Hutang Cepat Lunas Tidak dengan Cara Menghemat Pengeluaran

Uang di atas buku merah
Hutang Cepat Lunas Tidak dengan Cara Menghemat Pengeluaran. Photo by @Rupixen
Waktu baca: 4 menit

Banyak yang menganggap agar hutang cepat lunas, maka seseorang harus berhemat. Mereka tidak boleh sering jajan di luar, berhenti jalan-jalan setiap weekend, dan juga tidak terlalu sering hangout dengan teman. Tentu itu anggapan yang benar. Dan itu juga bisa kamu terima sebagai saran yang baik.

Akan tetapi, terkadang berhemat itu terasa menyedihkan. Ada pikiran negatif ketika seseorang diminta untuk berhemat agar hutang cepat lunas. Ini seolah-olah seseorang tidak boleh melakukan hal yang menyenangkan. Dan itu justru menurunkan produktivitas. Bukannya bisa bayar hutang cepat justru sebaliknya. Ada masalah keuangan yang menghimpit.

Lalu, bagaimana cara yang tepat agar cepat melunasi hutang? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Saran yang Bisa Kamu Praktikkan agar Hutang Cepat Lunas

Seorang wanita sedang menikmati kebebasan
Bebas hutang. Photo by @fuuj

Berhemat dengan tujuan agar bisa melunasi hutang itu baik. Namun, imbangi juga dengan melakukan hal yang lain untuk mempercepat tanggungan hutang yang kamu pikul. Apa saja itu?

  • Fokus Menaikkan Penghasilan
Uang sedang dihitung
Fokus menaikkan penghasilan. Photo by @s1winner

Daripada fokus berhemat, akan lebih baik jika Anda fokus menaikkan penghasilan. Ini bisa memberikan energi yang positif untuk pikiran dan tubuh kamu. Lain hal jika pikiran kamu fokus berhemat. Pikiran biasanya semakin negatif dan produktivitas kerja menurun.

Menaikkan penghasilan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja menerima tambahan kerja atau kesempatan kerja lembur dari atasan. Bisa juga kamu mencari penghasilan tambahan yang bisa dikerjakan di luar jam kerja, seperti di malam hari atau di saat weekend tiba.

Yang harus kamu pikirkan adalah mana cara menaikkan penghasilan yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi. Jangan sampai kamu memilih cara menaikkan penghasilan yang justru membuat kinerja kamu turun.

  • Usahakan Membayar Melebihi yang Ditetapkan
Bayar utang.
Bayar lebih dari yang ditetapkan. Photo by Republika

Hutang cepat lunas secara tidak kamu sadari jika kamu membayar lebih dari yang sudah ditentukan. Misalnya saja angsuran per bulan yang harus kamu setor adalah 1 juta rupiah. Kamu bisa melebihkan entah itu menjadi 1.100.000 atau 1.200.000. Tidak perlu banyak. Tambahan sedikit akan membuat hutang kamu tak terasa selesai dengan lebih cepat. Bayangkan saja. Dengan hanya melebihkan 100.000 per bulan, dalam satu tahun jumlahnya menjadi 1.2 juta.

Baca juga: Pahami Jenis-Jenis Pinjaman agar Tidak Salah Pilih

  • Stop Program Langganan yang Tidak Perlu
Masalah Keuangan 30 Tahun
Stop langganan. Photo by Pexels

Menghemat dalam rangka agar hutang cepat lunas itu perlu. Namun, berhemat juga harus dilakukan secara cermat. Misalnya saja mengurangi pengeluaran yang tidak perlu seperti stop program TV berlangganan. Jika ini tidak begitu diperlukan, sebaiknya hentikan saja. Untuk sementara waktu, kamu bisa menonton video di Youtube atau menonton program TV gratis.

  • Sisihkan Penghasilan Tambahan
Strategi Memulai Usaha
Sisihkan penghasilan tambahan. Photo by Pixabay

Jika kamu memutuskan untuk mencari penghasilan tambahan, seperti jadi freelancer di saat weekend, sebaiknya uang yang kamu dapatkan langsung disisihkan untuk membayar hutang. Bukan untuk yang lain.

  • Siapkan Tempat Penyimpanan Khusus
Perbanyak nominal
Siapkan tempat penyimpanan khusus. Photo by Pixabay

Agar proses bayar hutang cepat lunas, pastikan kamu siapkan tempat khusus untuk menabung uang yang digunakan untuk membayar hutang. Misalnya saja siakan kotak kecil yang terbuat dari bahan bekas. Masukkan uang kecil entah itu Rp 10.000 atau berapapun ke dalam kotak setiap hari. Jika ada uang receh di saku, langsung masukkan ke kotak tersebut. Dalam waktu satu bulan, di dalamnya akan terisi uang yang cukup besar.

Jika perlu, siapkan juga rekening khusus untuk membayar hutang agar uang tidak tercampur dengan uang kebutuhan lainnya. Apalagi jika kamu memiliki usaha tambahan sebagai freelancer, misalnya. Uang yang kamu dapatkan dari project tersebut bisa langsung kamu masukkan ke rekening khusus tersebut. Dalam satu bulan, uang bisa kamu tarik untuk dipakai membayar hutang.

Nah, sudah siap untuk menerapkan tips tersebut di atas? Berhemat itu boleh-boleh saja. Dan itu memang perlu agar hutang cepat lunas. Namun, ada juga hal lain yang membuat hutang kamu jauh lebih cepat untuk bisa kamu bayar.

Mungkin Anda juga menyukai