Sebelum Berinvestasi, Kenali Harga Emas Terkini dan Faktor yang Mempengaruhinya

Setumpuk logam emas
Sebelum Berinvestasi, Kenali Harga Emas Terkini dan Faktor yang Mempengaruhinya. Photo by @zlataky
Waktu baca: 4 menit

Sebelum memutuskan untuk membeli ataupun menjual emas, pastikan terlebih dahulu mengenai harga emas tersebut. Faktanya dengan mengetahui grafik harga emas tiap harinya dapat menjadi strategi kamu untuk mencapai keuntungan.

Simak informasi lengkap mengenai harga emas saat ini.

Baca Juga: Investasi Emas Batangan atau Perhiasan Sama-Sama Menguntungkan

Berapa Harga Emas 24 Karat Hari Ini

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa harga emas tidaklah tetap. Harga emas 24 karat hari ini selalu berubah-ubah. Bahkan harganya berubah-ubah tiap harinya. Harga emas juga dibedakan menjadi dua, yaitu harga beli dan harga jual. Harga beli merupakan harga yang harus dibayarkan oleh pihak yang ingin membeli emas di tempat penyedia emas.

Sedangkan harga jual merupakan harga yang ditetapkan saat ingin menjual emas yang dimiliki. Pada umumnya, harga jual emas lebih rendah dibandingkan harga belinya jika dijualkan pada hari yang sama. Oleh karena itu, emas lebih baik dijadikan investasi jangka panjang.

Grafik harga emas setiap harinya selalu naik turun. Harga beli emas 24 karat hari ini atau pada bulan Maret 2022 berada di kisaran harga Rp926.000/gr hingga Rp965.000/gr. Untuk harga jual emas pada bulan Maret 2022 berada di kisaran harga Rp856.950/gr hingga Rp893.395/gr.

Apakah harga emas perhiasaan dan harga emas logam mulia sama? Pada umunya memang emas memiliki banyak bentuknya, namun ada beberapa faktor yang membedakannya. Hal yang menjadi perbedaan adalah kadar kemurnian dari emas tersebut. Kadar kemurnian emas disebut dengan karat. Kadar tertinggi yang dimiliki emas adalah 24 karat. Kadar tertinggi tersebut biasanya dimiliki oleh logam mulia dengan kadar emas 99,99 persen atau sama saja murni.

Sedangkan emas yang berbentuk perhiasan hanya memiliki kadar 22 karat. Kemurniannya hanya sekitar 91 persen saja. Jika dibandingkan keduanya memiliki keuntungan. Nilai emas logam mulia tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan emas perhiasaan. Hal ini dikarenakan tingkat kemurniannya. Namun walaupun tingkat kadar dari emas perhiasan tidak tinggi, emas perhiasan memiliki fungsi lain sebagai aksesoris yang dapat digunakan sebagai tanda strata sosial.

Apa Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

Berubah-ubahnya harga emas tiap harinya ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya;

  • Keadaaan Produksi Emas Dunia

Faktor yang menyebabkan naik turunnya harga emas adalah keadaan dari produksi emas dunia. Produksi dari emas bergantung dengan jumlah permintaan dan kebutuhan akan emas. Jumlah produksi dari emas sendiri selalu menurun sejak tahun 2000. Hal ini karenakan sulitnya penambangan emas.

Seiring berjalannya waktu, permintaan akan emas teruslah menaik. Hal ini menyebabkan produsen emas dunia harus mencari sumber lain untuk memenuhi permintaan. Oleh karena itu, harga emas teruslah menaik.

  • Adanya Perubahan Kurs Dollar As

Dapat dikatakan bahwa nilai tukar dari dollar AS menjadi faktor yang dapat mempengaruhi harga emas. Hal ini dikarenakan harga emas berhubungan dengan indeks dollar AS. Jika semakin tinggi nilai kurs dollar AS terhadap rupiah, maka semakin tinggi juga harga emas dan juga begitu juga sebaliknya.

  • Jumlah dari Supply dan Demand Emas

Seperti barang pada umumnya, harga emas dipengaruhi oleh supply dan demand. Semakin banyak barang tersebut dicari atau diminati maka semakin tinggi harga dari barang tersebut. Jika semakin sedikit barang tersebut diminati maka harga dari barang tersebut akan semakin rendah.

