Cara Sederhana Mengatasi Mager Berlebihan Supaya Kembali Produktif

Cara Sederhana Mengatasi Mager Berlebihan Supaya Kembali Produktif. Photo by Pixabay
Cara Sederhana Mengatasi Mager Berlebihan Supaya Kembali Produktif. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Memang benar jika mengatasi mager tidaklah sesederhana seperti yang dibayangkan. Meskipun begitu, seseorang tetap perlu melakukannya dengan komitmen. Tujuannya supaya bisa kembali produktif.

Istilah mager sendiri dipahami sebagai malas bergerak atau malas-malasan dalam melakukan sesuatu. Karena, seseorang merasa telah nyaman dengan sesuatu sehingga enggan melakukan hal lain.

Kondisi seperti ini sebenarnya bisa menjadi momok mengkhawatirkan. Pasalnya, malasnya seseorang ini bisa menurunkan produktivitasnya. Entah di dunia pendidikan atau pun pekerjaan.

Supaya tidak sampai berpengaruh pada hal negatif, sudah semestinya kamu mencoba untuk menghilangkan rasa malas dalam diri. Lantas, bagaimana caranya? Sebelumnya, mari kenali faktor penyebabnya.

Faktor Penyebab Mager

Faktor penyebab mager
Faktor penyebab mager. Photo by Pexels

Seringnya seseorang malas melakukan sesuatu atau malas bergerak disebabkan oleh berbagai situasi. Ini harusnya mendapatkan perhatian serius supaya bisa dicegah.

Salah satu faktor pemicunya adalah kurang tidur. Kurangnya istirahat memungkinkan tubuh terasa Lelah, capek hingga sering mengantuk. Akibatnya, seseorang malas untuk bangun. Apalagi sampai beraktivitas.

Maunya hanya tidur untuk mengembalikan staminanya. Sayangnya, pemulihan kondisi tersebut tidak segera terjadi begitu saja meskipun telah tidur di pagi hari. Malahan, rasa capek akan terus melanda sehingga badan tidak enak di sepanjang waktu.

Tak hanya kurang tidur, ternyata penyebab malas gerak ini sangat bervariasi. Di antara penyebabnya adalah faktor kejenuhan, kebosanan, kebingungan, stres, kelelahan hingga kurang menyukai sebuah aktivitas itu sendiri.

Jika kondisi ini terus dibiarkan, produktivitas dalam berbagai hal akan mengalami penurunan. Tentunya, ini menjadi sinyal bahaya bagi siapa saja yang ingin menatap masa depan dengan kehidupan yang layak.

Baca juga: Pahami Prinsip Ergonomi Kerja agar Kamu Semakin Produktif

Cara-Cara Agar Tidak Mager

Selagi masih muda, berbuatlah lebih banyak untuk masa depan. Untuk itulah, hindari kebiasaan mager.

Apabila mager ini muncul, segera atasi. Kamu bisa mengatasi mager dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Hentikan Kebiasaan Begadang

Setiap orang butuh istirahat yang maksimal. Idealnya, istirahat sekitar 6-8 jam di tiap harinya. Tujuannya untuk mengistirahatkan tubuh sehingga tubuhnya kembali berstamina ketika bangun pagi.

Untuk mendapatkan jam tidur ideal, hindari kebiasaan begadang atau tetap terjaga sampai tengah malam. Karena bila terus begadang, seseorang akan malas bangun pagi.

  1. Berpikirlah secara Positif

Sebagian orang enggan melakukan sesuatu lantaran sudah overthinking. Padahal, kegiatan itu belum dilakukan sepenuhnya.

Jika kamu sering berpikir secara berlebihan, usahakan untuk menghentikannya. Kemudian, mulailah untuk berpikir lebih positif terkait manfaat yang akan didapatkan.

Pikiran positif akan menumbuhkan semangat. Ketika diterapkan, rasa malas yang mengganggu pun bisa dihilangkan. Artinya, ada dorongan untuk melakukan aktivitas tersebut dengan penuh semangat.

  1. Biasakan Olahraga

Gerakan dari organ tubuh membuat seseorang tergugah untuk melakukan berbagai hal. Inilah pentingnya dari olahraga.

Olahraga bisa mengusir kebosanan dan kejenuhan. Bahkan, olahraga juga bisa menjadi terapi mental untuk mengembalikan semangat seseorang.

Carilah jenis olahraga yang disukai. Kemudian, usahakan untuk meluangkan waktu dalam mengerjakannya.

Tidak masalah jika dilakukan beberapa menit saja. Karena, olahraga seperti ini bakal memunculkan semangat dalam diri sehingga rasa malas yang biasanya muncul akan hilang dengan sendirinya.

  1. Jalin Hubungan dengan Teman yang Produktif

Cara agar tidak mager selanjutnya adalah bergaul dengan teman yang produktif. Cara ini terbilang sangat ampuh. Karena, semangat dari orang tersebut akan ditularkan secara otomatis.

Setidaknya, orang yang produktif ini terampil dalam memaksimalkan waktunya. Artinya, waktunya selalu dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang positif.

Jika kamu bergaul dengannya, teman tersebut bisa menjadi pengingat yang baik. Yakni, kamu akan selalu diingatkan dengan ajakan untuk melakukan sesuatu yang menarik di waktu senggang atau kosong. Lebih-lebih, bisa diajak kerja sama untuk menyelesaikan sesuatu yang bernilai dalam kehidupan.

  1. Kelola Stres

Stres bisa mempengaruhi seluruh aktivitas. Meskipun ini sering terjadi, tetapi stres bisa diatasi.

Mengelola stres ini adalah pilihan yang bijaksana. Ketika stres bisa dikelola dengan baik, seseorang bisa terbebas dari keengganan dalam melakukan sesuatu.

Caranya juga sangat bervariasi. Kamu bisa meluangkan waktu bersilaturrahmi dengan teman yang akrab, meluangkan waktu untuk liburan hingga olahraga yang menenangkan diri.

Semuanya bisa dilakukan. Tujuannya untuk mengembalikan mood sekaligus membebaskan diri dari belenggu stres.

  1. Buat Jadwal Rutinitas Harian dan Lakukan

Tips selanjutnya untuk mengatasi mager adalah dengan membuat jadwal terkait rutinitas harian. Ini juga sangat penting. Karena, jadwal ini akan memberikan informasi penting terkait apa yang seharusnya dilakukan di tiap waktunya.

Kamu bisa menjadwalkan tentang aktivitas ketika baru bangun pagi. Kemudian, tetapkan hal-hal yang akan dikerjakan setelahnya.

Jika sudah dibuat, pastikan untuk menjalaninya. Dorong diri untuk melakukannya hingga terbiasa untuk menjalaninya setiap waktu.

Di samping itu, tetapkan deadline dalam melakukan sesuatu. Dengan begitu, waktu bisa dimaksimalkan untuk hal yang positif sehingga tidak menimbulkan masalah lainnya.

Setelah itu, berikan penghargaan atas pencapaian tersebut. Misalnya hadiahi diri dengan sesuatu yang menyenangkan.

Itulah beberapa cara yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi malas yang berlebihan. Dengan mengatasi mager yang tepat, rasa malas akan hilang. Alhasil, kamu akan lebih produktif dan sukses dalam berbagai hal.

Mungkin Anda juga menyukai