5 Trik dan Tips Hemat untuk Anak Sekolah

Tips hemat untuk anak sekolah
Tips hemat untuk anak sekolah. Photo by Seruni.id
Waktu baca: 3 menit

Ada beberapa tips hemat untuk anak sekolah yang wajib para orang tua ketahui. Banyak di antara orang tua pasti bingung dan kesulitan ketika anaknya mulai memasuki usia sekolah. Tidak jarang dari mereka pun kesulitan untuk menemukan sekolah yang cocok dan pas untuk buah hati mereka.

Bahkan terkadang orang tua juga ada yang sampai tidak mampu menyekolahkan anak mereka karena sulit dalam masalah biaya. Oleh karena itu bagi kamu para orang tua wajib untuk membaca artikel ini. Agar hal tersebut tidak terjadi pada kamu.

Ada banyak tips  hemat untuk anak sekolah yang dapat kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini dapat kamu lakukan sebelum buah hati memasuki usia sekolah. Pastinya hak tersebut jangan kamu tunda agar tidak menyulitkan kamu di kemudian hari.

Mencari sekolah terdekat dengan rumah

Tips hemat untuk anak sekolah
Pilih sekolah yang terdekat dengan rumah. Photo by Pixabay

Hal ini kamu dapat lakukan agar mengurangi biaya pengeluaran pun tidak terlalu banyak. Hal tersebut karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk sekolah. Selain itu juga kamu tidak perlu khawatir.

Banyak terkadang orang tua yang lebih memilih menyekolahkan anak mereka ke sekolah yang jauh. Namun terkadang mereka tidak mengerti bahaya yang bisa saja terjadi kepada buah hati kamu. Tidak hanya itu saja biaya transportasi pun juga perlu kamu perhitungkan.

Makan pagi untuk buah hati kamu

Tips hemat untuk anak sekolah
Siapkan sarapan untuk buah hatimu. Photo by @providence

Sebelum berangkat ke sekolah tentunya anak kamu membutuhkan nutrisi yang pas untuk di sekolah. Oleh karena itu sebelum berangkat sekolah terlebih dahulu anak kamu sarapan di rumah. Hal ini agar ketika di sekolah anak kamu tidak jajan sembarangan di sekolah.

Bahkan terkadang ada beberapa anak yang tidak sarapan di rumah membuat mereka sakit perut. Setelah mengkonsumsi jajanan di sekolahan selain itu juga hal ini dapat mengurangi biaya pengeluaran kamu. Jadi,  anak kamu tidak akan banyak jajan yang tidak sehat di sekolah.

Membawakan bekal makanan untuk anak

bawa bekal anak
Membawakan bekal untuk anak. Photo by Pixabay

Banyak orang tua yang terkadang malas untuk menyiapkan bekal anaknya. Padahal hal tersebut dapat mengurangi risiko anak kamu jajan sembarangan di sekolah. Bahkan terkadang ada beberapa anak yang mengalami sakit perut.

Oleh karena itu ada baiknya kamu menyiapkan bekal untuk anak kamu. Selain untuk menjaga kesehatan pada anak.  Hal ini juga dapat membuat kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk jajan buah hati kamu.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Tips Hemat untuk Mahasiswa

Memiliki tabungan sekolah

Tidak memikirkan tabungan dan investasi.
Memiliki tabungan sekolah. Photo by Pexels

Biasanya ada beberapa bank di Indonesia yang menyediakan tabungan untuk sekolah anak. Bahkan tabungan tersebut bisa sampai sang anak beranjak dewasa seperti contohnya kuliah. Kamu bisa kapan saja mengambil tabungan tersebut untuk biaya keperluan anak kamu.

Oleh sebab itu pentingnya bagi orang tua untuk memiliki tabungan ini. Apalagi untuk para orang tua yang terkadang tidak bisa memilih keperluan yang penting dan tidak penting. Maka dari itu sebagai orang tua kamu wajib untuk melakukan tips ini.

Membeli buku second atau bekas

Beli buku bekas
Membeli buku bekas. Photo by Pexels

Membeli sebuah buku bekas bukan menjadi persoalan untuk kamu yang ingin menuntut ilmu apalagi bagi orang tua. Terkadang baik anak ataupun orang tua terkadang gengsi dengan hal tersebut. Padahal isi dari sebuah buku tersebut sama yang membedakan hanya sampul dari buku tersebut.

Hal ini yang perlu di perhatikan agar baik kamu ataupun anak tidak pilih-pilih. Maka dari itu wajib bagi para orang tua untuk mendidik anak agar tidak terlalu pilih-pilih untuk kepentingan gengsi semata dalam hidup dan tidak boros.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang mencari tips hemat untuk anak sekolah. Tidak hanya peran orang tua saja tetapi peran anak pun juga sangat penting dalam kasus ini. Sehingga antara orang tua dan anak dapat bekerja sama dengan baik.

Mungkin Anda juga menyukai