Emas untuk Berinvestasi atau Menabung?

Pada umumnya emas digunakan untuk berinvestasi. Dari penjelasan yang sudah diterangkan sebelumnya, harga jual emas akan lebih besar dibandingkan harga belinya jika dijual dalam jangka waktu yang panjang bukan dalam waktu dekat. Maka dari hal ini, emas memang lebih cocok untuk dijadikan investasi.

Namun secara bersamaan, emas bisa dijadikan sebagai tabungan. Kamu dapat menabung dengan cara membeli emas. Jika menanbung dengan uang mudah sekali terkurasnya karena mudah untuk digunakan. Berbeda dengan emas, saat kamu menyisihkan uang dengan membeli emas, uang kamu akan aman dalam bentuk emas tersebut.

Pada intinya emas dapat memiliki fungsi sebagai tempat untuk menabung namun dalam bersamaan dapat menjadi investasi juga.

Keuntungan Memiliki Emas untuk Investasi

Keuntungan apa saja yang dapat kamu dapatkan dari berinvestasi emas? Nah, berikut ini adalah keuntungan yang kamu peroleh saat berinvestasi dengan emas!

  • Mudah untuk Dicairkan

Keuntungan dari berinvestasi emas adalah mudah untuk dicairkan menjadi uang tunai. Baik emas dalam bentuk fisk maupun digital memiliki proses pencairan yang mudah. Tentunya hal ini sangat berguna jika keadaanmu sedang terdesak membutuhkan uang. Kamu dapat langsung menjualnya kembali ke toko emas atau bahkan mengadaikannya ke Pegadaian.

  • Bebas Bunga

Hal yang menguntungkan lainnya dari investasi emas adalah bebas bunga. Pada umumnya investasi emas mengikuti hukum Syariah. Maka dari itu, kamu akan terbebas dari bunga saat berinvestasi emas.

  • Bebas Pajak

Salah satu keuntungan investasi emas adalah bebas pajak. Pajak emas hanya berlaku untuk badan usaha yang menjual emas saja. Sebagai pembeli, kamu tidak dikenakan pajak.

  • Harga Relatif Stabil

Walaupun harga emas juga naik turun, namun harga emas masih dapat dikatakan relatif stabil dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Oleh karena itu, berinvestasi emas termasuk investasi dengan nilai risiko yang minim.

Kekurangan Memiliki Emas untuk Investasi

Dibalik kelebihannya, berinvestasi emas juga memiliki kekurangan, diantaranya;

  • Memberi Untung dalam Jangka Panjang

Dengan adanya perbedaan akan harga beli dan harga jual, keutungan dari investasi emas memang tidak bisa dirasakan dalam waktu dekat. Hal ini karena harga jual relatif lebih rendah dibandingkan dengan harga beli. Maka, investasi emas akan lebih berasa untuk waktu jangka panjang.

  • Adanya Biaya Administrasi Penitipan

Bagi kamu yang melakukan investasi dengan emas online, kamu akan dikenakan dengan biaya administrasi seperti biaya pembukaan rekening, biaya transaksi jual beli dari layanan penyedia tabungan emas dan juga biaya penitipan emas per tahun.

Cara Membeli Emas

Nah bagi kamu pemula yang ingin berinvestasi emas, kamu dapat membeli emas secara online dan offline. Kamu dapat membeli emas secara langsung di toko perhiasan, bank bahkan pegadaian.

Kini dengan majunya teknologi, kamu tidak usah repot-repot datang ke tempat untuk membeli emas. Kamu dapat membeli emas dengan cara online. Bahkan kamu dapat membeli logam mulia secara online di website https://logammulia.com

Kini toko-toko perhiasan juga sudah beralih membuka tokonya secara online. Jadi kamu dapat membelinya di situs resmi toko tersebut. Tidak hanya itu, kini banyak perusahaan yang menyediakan jual beli emas secara digital, sehingga kamu tidak perlu memegang emas tersebut secara fisik.

Artikel Lainnya