Investasi Emas Batangan atau Perhiasan Sama-Sama Menguntungkan

Investasi Emas Batangan atau Perhiasan
Investasi Emas Batangan atau Perhiasan Sama-Sama Menguntungkan. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Mungkin kamu sering mendapatkan nasihat agar lebih memilih investasi pada emas Batangan daripada emas perhiasan. Atau mungkin saja selama ini Anda cari tahu lebih bagus mana antara investasi emas batangan atau perhiasan. Dan kamu menemukan informasi yang begitu banyak di mana kebanyakan orang menyarankan agar memilih emas batangan.

Tentu hal tersebut harus kamu anggap sebagai pendapat pribadi. Karena boleh saja kamu atau orang lain memiliki pendapat yang berbeda. Dan itu bukan hal yang salah. Yang pasti, memilih untuk berinvestasi, entah itu investasi emas atau perhiasan, itu sudah menjadi keputusan yang sangat tepat.

Dan sebenarnya, entah kamu memilih emas batangan atau emas perhiasan, kamu bisa mendapatkan manfaat. Keduanya merupakan investasi yang sama-sama menguntungkan. Jadi, seharusnya tidak ada satu mengalahkan yang lain.

Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan

Memulai bisnis produk halal
Hal yang harus dipertimbangkan. Photo by Pixabay

Entah itu investasi emas batangan atau perhiasan, keduanya sama-sama menguntungkan. Hanya saja, keuntungan tersebut hanya bisa kamu dapatkan sesuai dengan syarat atau ketentuan.

Menurut para pakar investasi, berinvestasi pada emas batangan itu jauh lebih menguntungkan jika kamu memutuskan untuk melakukan investasi jangka panjang. Kenapa? Karena logam mulia ini memiliki harga yang sangat stabil. Harga emas batangan 5 atau bahkan 10 tahun mendatang akan lebih tinggi daripada nilai uang yang diikuti dengan nilai inflasi.

Hanya saja, jika itu kamu jadikan sebagai investasi jangka pendek, seperti hanya 1 tahun, kamu tidak akan merasakan keuntungan yang signifikan. Makanya, untuk jangka panjang, sebaiknya pilihlah investasi emas batangan.

Apakah itu artinya investasi emas perhiasan bagus untuk jangka pendek? Tidak bagus tapi setidaknya lebih baik daripada emas batangan. Bayangkan saja kamu harus mengeluarkan uang yang lumayan banyak untuk membeli emas batangan. Dan keuntungannya tidak begitu besar karena kamu hanya menyimpannya dalam kurun waktu beberapa bulan saja.

Lain hal dengan perhiasan emas. Harganya sedikit lebih terjangkau. Anda pun bisa menjualnya dengan sangat mudah di toko perhiasan. Ini menjadi keuntungan berinvestasi emas perhiasan. Dan justru kamu akan sedikit lebih rugi jika kamu menyimpan emas perhiasan terlalu lama. Harganya bisa saja lebih murah daripada emas yang baru mengingat kondisinya mungkin sudah kurang bagus, sudah ada goresan, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, hal yang seharusnya kamu jadikan pertimbangan adalah waktu. Jadi, sudah tentukan mana yang akan kamu pilih?

Baca juga: 10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu yang Perlu Diketahui

Mendapatkan Manfaat Investasi Emas Batangan dan Perhiasan

Dapatkan manfaatnya. Photo by Pixabay

Dari keterangan sebelumnya, kamu mungkin sudah punya sedikit gambaran mengenai perbedaan antara investasi pada emas batangan dan emas perhiasan. Agar kamu bisa lebih mudah untuk membuat keputusan, kamu perlu tahu manfaat dari masing-masing jenis investasi.

Emas batangan memberikan manfaat berupa keuntungan di masa depan. Ini jauh lebih baik daripada kamu menabung lantaran uang yang kamu tabung nilainya akan turun seiring dengan adanya inflasi. Maka dari itu, manfaatnya baru kamu rasakan di masa mendatang. Mungkin 10 tahun yang akan datang.

Sementara itu, emas perhiasan memberikan keuntungan saat ini juga. Karena sifatnya aksesoris, bisa saja emas tersebut menaikkan image kamu di depan partner kerja atau mitra bisnis. Kamu akan dianggap sebagai orang yang sukses sehingga semakin mudah untuk menjalin deal pekerjaan dengan orang lain.

Nah, sekarang pilihannya ada di tangan kamu. Mana yang benar-benar kamu butuhkan? Apakah investasi emas batangan atau perhiasan.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai