berbagi informasi dengan mereka.

Digital marketing

Digital marketing.
Digital marketing. Photo by Pixabay

Dari nama pekerjaannya saja sudah ketahuan jika kamu akan berjibaku dengan dunia digital atau online. Sebagai seorang digital marketer, kamu harus bisa memasarkan produkmu di dunia maya atau media sosial. Apalagi saat ini penjualan online terus meningkat seiring dengan keinginan pasar yang lebih menginginkan pelayanan yang serba instan dan lebih efisien.

Baca juga: Alasan Mengapa UMKM Perlu Go Digital´╗┐

Maka dari itu, sudah banyak toko retail yang sedikit demi sedikit menutup gerainya dan beralih berjualan secara online.

Content writer

Content writer.
Content writer. Photo by Pixabay

Selanjutnya, ada pekerjaan sebagai content writer atau penulis. Sudah pasti pekerjaan ini cocok untuk kamu yang senang menulis. Nantinya, hasil tulisanmu bisa dipublikasikan melalui media sosial, seperti facebook, linkedin, atau bahkan bisa di wordpress. Dengan begitu, kamu bisa berbagi informasi atau pengetahuan yang kamu miliki dengan para pengguna internet lainnya.

Tidak hanya itu saja, tulisanmu itu bisa jadi portofolio untukmu. Nantinya, itu bisa digunakan untuk mendaftar ke suatu perusahaan yang membutuhkan penulis untuk mengisi blog perusahaan atau memasarkan produk atau jasa.

Vlogger

Kalau kamu jago media sosial, coba deh jadi Vlogger
Vlogger. Photo by Pexels

Sebagai seorang vlogger, kamu harus jago memanfaatkan medsos. Karena melalui medsos lah kamu bisa mempromosikan vlogmu ke netizen. Untuk saat ini, youtube masih menjadi platform yang populer digunakan oleh para vlogger Indonesia. Nantinya melalui medsos kamu bisa mempromosikan akun youtube mu sehingga jumlah subscribers serta viewers bertambah dan kamu bisa menghasilkan uang. Contoh vlogger Indonesia yang saat ini sukses ialah Atta Halilintar, Ria Ricis, dan lain-lain.

Itulah beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan jika merasa jago di bidang media sosial. Setiap orang sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu alangkah baiknya kamu harus fokus dan mengembangkan kelebihan yang dimiliki sehingga bisa lebih produktif dan bisa bekerja sesuai passion.

You may also like...

Leave a Reply