Jadwal Penerbitan SBN Ritel di Tahun 2021

SBN Ritel di tahun 2021
Jadwal penerbitan SBN Ritel di tahun 2021. Photo by @micheile
Waktu baca: 2 menit

Pemerintah akan menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) ritel di tahun 2021. Hal ini menjadi kabar baik bagi para investor. Sebab, SBN menjadi alternatif instrumen investasi yang aman, terjangkau, mudah, dan menguntungkan. Bahkan, selain itu, dengan berinvestasi melalui SBN, maka dapat membantu membangun negeri.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mulai berinvestasi melalui SBN ritel ada kabar baik. Dilansir dari situs Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, jenis SBN ritel yang diterbitkan sepanjang tahun 2021 terdiri dari seri konvensional atau Surat Utang Negara (SUN), Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), Sukuk Ritel (SR) dan Obligasi Negara Ritel (ORI).

Berikut ini jadwal lengkap penerbitan SBN ritel di tahun 2021 yang perlu diketahui investor.

Jadwal Penerbitan SBN Ritel Konvensional

NoSeriMasa PenawaranSetelmen
1ORI01926 Januari – 18 Februari 202124 Februari 2021
2SBR01021 Juni – 15 Juli 202122 Juli 2021
3ORI02027 September – 20 Oktober 202127 Oktober 2021

Jadwal Penerbitan SBN Ritel Syariah

NoSeriMasa PenawaranSetelmen
1SR-01426 Februari – 17 Maret 202124 Maret 2021
2SR-01527 Agustus – 15 September 202122 September 2021
3ST0081 – 17 November 202124 November 2021

Itulah jadwal penerbitan SBN ritel di tahun 2021. Nah, bagi kamu yang belum tahu cara membelinya, berikut tahapan-tahapannya yang perlu diketahui.

Baca juga: Investasi Surat Utang Mulai dari 1 Jutaan yang Perlu Diketahui

Tentukan salah satu mitra distribusi SBN ritel

Ada beberapa mitra distribusi SBN ritel yang tersedia. Bank ternama di Indonesia hingga platform investasi terpercaya seperti bareksa.com menjadi mitra distribusinya. Untuk melihat daftar mitra distribusi SBN ritel, kamu bisa kunjungi situs https://www.kemenkeu.go.id/.

Registrasi

Setelah memilih salah satu mitra distribusnya, langkah selanjutnya ialah melakukan registrasi. Biasanya registrasi dilakukan setiap saat bahkan sebelum masa penawaran SBN ritel dibuka.

Untuk melakukan registrasi, calon investor bisa mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh mitra distribusi (midis) dengan menginput beberapa data di antaranya ialah data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor rekening dana dan nomor rekening surat berharga. Jika kamu belum punya atau memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, silakan hubungi midis.

Pemesanan

Setelah selesai melakukan registrasi, kamu bisa melakukan pemesanan SBN ritel. Jangan lupa untuk membaca ketentuan dalam memorandum informasi terlebih dahulu ya. Perlu diingat nih TemanKlik, pemesanan bisa dilakukan hanya saat masa penawaran masing-masing SBN dimulai.

Pembayaran

Setelah pemesanan yang dilakukan sudah diverifikasi, kamu akan mendapatkan kode pembayaran atau billing code melalui email/sms sesuai kebijakan dari masing-masing midis. Kode tersebut digunakan untuk menyetorkan dana investasi dalam batas waktu yang sudah ditentukan.

Konfirmasi

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan notifikasi completed order serta akan mendapatkan alokasi SBN ritel pada tanggal penerbitan. Setelah itu, investor bisa meminta bukti konfirmasi kepemilikan masing-masing SBN kepada midis.

Demikian cara memesan SBN ritel di tahun 2021 yang perlu diketahui oleh investor pemula. Pastikan untuk menggali informasi lebih dalam terkait tiap-tiap seri SBN ritel di situs resmi Kementerian Keuangan.

Mungkin Anda juga menyukai