Hal yang diperhatikan saat pemasaran melalui media sosial

Pemasaran melalui media sosial
Waktu baca: 3 menit

Pada era digital ini, pebisnis harus melakukan pemasaran secara online. Biasanya, pemasaran secara online dilakukan melalui sosial media. Dengan memasarkan melalui sosial media, produk yang kamu jual bisa makin dikenal orang banyak.

Namun, dalam melakukan pemasaran melalui sosial media tidaklah mudah. Sudah pasti akan ada kekurangan yang timbul. Bisa saja di salah satu media sosial produkmu populer, tapi di media sosial yang lain tidak. Maka dari itu, agar kekurangan yang timbul bisa dikurangi, kamu harus memperhatikan 5 hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemasaran melalui media sosial.

Buat strategi

Membuat strategi pemasaran agar bisa berjalan dengan lancar.
Membuat strategi pemasaran agar bisa berjalan dengan lancar. Photo by @campaign_creators

Dalam menjalankan suatu bisnis, kamu perlu membuat strategi agar bisa berjalan dengan mulus. Maka dari itu, dalam mempersiapkan pemasaran melalui sosial media, kamu harus menargetkan audiens, pesan utama yang ingin disampaikan, dan jumlah waktu serta anggaran yang akan dibutuhkan.

Selain itu, kamu juga harus membuat jadwal posting dengan mempertimbangkan waktu-waktu yang terbaik untuk memposting suatu produk atau proyek.

Pilih platform media sosial

Pemasaran media sosial dengan memilih platform yang tepat
Pilih platform sosial media yang akan digunakan dalam pemasaran. Photo by Pixabay

Setelah menyusun strategi, kamu harus menentukan paltform media sosial mana yang akan digunakan. Pilihlah platform sesuai dengan jenis bisnis yang kamu jalani dan tak perlu menggunakan terlalu banyak platform terlebih dahulu. Kamu harus konsisten agar makin lama makin populer brand atau produk yang kamu jual. Sebagai contoh, kamu akan menjual sepatu langka. Maka, platform yang dipilih adalah instagram karena sudah pasti platform tersebut memunculkan gambar atau visual untuk dilihat oleh pelanggan baik yang masih baru, sudah lama, bahkan yang masih calon.

Baca juga: Alasan Mengapa UMKM Perlu Go Digital

Jangan abaikan jumlah followers

Followers juga perlu kamu jaga lho
Followers sangat mendukung untuk pemasaran. Photo by @jakobowens1

Jumlah followers sangat berpengaruh dengan pemasaran yang akan kamu lakukan. Dengan banyaknya pengikut, maka mereka secara tidak langsung membantu pemasaran yang kamu lakukan. Mereka bisa saja mempromosikan kepada teman-temannya, apalagi jika postingan yang kamu buat menarik perhatian.

Posting dengan teratur

Sesuai jadwal dalam memposting promo di media sosial
Memposting promo produk sesuai jadwal. Photo by Pexels

Dalam memposting, kamu harus bisa dengan teratur. Namun, jangan terlalu sering karena akan membuat kontenmu bernilai rendah. Selain itu, followers akan bosan melihatnya. Maka dari itu, lebih baik posting konten secara teratur sesuai dengan waktu yang terbaik agar audiens bisa terlibat.

Ukur hasil yang dicapai

Mengukur hasil
Mengukur hasil yang telah dicapai dari pemasaran yang dilakukan. Photo by Pixabay

Setiap strategi bisnis yang diterapkan, kamu harus bisa mengukur hasil yang sudah dicapai agar tujuanmu tercapai. Dengan mengetahui hasilnya, kamu bisa memilah strategi seperti apa yang paling efektif. Selanjutnya, kamu cukup melakukan penyesuaian untuk menjalankan strategi tersebut.

Memang setiap bisnis sebenarnya membutuhkan strategi yang matang, dari strategi penjualan, siapa targetnya, bagaimana membuat produkmu banyak peminatnya di pasaran, dan banyak hal lainnya. Maka dari itu, kamu bisa mengikut 5 hal tersebut di atas agar proses pemasaranmu melalui sosial media bisa lebih berkembang.

Setelah itu, jangan lupa untuk menyiapkan strategi selanjutnya agar bisnismu bisa melebarkan sayapnya.

You may also like...

Leave a Reply