4 Jenis Usaha Kecil yang Menjanjikan yang Bisa Dijalankan

usaha kecil yang menjanjikan
Usaha kecil yang menjanjikan. Pexels
Waktu baca: 3 menit

Siapa bilang untuk memulai usaha atau suatu bisnis itu perlu modal besar, terdapat banyak usaha rumahan modal kecil yang cukup menjanjikan, yang jika ditekuni dan dilakukan secara profesional dan kreatif maka akan memberikan hasil yang besar. Berikut beberapa usaha kecil yang menjanjikan itu.

Jualan Online

Buat toko online
Buat toko online untuk menjalankan bisnismu. Photo by Pexels

Dengan membuka toko online maka tak perlu modal besar di tahap awal, bahkan jika melakukan dropship itu bisa tanpa modal. Sistem dropship adalah menerima pesanan konsumen, mencarikan produknya, memesankannya lalu menyerahkannya kepada konsumen. Pemesan dapat memberikan bayarannya di muka, bisa penuh atau sebagian uang muka sebagai tanda jadi, maka itu sudah bisa menjadi modal.

Semakin besar nilai produk pesanannya maka akan semakin besar pula keuntungannya. Dropship bisa dilakukan secara online maupun offline. Membuka toko online juga bisa secara gratis di berbagai marketplace yang telah ada, seperti di Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya. Produknya bisa bermacam-macam, mulai dari cemilan makanan, bubuk minuman rempah, pakaian, alat tulis dan lain sebagainya. Bisa produksi sendiri atau mengambil dari supplier.

Catering Makanan dan Minuman

Bisnis produk halal
Katering makanan. Photo by Dream

Usaha di bidang makanan atau kuliner memang tak ada matinya, semua orang perlu makan setiap hari. Apalagi di musim wabah Covid 19 ini, usaha delivery makanan berkembang pesat. Kuncinya adalah tahu benar selera pasar dan garap ceruk pasarnya, jika persaingan di tingkat junkfood sudah jenuh dan telah dikuasai berbagai brand merk besar yang terkenal maka bisa tekuni resep makanan tradisional yang sehat atau bisa juga membuat versi murahnya jadi rasa sama tapi harga bisa lebih terjangkau. Jenis khusus makanan juga dicoba, yakni catering makanan menu diet, khusus bagi penderita sakit tertentu atau bisa juga makanan bayi dan lain sebagainya. Juga dengan minumannya, bisa buat kreasi minuman sehat atau minuman unik kekinian. Keuntungan dari usaha catering makanan ini bisa hingga 75%.

Apalagi jika sudah berkembang dan memiliki franchise. Berjualan secara catering atau delivery ini juga tidak akan memerlukan modal sebanyak jika membuka restoran yang harus menyediakan tempat makannya dan berbagai peralatan makannya selain dapur dan berbagai peralatan masaknya. Jadi bisa hemat separuh dengan tingkat keuntungan yang lebih tinggi. Jumlah kebutuhan karyawannya juga bisa dipangkas separuh.

Baca juga: 4 Kualifikasi Pengusaha Bisnis Sampingan Agar Sukses

Distributor Makanan dan Minuman

usaha kecil yang menjanjikan
Jadi distributor makanan. Photo by de-snack

Bahkan bisa saja tak perlu memproduksi makanan atau minumannya sendiri, tapi bisa menerima titipan dari produk para pemasok, jangan hanya dari 1 pemasok saja tapi terima dari banyak pemasok lalu tinggal distribusikannya saja. Produk yang tidak terjual pada hari itu, bisa dikembalikan kepada pemasok, sesuai kesepakatan, maka ini tak akan perlu modal banyak, hanya perlu membangun nama sebagai distributor makanan, bisa ambil segment khusus sebagai distributor cemilan makanan atau jajanan pasar atau produk makanan oleh-oleh, kuliner tradisional, makanan dan minuman sehat penjaga stamina, dan lain sebagainya, banyak tema yang bisa dipilih.

Jualan Make Up dan Perawatan Tubuh dan Kebersihan Badan

Bisnis kosmetik halal
Jual alat make up. Photo by @elementdigital

Bisa membuat racikan make up sendiri, bisa dibuat berbasis berbagai bahan alami, di Indonesia ini banyak terdapat berbagai tanaman dan rimpang yang bisa dimanfaatkan untuk itu, dengan harga yang murah. Jika serius mau menekuni bidang ini maka bisa dibudidayakan ditanam sendiri, lalu juga lengkapi dengan ijin BPOM dan uji lab nya, lalu juga ajukan resmi hak patennya. Pada tahap awal bisa minta dibuatkan produksinya pada pabrik maklon, yang memproduksi produk tanpa brand atau merk, dengan spesifikasi komposisi sesuai resep yang dipesan.

Perlu diketahui bahwa salah satu produsen make up terkenal dan brand besar di negeri ini memulai usahanya itu dari garasi di samping rumahnya.

Mungkin Anda juga menyukai