Tips dan Cara Perpanjang STNK Tahunan Kendaraan Bermotor

Tips membayar pajak STNK kendaraan bermotor.
Waktu baca: 3 menit

Hampir semua orang pasti memiliki kendaraan bermotor pribadi. Dengan memiliki kendaraan bermotor, kamu mempunyai kewajiban untuk membayar pajak bersama dengan perpanjang STNK setiap tahunnya. Dulu, untuk membayar pajak tersebut harus mendatangi dan mengantri di kantor Samsat yang tersedia di setiap daerah. Namun, kini pengurusan perpanjang STNK tidak lagi bikin repot, pasalnya hal itu dapat dilakukan melalui transaksi online dengan memanfaatkan samsat online. Selain mempersingkat waktu, dengan mengurus secara online, membuat kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menyewa calo yang biasanya meminta bayaran tinggi bahkan dua kali lipat.

Sebelum mengetahui cara memperpanjang STNK, ada baiknya kamu mengetahui alasan terkait perpanjang STNK yang tiap tahun dilakukan. Setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor wajib untuk mendaftarkan kendaraannya ke Samsat daerah. Pendaftaran itu dilakukan dengan tujuan agar kamu bisa memiliki BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), STNK, dan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) atau biasa disebut nomor plat kendaraan. Untuk STNK dan TNKB memiliki masa kadaluarsa yaitu lima tahun. Namun, setiap tahunnya, kamu harus ke samsat untuk mendapatkan pengesahan tahunan. Pengesahan tersebut ditandai dengan pemberian cap atau stiker pada kotak yang tersedia. Setelah 5 tahun nantinya kotak tersebut akan penuh dan kamu perlu untuk mengganti STNK dan TNKB.

Syarat perpanjang STNK tahunan dan 5 tahunan

Untuk melakukan perpanjang STNK di samsat, kamu harus menyiapkan beberapa persyaratan yaitu berupa beberapa dokumen. Berikut dokumen yang harus disiapkan oleh kamu:

  • Fotokopi STNK dan asli.
  • Fotokopi KTP yang sesuai dengan STNK dan asli.
  • Fotokopi BPKB dan asli.
  • Surat kuasa jika yang membayar pajak tidak sama identitasnya dengan yang ada di STNK
Tips dan cara membayar pajak STNK
Persyaratan yang harus disiapkan untuk membayar pajak kendaraan. Photo by Pixabay

Sementara, jika kamu ingin melakukan perpanjang STNK 5 tahunan, persyaratan yang dibutuhkan sedikit berbeda yaitu:

  • Cek fisik kendaraan.
  • Fotokopi STNK dan asli.
  • Fotokopi KTP yang sesuai dengan STNK dan asli.
  • Fotokopi BPKB dan asli.
  • Surat kuasa jika yang membayar pajak tidak sama identitasnya dengan yang ada di STNK

Prosedur pembayaran pajak dan perpanjangan STNK

Untuk prosedur pembayaran pajak ada beberapa tahap yang harus dilewati. Selain itu, ada tips tambahan yang bisa kamu perhatikan agar proses perpanjangan berjalan lancar, yaitu jangan lupa membawa alat tulis sendiri agar kamu tidak perlu mengantre lama untuk mengisi formulir. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai prosedur untuk pembayaran pajak lima tahunan:

1. Lakukan cek fisik motor

Setelah tiba di samsat, kamu langsung menuju ke loket pendaftaran cek fisik untuk mengambil nomor antrean. Cari lokasi cek fisik motor dan antre untuk menunggu giliran.

2. Validasi hasil cek fisik

Selesai proses cek fisik, kamu perlu menunggu hasil cek fisik dan STNK asli ke bagian legalisir. Biasanya, waktu yang diperlukan untuk menunggu sekitar 15 menit.

3. Isi formulir perpanjang STNK

Tahap selanjutnya adalah mengisi formulir di loket pendaftaran pengambilan formulir STNK yang tersedia. Lengkapi semua bagian yang harus diisi. Kalau bingung, kamu bisa minta bantuan ke petugas untuk mengarahkan kolom apa saja yang harus diisi dan dilengkapi.

4. Mendaftar pembayaran pajak

Siapkan dokumen dan berkas yang sudah dibawa. Jangan lupa lengkapi dengan berkas cek fisik yang telah dilegalisir dan formulir perpanjang STNK. Setelah semua dokumen tersebut siap, serahkan ke loket pendaftaran dan kamu akan mendapatkan nomor antrean.

5. Lakukan pembayaran pajak

Begitu namamu dipanggil, kamu cukup membayar pajak di loket pembayaran sesuai dengan angka yang tercetak di lembar pajak. Setelah membayar, kamu akan mendapatkan dua lembar bukti bayar yaitu lembar putih untuk ambil plat nomor dan yang kedua adalah lembar biru untuk mengambil STNK baru.

6. Ambil STNK dan plat nomor baru

Setelah mendapatkan lembar bukti bayar, kamu tinggal mengambil STNK dan plat nomor baru yang bisa diambil di loket TNKB. Jangan lupa pastikan terlebih dahulu data yang tertera sudah sesuai dengan data-datamu atau belum.

Semua proses perpanjang STNK lima tahunan ini kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya diluar pembayaran pajak.

Setelah mengetahui bagaimana prosedur perpanjang STNK lima tahunan, selanjutnya akan dijelaskan mengenai perpanjang STNK tahunan. Untuk melakukan pembayaran tersebut, bisa melalui sistem drive thru di samsat terdekat. Kamu tidak perlu turun dari kendaraan jika melakukan pembayaran melalui sistem drive thru. Proses yang dibutuhkan juga sangat sebentar, hanya 5-10 menit saja. Berikut persyaratan yang diperlukan untuk melakukan hal tersebut.

  • KTP asli sesuai STNK
  • BPKB asli
  • STNK asli

Setelah semua persyaratan di atas sudah siap, kamu tinggal menuju loket pembayaran pajak drive thru. Loket pertama menjadi loket untuk memeriksa berkas-berkas yang sudah kamu siapkan. Lalu dilanjutkan ke loket kedua, kamu tinggal membayar pajak sesuai biaya yang tertera.

Nah mudah bukan prosedur ganti plat motor dan perpanjang STNK ini? Dengan melakukan pembayaran pajak tersebut, kamu juga membantu pembangunan daerahmu sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi baik.

You may also like...

Leave a Reply