Ini Pekerjaan dengan Tingkat Stres yang Rendah

Pekerjaan tingkat stres rendah penghasilan lumayan.
Waktu baca: 4 menit

Saat kamu menjadi seorang pencari kerja atau jobseeker, sudah pasti akan mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu, kamu juga akan memilih benefit yang bisa didapatkan dari pekerjaan tersebut. Namun, saat menjalani pekerjaannya pasti tidak mudah. Dari mulai tekanan dari bos, rekan kerja, sampai klien atau konsumen yang kamu hadapi di dalam pekerjaanmu.

Ada orang yang mampu menghadapi tekanan tersebut, namun tidak sedikit pula yang gagal dan merasa stres. Hingga akhirnya, yang gagal akan resign dan mencari pekerjaan baru yang lebih baik dengan tekanan yang lebih rendah dari pekerjaan sebelumnya.

Baca juga: Cara Seimbangkan Hidup dan Karier Agar Tidak Alami Burn Out

Sebenarnya, ada beberapa pekerjaan dengan tingkat stres rendah yang bisa kamu pilih. Walaupun tingkat stres rendah, penghasilan yang didapatkan bisa dikatakan lumayan. Penasaran? Berikut penjelasan pekerjaan dengan tingkat stres rendah tapi penghasilan lumayan.

Fotografer

Fotografer bisa bekerja sambil jalan-jalan.
Seorang fotografer bisa bekerja sambil jalan-jalan. Photo by Pixabay

Menjadi seorang fotografer bisa dikatakan memiliki beban kerja yang ringan. Hal itu karena selain melakukan sesi pemotretan dengan klien, kamu juga bisa jalan-jalan. Apalagi jika spot foto yang dipilih adalah tempat rekreasi atau hiburan. Selain itu, kamu juga mendapatkan penghasilan yang lumayan loh karena biasanya dibayar per proyek yang kamu jalankan.

Adapun profesi ini cocok untuk usaha sampingan. Namun tak sedikit pula karyawan yang banting stir menjadi fotografer fulltime karena pasar yang tidak pernah sepi. Dari mulai pernikahan, pre wedding, ulang tahun, kelulusan hingga event-event besar perusahaan pasti butuh jasa seorang fotografer.

Untuk memulai jadi fotografer, saat ini tidak lagi semahal dulu. Cukup dengan memiliki kamera semi profesional saja yang hanya butuh budget di bawah puluhan juta. Menggiurkan bukan?

Baca juga: Cara Menjadi Freelancer untuk Mendapat Penghasilan Tambahan

Aktuaris

Aktuaris peminatnya sedikit di Indonesia.
Aktuaris masih sedikit peminatnya di Indonesia. Photo by Rawpixel

Aktuaris adalah seorang ahli yang mengaplikasikan ilmu keuangan dan statistik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. Biasanya persoalan itu menyangkut analisis kejadian masa depan yang berdampak pada segi finansial. Sederhananya, aktuaris dapat memperkirakan konsekuensi yang mungkin dihadapi oleh perusahaan tersebut. Umumnya, aktuaris bekerja di bidang konsultasi, perusahaan asuransi jiwa, pensiun, dan investasi. Selain itu, masih banyak bidang lain yang membutuhkan kemampuan analitis.

Di Indonesia, aktuaris bisa dikatakan masih jarang peminatnya. Walaupun memiliki jobdesk menganalisis dengan memanfaatkan hitung menghitung, tanggung jawab seorang aktuaris tidak terlalu berat. Selain itu, gaji yang didapatkan juga menggiurkan dan bisa dikatakan menjadi salah satu bidang pekerjaan yang elit di luar negeri.

Lantaran aktuaris di Indonesia masih sedikit, kamu tidak perlu takut kehilangan pekerjaan. Apalagi jika diperkirakan kebutuhan aktuaris di masa yang akan datang akan semakin meningkat.

Ahli gizi

Ahli gizi dibutuhkan untuk gaya hidup sehat.
Masyarakat saat ini butuh ahli gizi untuk menerapkan hidup sehat. Photo by @chang612

Saat ini masyarakat sudah sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup yang sehat. Maka dari itu, ahli gizi juga diperlukan karena biasanya orang-orang akan berkonsultasi untuk menjalankan program diet dan bisa menerapkan pola hidup yang sehat.

Sebagai ahli gizi, pekerjaan yang dibebankan tidak terlalu besar pasalnya tingkat stres yang akan dirasakan rendah. Selain itu, gaji yang diterima bisa dibilang besar. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin menjadi seorang ahli gizi, pilih jurusan kuliah yang berkaitan dengan profesi ahli gizi.

Penata rambut profesional

Penata rambut.
Jadi penata rambut tidak perlu sertifikat atau pendidikan formal. Photo by Pexels

Sebagai penata rambut profesional, kamu akan dibebani kerja yang ringan karena jam kerja bisa diatur sendiri. Maka dari itu, tekanan yang didapat saat menjadi penata rambut minim. Menjadi seorang penata rambut sebenarnya tidak perlu sertifikat maupun gelar formal. Asal sudah memiliki pengalaman dan jam terbang yang cukup serta selalu update dengan model rambut yang sedang tren.

Engineer IT atau programmer

Progammer dibutuhkan di era teknologi.
Progammer sangat dibutuhkan di perkembangan teknologi yang pesat. Photo by Pixabay

Semua perusahaan bisa dipastikan butuh seorang yang ahli di bidang IT atau progammer. Hal itu dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang kini makin pesat. Gaji yang ditawarkan untuk seorang progammer juga lumayan tinggi, apalagi untuk yang sudah memiliki pengalaman.

Itulah beberapa pekerjaan yang memiliki tingkat stres yang rendah. Sebenarnya, bekerja di bidang apa saja dan di mana saja memang pilihan bagi setiap orang. Asal dalam menjalankannya penuh rasa senang dan ikhlas maka pekerjaan akan terasa mudah dan tanpa beban.

You may also like...

Leave a Reply